Memahami Progresi Chord Pada Sebuah Lagu

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Progresi chord adalah pergerakan chord dalam sebuah lagu. Setiap lagu memiliki progresi chordnya masing-masing. Dengan memahami progresi chord kita akan memahami dan mengingat chord sebuah lagu dengan lebih baik.


Progresi Chord Dalam Sebuah Lagu
Chord berhubungan erat dengan melodi lagu. Chord memiliki pergerakan yang disebut dengan progresi chord. Progresi chord menjelaskan perpindahan dari satu chord ke chord lainnya. Menghafalkan chord adalah salah satu cara untuk belajar memainkan lagu, namun selain menghafalkan akan lebih bagus lagi jika kita juga mengerti cara kerja progresi chord.

Ada beberapa pola progresi chord yang bisa kita temukan di banyak musik dan lagu populer. Progresi chord ini mungkin bisa kita dengarkan muncul di beberapa lagu kesukaan kita.


Contoh Progresi Chord
Agar lebih dapat memahami progresi chord, mari kita coba lihat progresi chord lagu "Ada Yang Hilang" dari Ipang BIP, berikut ini.

Reff:
C                   G             F
Ada yang hilang dari perasaanku
         C                    G               F
Yang terlanjur sudah kuberikan padamu
    C                   G          F
Padahal aku tak berarti tanpamu
     Am          G        F
Berharap kau tetap disini
     Am          G            F  
Berharap dan berharap lagi


Lagu tersebut memiliki kunci dasar C mayor. C mayor memiliki harmoni chord sebagai berikut :

C     Dm     Em      F      G     Am      Bdim
I      IIm     IIIm    IV     V     VIm    VIIdim


Pada reff lagu "Ada Yang Hilang", kord yang digunakan adalah C, G, F, dan Am. Yaitu chord I, V, IV dan VIm. Sering juga disebut dengan progresi chord "I V VIm IV". Progresi chord ini sering digunakan pada banyak sekali lagu populer.


Contoh Progresi Chord Lainnya
Mari kita lihat progresi chord lagu Apologize dari One Republic berikut ini:

  Am                  F       C           G
that it's too late to apologize, it's too late
            Am                  F       C          G
I said it's too late to apologize, it's too late

   Am  F     C       G
whoaa ohhh...


Masih dalam kunci C mayor, bisa kita lihat lagu di atas menggunakan progresi chord VIm - IV - I - V yang juga banyak digunakan dalam lagu populer.  Dua progresi chord diatas sering ditemukan dalam lagu pop, rock, dan juga berbagai genre lainnya. Kedua progresi chord tersebut sering digunakan untuk melengkapi melodi lagu sederhana.


Tips Mencari Progresi Chord Dalam Sebuah Lagu
Kita bisa mencari sendiri progresi chord yang ada dalam sebuah lagu. Sering belajar mencari chord dalam sebuah lagu dapat memudahkan kita untuk mengulik sebuah lagu dan juga mempermudah kita untuk menghapalkan chord.

Tips mencari progresi chord sebuah lagu :
  • Mencari kunci dasarnya
  • Mengenali chord mayor dan minor
  • Mengetahui interval chord tersebut (I, IIm, dst)
  • Mencatat chord lagu
Dengan mengetahui progresi chord sebuah lagu akan memudahkan kita untuk mencari dan menghafalkan chord dari berbagai lagu. Di Guitarsquartz juga banyak chord lagu Barat dan Indonesia yang bisa kita temukan. Sampai di sini dulu artikel kita, nantikan terus berbagai artike menarik hanya di Guitarsquartz.

0 comments: