IBX5981FE7FCD958 Mengetahui Chord Transisi Dalam Sebuah Lagu!

Mengetahui Chord Transisi Dalam Sebuah Lagu!

Guitarsquartz.net- Chord transisi seringkali menjadi kesulitan gitaris pemula. Chord-chord tersebut bukan sekedar minor atau mayor biasa, karena berada di antara chord mayor atau minor yang biasa kita mainkan.

Dasar Chord Transisi
Misalnya begini. Sebuah lagu memiliki kunci dasar C mayor. Dalam kunci C mayor, maka ada chord C, D minor, E minor, F mayor dan seterusnya. Bagaimana jika sebuah lagu membutuhkan chord naik setengah dari C mayor ke C# lalu ke D minor. Apakah ada chord diantara C mayor dan D minor?

Terkadang ada chord yang digunakan sebagai transisi atau chord sebelum sampai ke nada target. Chord tersebut biasanya hanya dimainkan sebentar saja karena memiliki fungsi sebagai 'pengantar' menuju chord berikutnya. Di dalam artikel ini akan ditunjukkan beberapa chord transisi yang cukup sering digunakan.

Mari kita lihat harmoni chord berikut ini dalam kunci C mayor (Baca juga tentang Progresi Chord):


C - Dm - Em - F - G - Am - Bdim

Ini adalah chord yang digunakan dalam lagu manapun. Namun kadang sebuah lagu tidak hanya membutuhkan chord standar saja. Seperti misalya ketika sebuah lagu membutuhkan untuk naik dan turun setengah langkah. Mari kita lihat contohnya berikut ini.


Chord Transisi Naik Dan Turun Setengah
Misalnya kita buat sebuah progresi chord seperti ini (dalam nada dasar C) :

C - Dm - G - C


Kita bisa menambahkan transisi chord diminished 7 atau dim7 diantara chord C dan Dm, yaitu sebuah chord C#dim7, sehingga progresi chord kita menjadi seperti ini :

C - C#dim7 - Dm - G - C

Bentuk chordnya seperti ini :

https://www.oolimo.com/guitarchords/find

Kita bisa juga mencobanya dari kunci dasar lain, A misalnya :

A - Bm - E - A

lalu kita tambahkan chord transisi dim7 diantara A dan Bm, menjadi :


A - A#dim7 - Bm - E - A

https://www.oolimo.com/guitarchords/find


Jika kita perhatikan progresi chord di atas (A - A#dim7 - Bm - E - A) adalah progresi chord intro dari lagu My Secret Admirer-nya Mocca.

Bagaimana jika kita mengganti chord transisi tersebut (C#dim7 dan A#dim7) dengan kunci C# minor atau A#minor biasa? Silakan coba sendiri dan lihat chord transisi mana yang suaranya lebih pas.



Untuk chord dengan transisi turun setengah, bisa juga menggunakan chord diminished 7. Contohnya pada progresi chord berikut ini.

(kunci dasar A)
F#m - Fdim7 - Esus4 - D#m7(b5) - D - C#7

Selain chord dim7, ada juga chord m7(b5) yang digunakan sebelum ke chord D. Chord tersebut juga bisa saja diganti dengan chord dim7 biasa, namun menurut saya lebih cocok dengan chord m7(b5).

D#m7(b5)


Fdim7

 Kesimpulan
Berbagai chord transisi yang sudah kita pelajari adalah dim7 dan min7(b5). Di lain kesempatan akan kita bahas lagi berbagai chord yang berguna untuk sebagai transisi untuk naik dan turun setengah ke nada target. Jangan lupa untuk terus belajar dan mengasah kemampuan gitar serta nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.