IBX5981FE7FCD958 Cara Memegang Pick Gitar Yang Baik

Cara Memegang Pick Gitar Yang Baik

Leave a Comment
GuitarSquartz.net- Pick Gitar atau kalau kita sering kenal adalah sebuah jenis alat bantu untuk memetik gitar agar atau kita tidak perlu menyentuh jari kita secara langsung ke senar gitar. Bentuk pick ini pada umumnya berbentuk segitiga sama kaki dengan dua sudutnya di buat sama bulat dan satu sudutnya di buat bulat tapi agak lebih runcing, dan bahan dasar untuk pick ini pada umumnya bahannya berasal dari plastik, fiber, karet, kaca, dll

Kegunaan pick ini pada dasarnya hanya untuk menghasilkan suara yang lebih garing dibandingkan dengan menggunakan jari kita di luar kita menggunakan teknik-teknik gitar yang lain yang diharuskan menggunakan jari kita seperti tehnik:
  • Slapping
  • Tapping
  • Classical guitar atau tehnik memainkan gitar klasik
  • Flameng
Cara menggunakan pick gitar ada dua cara untuk memegang  yang baik dan benar agar disesuaikan dengan kegunaannya seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Memegang pick guitar yang baik

Penjelasan :
  • Cara memegang pick untuk “picking” atau untuk kepentingan melodi lead gitar ditunjukkan pada gambar sebelah atas.
  • Cara memegang pick untuk “strumming” atau untuk kepentingan genjrengan atau rhythm.
Pada dasarnya memang hampir mirip keduanya, tapi bisa kalian bedakan antara picking dan strumming dilihat dari jari telunjuk pada picking lebih masuk kedalam kearah pergelangan tangan.

Untuk pertama kali memegangnya, kalian akan rasanya memang agak aneh. Tapi biasakanlah memegang dengan benar, agar suara yang dihasilkan menjadi bulat dan bagus. Apakah harus menggunakan pick? Tidak harus menggunakan pick untuk bisa bermain gitar. Dan tidak semua orang suka menggunakannya.

Biasanya orang yang bermain dengan gitar akustik tidak menggunakan pick saat bermain gitar. Tergantung selera saja. Sementara itu, ukuran pick juga bermacam-macam. Dari yang tipis 0,36 mm sampai yang tebal 3 mm dalam pemakaiannya juga menurut selera dan kebutuhan masing-masing pemain gitar. Untuk bermain strumming, biasanya lebih disukai yang lebih tipis daripada yang tebal. Penggunaan tebal biasanya dipakai untuk petikan melodi lead gitar karena akan menghasilkan suara per-not yang lebih bulat.

Tipe Ketebalan
Extra light 0.38mm atau kurang
Light 0.50-0.60mm
Medium 0.73-0.87mm
Heavy 0.88-1.20mm
Extra heavy 1.50mm atau lebih
Biasanya ada kode ukuran yang tertera di pick yang menunjukkan ketebalannya. Light (L), Medium (M) dan High (H). Cara memegang pick gitar juga sangat berhubungan erat dengan gaya permainan gitar dan aliran musik seseorang. Dasarnya tetap harus seperti contoh diatas, tapi dapat dikembangkan sendiri sesuai dengan selera masing-masing. Itulah mengenai cara memegang pick guitar dengan baik. 


0 komentar: