IBX5981FE7FCD958 Stevie Ray Vaughan - Gitaris Berbakat Sepanjang Masa Yang Di Kenal Dunia

Stevie Ray Vaughan - Gitaris Berbakat Sepanjang Masa Yang Di Kenal Dunia

Profil Gitaris Stevie Ray Vaughan - Gitaris Berbakat Sepanjang Masa Yang Di Kenal Dunia

Berikut adalah ulasan tentang Profil Gitaris Stevie Ray Vaughan - Gitaris Berbakat Sepanjang Masa Yang Di Kenal Dunia
Guitarsquartz.net Gitar menjadi salah satu alat musik yang mampu melengkapi banyak genre musik sehingga digemari oleh banyak musisi. Dengan adanya gitar juga melahirkan gitaris-gitaris berbakat dunia. Berbagai nama mulai dari Jimi Hendrix, Joe Satriani, Jimmy Page, Herman Lie, hingga Steve Vai meraih karir yang cemerlang sebagai gitaris. Dalam profil gitaris Stevie Ray Vaughan kali ini akan membahas salah satu gitaris yang sudah mangkat yang memiliki karir cemerlang sebagai gitaris. Berikut profil lengkapnya.
Kehidupan Awal Stephen Ray Vaughan
Stephen Ray Vaughan lahir di Dallas, Texas pada 3 Oktober 1954. Ayahnya merupakan seorang veteran tentara yang keluar dari sekolah menengah atas karena harus bergabung dengan pasukan tentara. Ia memiliki satu kakak laki-laki yaitu Jimmie Ray Vaughan.
Ia sempat mengalami kekerasan oleh ayahnya yang seorang pecandu alkohol. Hal tersebut membuat Vaughan sempat merasa trauma dan menjadi seorang anak yang pemalu. Ayahnya sendiri meninggal tepat empat tahun sebelum dirinya meninggal.
Ia memulai ketertarikannya pada gitar pada saat usianya 7 tahun. Saat itu ia terinsipirasi oleh kakak laki-lakinya Jimmie yang juga bermain gitar. Alat musik pertama yang ia mainkann adalah drum dan saksofon.
Hingga ulang tahunnya yang ke- 7, ia mendapatkan hadiah gitar sebagai hadiah ulang tahunnya. Stephen berlatih secara otodidak dan mendengarkan beberapa musisi blues dan rock yang kemudian menginspirasiny dalam bermusik.
Band pertamanya bertajuk Chantones pada tahun 1965. Namun ia kemudian memutuskan keluar ketika mengikuti kontes dan bandnya tidak diperbolehkan memainkan lagu Jimmy Reed secara penuh.
Ketertarikannya pada musik menjadikannya tidak fokus menjalani sekolah hingga ia akhirnya keluar dari sekolah menengah atas dan mengejar impiannya menjadi gitaris. Ia mulai bermain di banyak gigs pada masa mudanya sebelum profil gitaris Stevie Ray Vaughan dikenal lebih jauh. Ia bermain sebagai gitaris di grup Cobras hingga tahun 1977. Pada saat itu karirnya masih belum konsisten dan lebih banyak bermain untuk gigs.
Perjalanan Karir Stephen Ray Vaughan
Setelah menjadi gitaris sesi, ia membentuk band yang ia sebut sebagai Triple Threat Revue yang kemudian ia ganti namanya menjadi Double Trouble. Ia mulai terkenal ketika tampil di Montreux Jazz Festival pada tahun 1982. Debut albumnya yang berjudul Texas Flood berhasil menduduki posisi 38 tangga lagu pada tahun 1983 dengan menjual lebih dari setengah juta kopi. Semenjak penampilannya, ia pun makin dikenal dan profil gitaris Stevie Ray Vaughan semakin solid di kancah permusikan dunia. Ia sempat berkolaborasi dengan beberapa gitaris dan juga menjadi headline beberapa tur band.
Penyebab Kematian Stephen Ray Vaughan
Karir bermusiknya bisa dibilang singkat namun membekas karena bakat dalam bermain gitar menjadikannya salah satu musisi terbaik dunia. Karirnya berakhir saat oa terlibat dalam kecelakaan helikopter pada 27 Agustus 1990. Ia bersama kru tur Eric Clapton menaiki helikopter menuju Midway International Airport setelah menyelesaikan penampilannya di Alpine Valley Music Theatre. Ia sebenarnya sudah dijadwalkan kembali ke Chicago, namun Stephen memutuskan untuk kembali ke Chicago lebih cepat. Helikopter yang ia naiki sayangnya menabrak tak lama setelah terbang. Kecelakaan ini menewaskan semua penumpang termasuk Vaughan sendiri.
Meskipun karirnya singkat dan kematiannya tragis, terlebih ia meninggal 36 hari sebelum berulang tahun ke 36, namun profil gitaris Stevie Ray Vaughan tetap dikenang sebagai salah satu musisi terkenal di Amerika Serikat.