IBX5981FE7FCD958 Solusi Mengatasi Kebosanan Bermusik Dalam Bermain Gitar

Solusi Mengatasi Kebosanan Bermusik Dalam Bermain Gitar

Leave a Comment

Guitarsquartz.net - Hampir semua musisi baik gitaris, drummer, bassist atau pemain musik lainnya yang menggunakan keahliannya dalam bermain musik sebagai mata pencaharian sekaligus penyalur hobi. Jika sudah begini, mau tidak mau mereka harus berkutat dengan dunia musik dan alat musiknya setiap saat. Walaupun tidak sedang manggung, mereka juga pasti akan berada disekitar yang tidak jauh dari dunia musik. Entah itu untuk latihan atau sekedar mengetes dan membersihkan “alat tempur” band tersebut.
Rutinitas inilah yang kadang akan memunculkan rasa bosan. Kebosanan dalam bermain musik  ini tidak hanya bisa menyerang para gitaris profesional saja, namun juga bisa menyerang mereka yang masih amatir. Para musisi atau gitaris yang menyalurkan hobinya bermain musik atu bermain gitar ini juga bisa terserang rasa bosan jika terus-menerus melakukan rutinitas  yang sama setiap harinya.

Berikut ini saya akan berbagi tips untuk mengatasi rasa bosan bermain gitar 
Rasa bosan ini akan menjadi masalah besar jika menyerang mereka yang tengah berlatih keras mengasah kemampuannya dalam bermain gitar. Mereka bisa berhenti bermain dan meninggalkan gitarnya dipojokan tanpa tersentuh sedikitpun. Agar hal ini tidak terjadi, berikut beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi kebosanan dalam bermain gitar.

Tips 1 – Mengistirahatkan diri
Jika sobat telah berkutat dengan gitar selama beberapa waktu yang dirasa cukup intens, tidak ada salahnya untuk mengistirahatkan diri beberapa saat. Letakan gitar sobat sesaat, basuh muka dan lakukan kegiatan lain. Istirahat dapat membuat otot tidak tegang. Waktu istirahat juga dapat dilakukan untuk meninjau sudah sejauh mana perkembangan permainan gitar yang telah sobat miliki.  Berhenti sejenak dari aktivitas bermain gitar dapat membuat sobat merindukan saat-saat bermain gitar lagi sehingga semangat untuk belajar semakin tinggi.

Tips 2 – Lihat video
Salah satu motivasi yang dapat membuat kita lepas dari kebosanan bermain gitar adalah dengan menonton video. Video ini antara lain seperti video live perform atau video tutorial. Ketika sobat melihat video live perform, sobat akan termotivasi untuk meniru dengan gitaris handal yang videonya tengah sobat nikmati. Sedangkan dengan menonton video tutorial, siapa tau sobat berminat untuk mempraktekan dan segera lupa dengan rasa bosan bermain gitar yang dirasakan sebelumnya.

Tips 3 – Belajar teknik baru
Sobat mungkin pernah melihat live perform gitaris handal yang juga menjadi idola. Sobat mengidolakan permainan gitar mereka tentu bukan tanpa alasan, bukan? Salah satu alasannya seperti teknik permainan gitarnya yang sangat keren dan menarik sehingga sobat juga berniat mencobanya. Belajar teknik baru ini bisa melepaskan sobat dari rasa bosan bermain gitar.

Tips 4 – Rekaman
Rekaman disini maksudnya bukan rekaman di studio ala-ala gitaris profesional yang sobat idolakan, ya! Rekaman ini dilakukan untuk mengabadikan ide-ide baru seputar kemampuan sobat dalam permainan gitar yang telah sobat lakukan. Sobat bisa menggunakan bantuan aplikasi gratis seperti Adobe Audition 1.5 atau Cool Edit Pro. Jika kesulitan, banyak aplikasi gratis untuk membantu proses merekam yang bisa sobat unduh di play store. Walaupun mungkin belum sempurna, pasti bangga, bisa mendengarkan rekaman permainan gitar sendiri.

Tips 5 – Belanja
Sesekali tidak salah menyisihkan sebagian uang untuk mendukung aktivitas bermusik sobat. Melihat koleksi gitar-gitar terbaru ataupun aksesoris dan alat perawatan gitar bisa dijadikan salah satu alternative penghilang rasa bosan. Kendati begitu, tetap usahakan tidak over budged ya sobat!

Tips 6 – Rekreasi
Rekreasi adalah bentuk lain dari istirahat yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi kejenuhan. Jika rekereasi yang biasa dilakukan oleh orang-orang adalah mengunjungi tempat wisata atau piknik di alam terbuka, calon gitaris bisa memilih tempat seperti konser musik idola sebagai tujuan rekreasinya. Bisa jadi setelah anda melakukan rekreasi ringan ini, anda akan memperoleh inspirasi yang menunjang permainan gitar sobat.
Jika anda menjadikan musik dan gitar sebagai hobi atau mata pencaharian, maka mau tidak mau gitar akan menemani anda setiap hari. Lakukan 6 tips diatas agar anda terhindar dari kebosanan dan tetap produktif dengan gitar anda.




0 comments: