IBX5981FE7FCD958 Cara Mengganti dan Memasang Senar Gitar Akustik

Cara Mengganti dan Memasang Senar Gitar Akustik

Leave a Comment



Setiap orang memiliki caranya masing-masing saat mengganti senar gitar, yang menjadi masalah adalah bagaimana supaya senar yang diganti menjadi rapih. Mengganti senar gitar bukan masalah, tetapi bagi gitaris pemula  hal ini akan menyulitkan.

Senar tua atau putus akan menyebabkan suara gitar terganggu atau kehilangan titik nadanya. Tindakan mengganti senar gitar secara berkala adalah hal yang sangat penting. Rutinitas dalam mengganti senar gitar tergantung pada bagaimana gitar dimainkan. Apabila gitar dimainkan setiap hari disarankan untuk mengganti senar sebulan sekali, jika gitar jarang dimainkan maka mengganti senarnya setiap tiga bulan sekali.

Pemain gitar bisa memilih untuk mengganti satu atau semua senar, disesuaikan dengan budget saja. Disarankan untuk mengganti semua senar agar suara yang dihasilkan sempurna saat gitar dimainkan.

1.  Masukkan ke jalur ekor (ditempat bridge)

Siapkan gitar dan senar baru yang akan di pasang.  Jika senar yang putus belum di cabut, silakan dilepas terlebih dahulu sebelum dipasang yang baru.

Setelah semuanya siap, yang pertama lakukan dengan memasukkan ujung senar gitar yang baru tersebut lewat ekor gitar. Apabila yang putus senar nomor 5 maka masukkan senar lewat jalur nomor 5  yang sudah disediakan pada gitar. Jika senar yang putus nomor 1 misalnya, maka masukkan lewat jalur nomor 1, begitu juga nomor 2,3,4 dan seterusnya.



2. Tekan senar sampai masuk

Setelah senar gitar dimasukkan lewat ekor gitar atau di tempat bridge, Silakan tekan senar tersebut sampai benar-benar masuk ke dalam. 

Umumnya sudah ada tempatnya untuk tempat menempelkan senar sesuai dengan jalur senar gitar yang akan diganti atau dipasang.



3.    Masukkan ujung senar ke kepala gitar

Apabila  senar telah masuk pada bagian bridge, pasang ujung senar yang satunya lagi pada headstock. Pada headstock gitar ada tempat untuk memasukkan senar.

Perhatikan jalur senar pada bagian leher atau nut atau tulang leher berwarna putih. Pada saat memasang ujung senar di headstock, putar stem dan perhatikan jalur senar di leher gitar.


4.    Lilitkan Senar pada tempat pengait

Cara mengaitkan senar sebagai berikut :
  • Saat senar dimasukkan kedalam, kemudian lakukan dengan melilitkan senar satu kali saja bisa ke arah kiri atau ke arah kanan.
  • Setelah senar dililit sekali, tahan menggunakan jari, agar lilitan yang diputar tidak lepas.
  • Lakukan putaran pada stem gitar yang ada di samping gitar, sampai senar benar-benar melilit dengan rapih.
  • Perhatikan saat memutar senar, jangan pernah melepaskan tangan  dari senar dan tahan atau sedikit tarikan perlahan,sampai benar-benar tidak kendur.





5. Senar yang terpasang pada stem diputar

Saat memutar pada alat stem gitar, tangan kanan ikut menarik perlahan supaya pada lilitan pertama tidak lepas dan rapih, sementara tangan kiri perlahan-lahan memutar alat stem.

Senar yang terpasang terlihat rapih dan tidak acak-acakan. Jika hasil yang dibuat  kurang bagus, ulangi lagi dan buka kembali, kemudian lakukan dari awal cara.



Lakukan pemeriksaan senar gitar masih yang kendur, supaya pada saat senar keluar jalur tidak terlalu sulit untuk diperbaiki dan tidak perlu repot-repot harus dikendurkan kembali senar yang tadi diputar.

Jika mengganti senar gitar, harus mengoleskan minyak lemon atau minyak jeruk ke fingerboard (papan jari). Hal ini mencegah fingerboard terlalu kering dan membuatnya terasa lembab.




0 comments: