IBX5981FE7FCD958 5 Musisi Youtube Berbakat Yang Anda Harus Tahu

5 Musisi Youtube Berbakat Yang Anda Harus Tahu

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Musisi Youtube semakin marak saat ini. Namun kebanyakan yang memiliki banyak view adalah cover lagu atau yang membuat konten-konten lucu dan menghibur. Memang tidak ada yang salah dengan itu semua...

Tapi Youtube juga berisi berbagai musisi berbakat yang tidak hanya aktif sebagai Youtuber saja, namun memang memiliki pekerjaan di dunia nyata sebagai musisi. Konten mereka menurut saya lebih informatif dan mengena, karena betul-betul berasal dari pengalaman dan perjuangan mereka sebagai musisi.

Beberapa nama yang ada di list ini (5 orang tepatnya), mungkin tidak seterkenal bintang pop Korea atau DJ ternama, tapi konten yang mereka berikan di Youtube memiliki nilai dan manfaat yang tidak sebanding dengan view atau jumlah tayangan mereka dapatkan (walau sebagian besar dari mereka tidak mengandalkan Youtube sebagai penghasilan utama), alias kurang terkenal.

Berikut ini adalah 5 musisi Youtube berbakat yang membuat konten informatif serta menghibur yang Anda semua harus tahu! Dan seperti list lainnya, tidak ada urutan khusus mana yang nomor satu dan mana yang paling bawah, karena para musisi Youtuber ini memiliki karakternya masing-masing....


Read More : 6 Gitaris Terbaik Indonesia Yang Harus Anda Ketahui


Adam Neely

Pemain bass lulusan Berklee ini rajin mengupdate konten hampir setiap minggu. Jujur, untuk musisi pemula beberapa topik Adam memang cukup berat dan teknis, namun ada juga tips-tips praktis untuk berlatih dan belajar teori musik.

Kadang Adam juga membahas beberapa teori musik praktis yang bisa digunakan pemain bass dari segala tingkatan. Konten dari mas Adam ini sangat informatif dan bermanfaat, terutama untuk Anda pemain bass yang senang dengan konten mendalam dan tidak sekedar menghibur saja.

Salah satu video Adam Neely yang menarik (favorit saya juga) bisa kita lihat di bawah ini...




Pete Thorn

Untuk gitaris atau penggemar musik rock, sangat disarankan untuk melihat video-video Pete Thorn. Seorang session player, produser, dan juga seorang content creator tentunya. Salah satu gig atau job paling terkenal Pete adalah menjadi gitarisnya proyek solo Chris Cornell.

Seperti yang ada di deskripsi channel Youtubenya, Pete membuat konten-konten gitar sentris, mulai dari lessons, review gear, dan juga sesi interview bersama dengan musisi lainnya.

Selain itu, menurut saya permainan gitar Pete memiliki taste dan feel yang unik, sangat berkarakter rock. Kita bisa melihat itu di setiap demo gear yang dilakukan Pete, selalu memainkan solo gitar yang mantap...

Seringkali saat Pete membuat video demo gear, seperti efek atau gitar, ia juga sedikit menyelipkan tips dan trik praktis yang informatif, mulai dari recording, setting efek, hingga plugin untuk DAW.

Video Pete Thorn di bawah ini adalah tentang setting overdrive, informasi yang diperlukan oleh semua gitaris..





Greg Koch

Setiap gitaris harus melihat permainan gitar Greg Koch!! Gaya permainannya campuran dari rock, jazz, folk, dan lain-lain. Seorang session player, serta sekarang sedang aktif bersama trionya, Koch Marshall Trio. Ia juga seorang product ambassador untuk pickup Fishman Fluence.

Greg sebenarnya tidak memiliki channel sendiri di Youtube, namun permainan livenya sudah sering di dokumentasikan di Youtube untuk kita lihat dan nikmati.

Gaya Greg yang kocak dan humoris membuatnya jadi favorit saat interview atau demo produk. Tapi tunggu sampai ia bermain gitar! Skillnya yang mumpuni dijamin membuat siapa saja tercengang menontonnya.





Ola Englund

Gitaris metal asal Swedia ini menyumbangkan permainan gitarnya untuk Six Feet Under, The Haunted, dan juga Feared. Selain itu ia juga dikenal sebagai Youtuber yang aktif mengupload video setiap minggunya.

Mr Ola selain sebagai musisi yang rajin tur dan klinik, ia juga memiliki sebuah perusahaan gitar bernama Solar Guitars. Ola rajin memberi tips dan trik dan juga review produk seperti efek atau plugin.

Ia mungkin adalah yang paling aktif di sosial media dari kelima nama yang ada di list ini. Ia selalu mengupload vlog kliniknya di berbagai negara dan juga rutin membuat video FAQ untuk para subscibernya.

Ola Englund bisa dijadikan panutan untuk musisi di era modern, dimana ia memanfaatkan medsos dan berbagai platform lainnya untuk membantu mengembangkan karirnya.





Microtonal Guitar - Tolgahan Çoğulu


Musisi dan penemu asal Turki ini cukup menarik perhatian dengan tema channel Youtubenya. Tolgahan juga mengajar di Turkish Music State Conservatory sebagai Associate Professor of Guitar.

Microtone atau jarak nada yang lebih kecil dari 1 fret, sering ditemukan pada musik tradisional dan musik Timur Tengah, termasuk salah satunya pada musik tradisional Indonesia.

Tema microtone memang rada-rada eksperimental dan mungkin sedikit teknis untuk pemula, namun tidak ada salahnya mencoba memperluas pengetahuan kita seputar musik dan gitar tentunya. Kita memang harus sedikit membiasakan untuk mendengar nada yang berbeda dari yang sering kita gunakan.

Ia juga menciptakan gitar (Adjustable Microtonal Guitar)yang jarak antar fretnya bisa diatur untuk mencapai nada yang spesifik. Salah satu video yang membuat saya tertarik adalah ketika Tolgahan memainkan lagu yang menggunakan tangga nada Bali (maaf jika saya salah).




Gak Ada Yang Dari Indonesia?

Mungkin di antara pembaca ada yang tahu? Maaf saya sendiri jarang melihat channel Youtuber Indonesia.... Mungkin juga nanti akan dibuat yang versi channel Youtube Indonesianya. Tunggu saja. Jika penasaran, bisa mulai dulu dari artikel  6 Gitaris Terbaik Indonesia Yang Harus Anda Ketahui.

Sampai disini dulu artikel tentang 5 Musisi Youtube berbakat yang Anda harus tahu, sampai bertemu di artikel menarik selanjutnya hanya di Guitarsquartz!!

0 comments: