IBX5981FE7FCD958 Mengetahui Berbagai Jenis Ukuran Boks Efek Gitar

Mengetahui Berbagai Jenis Ukuran Boks Efek Gitar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Efek gitar bisa dibilang salah satu 'mainan' wajib gitaris, bassist, atau kadang juga keyboardist. Tidak semua efek memiliki ukuran yang sama, masing masing memiliki ukuran yang menyesuaikan dengan PCB atau sirkuit efek tersebut.

unsplash-logoYomex Owo

Boks casing efek atau disebut juga dengan istilah 'enclosure' memiliki kode nama yang berbeda untuk masing-masing ukuran. Kode ukuran tersebut mengacu pada boks logam buatan Hammond Manufacturing.

Boks logam buatan Hammond adalah boks yang sering digunakan oleh pembuat efek. Boks buatan Hammond kuat dan tahan hingga bertahun-tahun, jika ada kerusakan biasanya pada PCB efek dan bukan pada boks efeknya.

Setelah beberapa waktu ada juga boks KW yang memiliki ukuran sama dengan boks-boks Hammond, meskipun bentuk dan ukurannya sama persis, tentunya masih lebih bagus yang buatan Hammond.

Mengapa Harus Mengetahui Berbagai Ukuran Efek Gitar?
Cukup penting saat kita membuat pedalboard atau mengukur pedalboard custom, agar bisa memperkirakan tempat yang dibutuhkan untuk enaruh semua efek kita...

Oke, mari kita lihat beberapa ukuran boks efek gitar yang paling sering digunakan!!



Baca Juga : Memahami Urutan Penempatan Efek Gitar Yang Benar


Berbagai Jenis Ukuran Boks Efek Gitar

Ada 4 ukuran boks yang paling sering digunakan untuk boks gitar, yaitu 1590B, 1590BB, 125B, 1590A. Agar lebih mudah dimengerti,  mari kita lihat beberapa contoh efek gitar yang menggunakan ukuran diatas.


-1590A
Mooer Fog atau sejenis



-1590BB
MXR Stereo Chorus atau sejenis


-125B dan 1590B
Untuk 125B dan 1590B, hanya berbeda sedikit ukurannya. Jika dibandingkan melalui foto akan sulit terlihat perbedaannya. 125B memiliki ukuran total sedikit lebih besar dibanding 1590B, dan keduanya juga cukup sering digunakan.

JHS Honeycomb (125B)


Analogman Peppermint Fuzz (1590B)



Mengapa Efek Gitar Memiliki Ukuran Berbeda-beda?
Untuk memuat PCB atau sirkuit efek sesuai dengan kebutuhan. Untuk efek yang memiliki sirkuit rumit dan besar membutuhkan ruang yang lebih besar juga. Semakin kecil efek maka semakin kecil juga ruang yang ada dan lebih sulit juga pengerjaannya.


Hanya Ada 4 Ukuran Saja?
Tentu tidak, ada banyak ukuran boks enclosure, yang tidak mungkin dijelaskan satu persatu di sini, dan karena ukuran-ukuran di luar 4 yang disebutkan tadi jarang digunakan. Contohnya ada pada dua efek dibawah ini...


EHX Tone Tattoo (1590XX)




Henretta Engineering Emerald Prince Preamp (1590LB)



Kadang ada juga pembuat efek atau perusahaan aksesoris musik yang membuat ukuran efek diluar yang sudah ada di pasaran. Hal tersebut dilakukan karena mereka memiliki desain dan kebutuhan khusus atau juga karena boks enclosure yang ada tidak cukup untuk menunjang teknologi atau PCB yang mereka punya.

Boks Plastik Untuk Efek Gitar?
Boks plastik sering digunakan untuk efek gitar DIY atau efek custom dengan harga terjangkau. Meskipun tentunya tidak setangguh boks logam, tapi sah-sah saja selama menggunakan shielding yang benar.

Beberapa pembuat efek lokal juga sering menggunakan boks plastik untuk menekan harga. Saya juga pakai boks efek plastik, dan tidak ada masalah sebenarnya selama dipakai dan dirawat dengan benar...


Ok, sampai disini dulu artikel singkat ini tentang berbagai jenis boks ukuran efek gitar.
Sampai bertemu di artikel selanjutnya hanya di Guitarsquartz.



0 comments: