IBX5981FE7FCD958 Fungsi Tombol & Bagian-Bagian Gitar Accoustic

Fungsi Tombol & Bagian-Bagian Gitar Accoustic

Guitarsquartz.net - Sebelum kita membahas lebih lanjut Fungsi Tombol & Bagian-Bagian Gitar Accoustic belajar gitar, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu bagian-bagian gitar dan fungsinya.
Fungsi Tombol & Bagian-Bagian Gitar Accoustic


Karena akan sangat membantu ketika kita membaca tutorial tentang cara belajar gitar dan tips/trik gitar menggunakan istilah-istilah/nama-nama bagian gitar, maka  kita sudah tahu dan paham bagian-bagian di dalam gitar accoustic serta fungsi - fungsi lainnya tentu akan mudah dan cepat di mengerti.

Namun pada kesempatan kali ini, khusus bagian-bagian gitar accoustic. Dan untuk gitar listrik atau elektrik saya akan share lain hari :

Fungsi Tombol & Bagian-Bagian Gitar Accoustic
Penjelasan Fungsi Tombol & Bagian-Bagian Gitar Accoustic Majalah Gitar Terlengkap & Terbaik

1. Kepala Atau Biasa Di Sebut (Headstock)
Kepala gitar accoustic terdapat di bagian posisi paling atas. Kepala gitar ini berbahan dari kayu yang pada bagianya terdapat Tunner dan Nut. Di kepala gitar juga biasanya terdapat brand atau merek gitar tersebut.

2. Bagian Nut Pada Gitar
Nut adalah sebuah alat bantalan kecil yang berfungsi untuk menyangga ke-6 senar gitar agar bunyi yang keluar terdengar nyaring dan merdu. Selain itu nut biasanya berwarna putih.

3. Tunner Gitar
Tunner berfungsi sebagai alat untuk menyetem sebuah gitar accoustic yang sangat penting di perhatikan.

4. Fret Pada Gitar
Fret umumnya, pada gitar accoustic fret berjumlah 19 buah. Fungsi fret untuk menentukan nada pada senar gitar.

5. Leher atau dengan nama lain (Neck) 
Leher gitar adalah tempat untuk tangan kiri kita memegang gitar. Jangan membeli gitar yang leher nya melengkung karena bisa merusak nada dan senar pada gitar leher gitar yang bagus adalah yang lurus sempurna.

6. Penghubung Gitar
Penghubung adalah kayu solid yang digunakan untuk menghubungkan antara leher (neck) dengan badan di sebuah gitar atau (body).

Baca juga tips & trik lainnya : Perbedaan Gitar Elektrik & Gitar Acousstic Yang Perlu Anda Mengerti

7. Badan Atau (Body) Gitar
Bentuk badan atau (Body) gitar sangatlah beragam, dan tergantung dari selera pembuat gitar itu sendiri.

8. Bridge Gitar
Fungsi bridge itu sendiri hanya untuk mengaitkan sebuah senar gitar pada body gitar tersebut.

9. Soundboard Pada Gitar
Soundboard adalah sebuah kotak resonansi suara pada gitar. Soundboard ini berbentuk seperti sebuah tabung yang di dalamnya terdapat ruangan yang berfungsi sebagai meresonansikan suara dari senar gitar, sehingga suara dari senar akan lebih nyaring dan lebih keras.

10. Lubang Suara Gitar
Lubang suara gitar adalah bagian yang digunakan untuk akses dari soundboard. Gelombang getaran dari sebuah senar gitar yang muncul akan melewati lubang ini sebelum berbunyi diresonansikan oleh soundboard gitar.

11. Senar atau (String) 
Jenis senar pada gitar sangatlah beragam karena setiap senar mempunyai karakteristik suara yang berbeda-beda. Dan Jumlah senar gitar akustik ada 6 buah, dan masing - masing senar juga memiliki nada yang berbeda-beda yaitu E, A, D, G, B, E' (Standard Tuning).

12. Saddle Gitar
Saddle adalah alat bantalah yang terdapat pada bridge gitar. Fungsi saddle sama dengan fungsi nut yaitu supaya suara senar gitar terdengar nyaring dan menjadi lebih bagus.

13. Fingerboard/Fretboard Gitar
Fingerboard adalah sebuah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret gitar tertentu. Finger board terletak di bagian depan dari leher gitar (Neck).