IBX5981FE7FCD958 Mengenal Berbagai Jenis Pick Gitar!

Mengenal Berbagai Jenis Pick Gitar!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Pick gitar merupakan salah satu perangkat yang sering dianggap kecil dan sepele. Padahal berbagai jenis pick akan menghasilkan suara yang berbeda juga.  Kenali berbagai jenis pick, serta perbedaannya dalam menghasilkan suara gitar yang kita inginkan!

Pick gitar terdiri dari banyak sekali macam dan jenis, mulai dari bahan hingga ukuran ketebalan serta bentuknya. Ada sangat banyak pick gitar, sehingga mustahil untuk dikategorikan satu persatu, karena setiap pembuat pick gitar memiliki formula untuk bahan pick serta keunikkannya masing masing. Namun ada beberapa bentuk pick gitar yang paling sering ditemukan.

Berbagai Bentuk Pick Gitar
Teardrop-Berbentuk tetesan air, ada yang lebar maupun kecil.

Standar- Bentuk pick ini adalah yang paling sering ditemukan. Seperti segitiga sama kaki dengan sudut yang tumpul.

Triangle- Segitiga dengan sudut yang tajam/runcing. Kadang ada juga yang bersudut tumpul.

Jazz- Memiliki ukuran kecil dengan ujung atau tip yang bervariasi, mulai dari tumpul, bundar hingga runcing.

Sharp- Bentuk pick ini ditandai dengan ujung lancip segitiga.

Sharkfin- Bentuk pick yang aneh ini terdiri dari beberapa bagian. Ada yang bergerigi, tumpul dan sedikit tajam. Berbagai bagian ini dapat menghasilkan suara yang berbeda.

Fingerpick dan Thumbpick-Biasanya digunakan pemain gitar akustik untuk menambah volume petikan.


Pengaruh Bentuk Dan Ukuran Pick Pada Suara  Gitar

Setiap bentuk pick dapat menghasilkan suara yang berbeda, terutama pada bagian tip atau ujungnya (bagian yang digunakan untuk memetik senar). 

Tip yang tajam dan runcing dapat menghasilkan suara dengan artikulasi yang bagus, serta akurasi pada setiap petikan. Namun pick runcing membutuhkan sedikit latihan karena hanya sedikit ujung pick yang menyentuh senar.

Sedangkan pick yang ujungnya tumpul tidak memiliki artikulasi sebagus pick tajam, namun lebih mudah dimainkan karena tidak tersangkut di ujungnya.  

Ukuran pick tidak terlalu berpengaruh, hanya masalah selera saja. Namun ketebalan pick cukup berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Pick yang tebal dan kaku dapat menghasilkan power petikan yang kuat, namun mungkin terlalu keras untuk memainkan kord.
Sebaliknya, pick yang tipis dan fleksibel membuat kord bersuara lebih jernih.

Ketebalan pick bermacam-macam, yang paling tipis biasanya 0,5 -0,8mm. Pick paling tebal dapat memiliki ketebalan 2-3mm.


Bahan Pembuat Pick
Pick biasanya terbuat dari material sintetis sejenis plastik. Biasanya yang paling umum adalah plastik ABS atau PVC. Jim Dunlop memiliki beberapa material pick, seperti Tortex, Delrin dan bahan lainnya. Pick dengan bahan ini lebih tahan aus dan cukup tahan lama. 

Pick juga dapat dibuat dari material alternatif lainnya. Seperti kayu atau tulang sapi. Pick kayu memiliki karakter yang lebih warm dan sedikit ngebass, sedangkan pick dari tulang sangat bright,  banyak treble dan volume. 

Selain kayu, ada juga berbagai material eksotis lainnya seperti carbon fiber atau batu alam. Jujur saya belum pernah mencoba kedua pick ini, tetapi jika melihat bahannya, kedua material ini dipastikan sangat durable dan awet. 


Bikin Pick Sendiri 
Pick yang berkualitas bagus memiliki usia pakai yang lebih lama. Harganya bisa sekitar 2-3 kali lipat atau bahkan lebih mahal dari pick eceran biasa yang hanya berharga 3 ribu Rupiah. Tapi menggunakan pick murah pun tidak ada salahnya, hanya jadinya sering beli pick saja. 

Bila dalam keadaan darurat kita bisa membuat pick dari memotong kartu bekas ATM atau kartu perdana provider hehe. Tidak masalah,  yang penting masih bisa main. Untuk yang malas gunting2, tersedia produk yang bisa membuat pick dengan rapi dan presisi. Saya pernah melihatnya di jual di berbagai toko online. 

Segitu dulu artikel kali ini tentang berbagai jenis pick gitar. Beberapa hal yang harus kita ingat adalah bentuk tip, ketebalan pick, serta material pick cukup berpengaruh pada suara gitar. Pertimbangkan hal -hal di atas untuk mencari pick gitar yang sesuai dengan kita. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.
 

0 comments: