IBX5981FE7FCD958 Meningkatkan Skill Bermain Gitar Secara Otodidak

Meningkatkan Skill Bermain Gitar Secara Otodidak




Guitarsquartz.net- Bosan dan jenuh dengan kemampuan bermain gitar selama bertahun-tahun tidak meningkatkan skill. Bingung tindakan apa yang harus dilakukan untuk meningkat skill bermain gitar dengan belajar otodidak, berikut ini tips meningkatkan kemahiran bermain gitar.


1. Menyiapkan materi belajar gitar


Rajin membaca buku tentang teknik bermain gitar atau belajar tutorial via internet, melihat video-video pemain-pemain gitar yang handal dengan melihat youtube atau membeli DVD. Belajar via internet banyak dijadikan referensi karena di internet banyak disediakan situs-situs belajar bermain gitar dengan cuma-cuma. Pelajari sesuatu yang baru sebagai langkah awal untuk menjadi pemain gitar yang handal. Kesabaran dalam bermain gitar adalah kunci yang harus dimiliki untuk meningkatkan permainan gitar.


2. Mengatur jadwal latihan


Atur jadwal latihan dengan konsisten bisa 30 menit, 1 jam atau 2 jam perharinya secara disiplin dan tepat waktu. Jadwal latihan yang terus menerus otomatis membangun kemampuan skill bermain gitar. Lakukan latihan ini minimal 5 kali seminggu. Membuat jadwal latihan yang dilakukan secara rutin akan membuat skill permainan gitar semakin meningkat.


3. Picking dan Fingering


Melatih picking dan fingering sangat diperlukan saat berlatih gitar sebagai dasar bermain gitar. Picking adalah memetik senar gitar menggunakan pick dengan cara naik turun. Belajar picking harus betul-betul dikuasai karena sangat berpengaruh terhadap kerapihan dan kecepatan bermain gitar. Fingering adalah melatih jari jemari agar tidak kaku pada saat berpindah dari fret satu ke fret yang lain.

Baca Juga: Solusi Mengatasi Kebosanan Bermusik Dalam Bermain Gitar

Latihan fingering menbutuhkan kesabaran dan konsistensi agar didapat hasil latihan bermain gitar secara maksimal. Hasil latihan fingering meningkatkan kecepatan dan kerapihan bermain gitar. Fingering dapat dilakukan setiap hari, tidak hanya pemula namun yang profesionalpun perlu latihan fingering sebelum memainkan sebuah lagu. Kedua teknik dasar ini dibutuhkan untuk melatih bermain melodi gitar.


4. Memperdalam scale dan teknik gitar



Ada banyak scale yang bisa dipelajari seperti major modes dan pentatonic scale. Scale adalah kumpulan dari beberapa nada yang dipolakan dalam kombinasi wholetones dan semi tones. Meningkatkan skill bermain gitar bisa dilakukan dengan mempelajari teknik-teknik baru seperti tapping, alternate picking, hybrid picking, string skipping, popping dan masih banyak teknik-teknik yang bisa dipelajari.


5. Ikut komunitas atau forum gitar


Mulailah ikut dalam kegiatan komunitas dan forum gitar via forum, komunitas di medsos (facebook, twitter, instagram, whatsup) untuk meningkatkan pengetahuan dan skill dengan berperan aktif bertanya, ikut workshop dan diskusi.


6. Jam session 


Bermain gitar spontan dengan teman-teman menggunakan alat-alat musik lainnya akan mengasah skill dan jam terbang serta pengalaman dalam bermusik. Bermain musik secara spontan harus menguasai harmony dan rhytm. Makin sering melakukan jam session dengan musisi lain mempengaruhi kekuatan mental yang berkembang. Bermain musik bersama akan menciptakan group band baru yang akan menambah skill bermain gitar dan juga kolaborasi dengan alat musik lainnya.



7. Mendengarkan banyak jenis musik


Mendengarkan banyak jenis musik dari genre-genre musik lain akan meningkatkan kemampuan bermain gitar. Mendengarkan jenis musik yang lain, semakin banyak wawasan musik dan menghindarkan kejenuhan atau kebosanan membuka diri kita memperoleh kemampuan skill bermain gitar. Mendengarkan group band yang paling disukai akan memberi motivasi. Perhatikan para musisi memainkan lagu-lagu mereka dan buat daftar teknik yang ingin dipelajari. Semakin banyak lagu yang didengar semakin besar motivasi dan menambah skill bermain gitar.