IBX5981FE7FCD958 Profil Gitaris Joe Satriani - Gitaris Rock Populer Amerika

Profil Gitaris Joe Satriani - Gitaris Rock Populer Amerika


joe satriani
Profil Gitaris Joe Satriani - Gitaris Rock Populer Amerika
Guitarsquartz.net - Amerika menjadi salah satu negara yang memiliki banyak gitaris berpengaruh terutama pada aliran rock. Salah satunya ialah Joe Satriani. Joe Satriani merupakan gitaris rock instrumental yang terkenal dengan teknik bermain gitar yang baru dan memiliki teknik yang mampu membuat kagum banyak orang.
Pada profil gitaris Joe Satriani kali ini akan membahas awal karir hingga kehidupan gitaris populer Amerika Serikat yang satu ini.
Kehidupan Awal Joe Satriani
Joe Satriani lahir pada 15 Juli 1956 di Westbury Newyork. Ia memiliki darah keturunan Italia dari keluarganya yang merupakan imigran. Awalnya Joe Satriani tidak berpikir untuk serius mebgeja karir sebagai gitaris. Hingga saat usianya 15 tahun, ia mendengar kabar kematian Jimi Hendrix, salah satu gitaris yang populer pada waktunya. Saat mendengar kabar tersebut, Joe Satriani menemui pelatih futbal dari timnya dan memutuskan berhenti menjadi atlit untuk mengejar karir sebagai gitaris.
Pada tahun 1974, Satriani belajar bermain gitar dengan seoranf gitaris jazz, Billy Bauer dan pianis Lennie Tristano. Lennie Tristano menjadi tokoh yang mendorong Satriani untuk terus menekuni belajar bermain gitar hingga cukup mahir untuk mengajari gitaris lain.
Karir Mengajar Joe Satriani
Tidak seperti gitaris lainnya yang berambisi langsung menciptakan musik secara komersil atau membentuk band, Joe Satriani memilih memulai karirnya sebagai seorang guru gitar pada tahun 1978. Tak main-main, banyak dari muridnya menjadi musisi terkenal yang membuat profil gitaris Joe Satriani dihormati oleh banyak musisi dunia. Beberapa murid Joe Satriani antara lain adalah Kirk Hammett dari grup band terkenal Metallica, David Bryson dari Counting Crows, Kevin Cadogan dari Third Eye Blind dan masih banyak lagi.
Karena dia lah yang menciptakan banyak gitaris berbakat, nama Joe Satriani sangat dihormati oleh banyak gitaris, menunjukkan kemapuan bermain gitar Satriani yang tidak diragukan lagi.

Karir Musik Joe Satriani
Setelah menjadi instruktur gitar, Joe Satriani memulai karirnya sebagai musisi dengan bergabung di band Squares. Ia kemudian di ajak oleh Grek Kihn Band yang meskipun sedang terpuruk dalam karirnya namun mampu membantu Satriani membayar hutang pembuatan album pertamanya Not on This Earth.
Pada tahun 1987 merupakan awal profil gitaris Joe Satriani mulai diketahui khalayak umum lewat album keduanya Surfing with The Alien. Lagunya memuncaki tangga lagu radio dan merupakan lagu instrumental pertama yang meraih posisi tinggi dalam tangga lagu.
Lagu utamanya yaitu Crushing Day pada album ini juga menjadi soundtrack film It Takes Two. Selanjutnya pada tahun 1988, Satriani merilis album Dreaming #11 dan juga membantu album dari salah satu muridnya yang saat itu berada pada grup Possessed.
Pada tahun 1989, Joe Satriani merilis album yang terinspirasi dari kematian ayahnya yang bertajuk Flying in A Blue Dream. Salah satu lagu dari album ini yaitu One Big Rush menjadi soundtrack film Say Anything.
Pada tahun 2008 ia sempat menuntut Coldplay untuk lagu mereka Viva La Vida. Ia berpikir band ini mengambil elemen substansial dari lagunya If I Could Fly. Meskipun begitu, dari pihak Coldplay menolak dan akhirnya ada kesepakatan di antara dua pihak untuk menyelesaikan perkara ini.

Terbukti profil gitaris Joe Satriani memiliki pengaruh terhadap gitaris-gitaris besar lainnya di dunia yang menjadikan ia inspirasi dalam bermain musik. Hingga kini Joe Satriani tetap berkarir dan mengeluarkan musik ciptaannya sendiri.
x