IBX5981FE7FCD958 Tips Memilih Senar Gitar Yang Bagus Dan Berkualitas

Tips Memilih Senar Gitar Yang Bagus Dan Berkualitas

Guitarsquartz.net - Pada dasarnya kita itu hanya mencoba memilih senar akustik yang harganya murah atau mahal,yang terpenting bisa di mainkan dan gitarnya bisa menghasilkan bunyi yang indah dan bagus, tapi lama kelamaan, senarnya mau putus nih, atau bunyinya nggak enak lagi.


Nah pada hari ini  saya hadir kembali dengan bebera tips, yaitu tips memilih senar gitar akustik dan cara memilih senar gitar akustik yang berkualitas.

Baca juga lainnya : Cara Memodifikasi Efek Gitar Distorsi Dengan Sederhana

Berikut ini adalah beberapa kategori senar-senar khusus gitar akustik yang bagus dan paling terbaik.

1.   D'Addario
2.   Martin
3.   Elixir
4.   Ernie Ball

Nama senar di atas adalah pilihan dari semua merk senar gitar dan yang berkualitas keempat merek senar gitar khusus akustik yang bagus dan ada beberapa tips buat kalian para musisi untuk memilih senar gitar akustik yang bagus.
Ketegangan - Senar gitar Classic di buat dalam ketegangan dan posisi yang berbeda. Mereka adalah: tegangan rendah juga disebut sebagai ketegangan moderat atau ringan, normal atau sedang, keras atau tegangan tinggi.

Bahan dasar senar - Bahan senar akan berpengaruh sangat besar pada akustik warna suara (timbre) yang kita inginkan. Mari kita bagi warna suara menjadi 3 saja, mellow (warna suara lebih bass, dan biasanya freq harmonic banyak mengandung di mid freq hingga loq freq), bright (warna suara cempreng, freq harmonic dominan di freq tinggi), dan brilliance (warna suara seimbang, bright dan mellow). Beberapa bahan dasar senar akustik steel yang kita jumpai adalah sebagai berikut ini : 

Tips Memilih Senar Gitar Yang Bagus Dan Berkualitas Majalah Gitar Terlengkap Dan Terbaik

1. 80/20 Bronzee : Senar ini banyak digunakan oleh gitaris. Warna suara lebih bright. Cocok untuk lagu-lagu yang butuh strum, lagu yang berkesan ceria. lalu ada

2. Phosphor Bronzee : Senar ini juga merupakan senar favorit untuk mereka yang suka solo. Warna suara brilliance. Cocok untuk lagu-lagu, Fingerstyle solo gitar yang lebih banyak metik senar dan tapping.

3. Silk Steel : warna suara lebih mellow. sangat cocok untuk lagu-lagu jazz maupun lagu yang butuh kesan mellow.

4. Flat Tops : warna suara mellow, sedikit lebih bright dan di senar 1 dan 2. Jenis ini biasanya digunakan untuk lagu yang butuh suara lembut seperti halnya music bergenre jazz misalnya. Jadi senarnya seperti nilon tapi terbuat dari steel. Fingernoise tidak akan terasa kalo pake senar ini.

Ada juga istilah lain seperti bronze allo dan vintage bronze dll pada merk senar lain, namun warna suara yang dihasilkan karakternya tidak berbeda jauh dengan yang disebutkan lain. 

Tips Memilih Senar Gitar Yang Bagus Dan Berkualitas


Jadi, saat sedang memilih sebuah senar, pilihlah ketegangan, dan bahan, lalu ukuran yang sesuai untuk kebutuhan lagu yang kita mainkan ataupun genre yang sering kita mainkan. Cara termudah nya untuk membedakan karakter senar yang kita butuhkan adalah dengan mencoba senar-senar tersebut secara langsung hingga kita tahu senar apa yang kita butuhkan untuk lagu yang akan kita mainkan.