IBX5981FE7FCD958 Cara Memasang Strap Gitar Elektrik

Cara Memasang Strap Gitar Elektrik

Leave a Comment




Strap gitar adalah strip kain dengan kulit atau bagian kulit sintetis yang dikaitkan pada body gitar. Hal ini dilakukan untuk mengaitkan gitar melalui bahu dan panjang disesuaikan agar sesuai dengan posisi yang disukai oleh gitaris



  1. Gunakan strap yang Cocok
Ada berbagai gaya dan ukuran strap gitar yang bisa dipilih. Lihatlah pilihan yang ada di toko musik atau iklan di internet agar  dapat diperoleh  gambaran mengenai pilihan yang tersedia.
Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan dalam memilih strap:
·         Bahan Strap
ada beberapa hal yang mesti di perhatikan dalam memilih strap yang akan digunakan, dari pemilihan bahan strap, kulit (leather) atau kulit sintetis, nilon, anyaman tali. Ada sebagian strap dengan harga yang terjangkau, belilah strap dengan bahan kulit agar tahan lama.
·         Ukuran Strap
Sebagian besar strap gitar dapat disesuaikan, tetapi sebaiknya pastikan bahwa panjang strap yang dipilih setidaknya cukup karena bermain gitar dalam berbagai posisi.
·         Bantalan  Strap
Beberapa strap gitar dilengkapi dengan bantalan yang ada di bagian pundak agar lebih nyaman saat bermain gitar. Bantalan ini biasanya terbuat dari busa, tetapi dapat juga terbuat dari bulu binatang atau pun bahan-bahan lain.
·         Estetika
Warna-warna dan gaya dari strap gitar sangat bervariasi. Pilihlah salah satu yang memang cocok untuk mewakili musik dan karakter yang diinginkan.



2.   Cari  kedua ujung Cari lubang yang ada pada strap. 
Pada kedua ujung strap dibuat dari kulit atau kulit sintetis berbentuk segitiga yang ujungnya berbentuk setengah lingkaran. Di setiap ujungnya akan ada lubang yang terlihat seperti potongan yang menembus. Lubang-lubang ini akan menopang berat gitar sementara pada saat akan dimainkan.



  1. Pasangkan strap pada pasak gitar yang terletak di tengah bagian  bawah gitar. 
Hampir semua gitar elektrik memiliki dua pasak yang harus dimasukkan ke dalam lubang-lubang yang ada pada strap. Pasak yang pertama terletak pada dasar gitar, jika akan memegang gitar secara vertikal, pasak itu akan berada di bagian bawah gitar. Pasak pada bagian bawah gitar terlihat menonjol sekitar 2 cm tergantung dari tipe gitar yang dimiliki. Pasangkan strap pada pasak gitar. Untuk menjamin kenyamanan saat bermain gitar, pastikan bahwa strap terpasang pada pasak gitar dengan benar dan tepat serta pastikan  panjang pendek strap sudah disesuaikan menurut kenyamanan saat bermain gitar.



  1. Pasangkan ujung strap kedua pada pasak yang kedua. 
Cari posisi leher  gitar  bersentuhan dengan body gitar.  Hampir semua gitar akan memiliki pasak di dekat area leher gitar lalu pasangkan  strap pada pasak yang kedua.



  1. Lekatkan strap yang sudah terpasang dipundak
Strap telah selesai dipasangkan pada gitar. Saat waktunya untuk menguji strap. Jika tangan dominan adalah tangan kanan, ayunkan strap ke pundak kiri  sehingga gitar akan menggantung di depan, dengan cara seperti ini  dapat memetik senar dengan tangan kanan dan menekan nada dengan tangan kiri. Jika tangan dominan adalah tangan kiri, lakukan yang sebaliknya  ayunkan strap pada pundak kanan.



  1. Coba  strap yang terpasang  dengan memainkan gitar
Pastikan bahwa strap yang sudah terpasang  nyaman terpasang dan tidak menghalangi pergerakan  dengan memainkan beberapa lagu dengan kunci nada yang sederhana. Bermain gitar dengan cara yang bervariasi berdiri, duduk, bahkan berlutut dan terlentang.




0 comments: