Perbedaan Kabel Gitar Biasa dan Kabel Gitar Berkualitas!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Kabel jack pasti selalu ada di dalam gigbag atau perlengkapan alat musik kita. Kabel berharga cukup murah dan dapat ditemukan di toko musik mana saja. Tapi pernahkah kita mencoba membandingkan kabel gitar biasa dan kabel gitar berkualitas?

Tidak Semua Kabel Sama
Pendapat 'semua kabel sama' tidak sepenuhnya akurat. Kabel memiliki perbedaan dalam kontruksi serta bahan tembaga yang digunakan, semuanya itu berpengaruh terhadap kualitas sound yang dihasilkan. Selain sound, noise juga bisa menjadi ukuran. Kabel yang bagus memiliki shielding yang dapat menolak gelombang radio yang berasal dari lingkungan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas sebuah kabel. Perhatikan spesifikasi ini saat membeli kabel gitar!
  • Kapasitansi (Capasitance)
 Kapasitansi berpengaruh pada kadar treble yang dihasilkan. Semakin besar kapasitansi, maka akan semakin berkurang respon treble gitar. Kabel yang bagus memiliki kapasitansi yang cukup rendah sehingga tidak mengganggu tone gitar.

Kabel yang panjang juga memiliki kapasitansi yang cukup besar, sehingga semakin panjang kabel maka akan semakin berkurang frekuensi high atau treblenya. Kabel yang bagus memiliki kapasitansi rendah sehingga efek kabel panjang dapat dikurangi.
  • Shielding
Sebuah kabel yang baik memiliki shielding tambahan, tidak hanya kabel positif dan ground saja. Shielding bagus terbuat dari jaket logam atau bahan konduktif lainna yang mengelilingi inti kabel.
  • Konektor
Konektor atau jack berkualitas diperlukan karena bagian ini yang paling sering terkena kontak dan rusak. Jack yang berkualitas memang cukup mahal namun memiliki daya tahan serta ketahanan yang sepadan. Jack berkualitas baik contohnya Neutrik atau Switchcraft. Tapi merk manapun bisa digunakan asal memiliki ketahanan dan konstruksi yang baik.

Manfaat Kabel Untuk Tone Gitar dan Bass
Pada penampilan live mungkin manfaat kabel berkualitas tidak akan langsung di rasakan. Tapi untuk recording kita bisa membandingkan kabel bagus secara langsung.  Kabel yang bagus akan memiliki frekuensi high yang lebih jelas serta keseluruhan sound yang lebih clean and clear.

Kabel Gitar VS Wireless
Pada artikel sebelumnya, telah dibahas kemajuan teknologi wireless instrumen yang sudah memanfaatkan teknologi digital. Wireless kini bisa dikatakan menyamai kabel dalam urusan tone dan kepraktisan.

Namun memang untuk sound yang vintage atau rock and roll dari tahun 60-70an, tidak yang dapat mengalahkan kabel. Walaupun tidak ada salahnya menggunakan wireless dalam sebuah band cover The Beatles!!

Intinya kita sesuaikan dengan kebutuhan, budget serta permainan kita. Kabel berkapasitansi besar bisa berguna untuk gitar atau instrumen yang frekuensi highnya terlalu nyaring. Sebaliknya kabel dengna kapasitansi rendah dapat membantu "mencerahkan" suara gitar atau instrumen yang terlalu 'mendem' atau sarat dengan frekuensi low.

Berbagai Merk Pembuat Kabel Gitar Berkualitas
Untuk yang memiliki harga masih bersahabat bisa mencoba buatan Planet Waves. Untuk yang mencari kabel gitar atau instrumen premium maka bisa mencoba buatan Mogami, Evidence Audio, dsb. Sekarang pembuat pickup atau perusahaan gitar pun sudah membuat kabelnya sendiri, seperti Ibanez, Fender, atau PRS.

Solderless Cable
Solderless cable atau kabel solderless berguna untuk membuat kabel jumper dalam jumlah banyak. Sesuai namanya, solderless berarti tidak membutuhkan timah solder untuk membuatnya. Kabel solderless dijual dalam bentuk kit, lengkap dengan wire stripper, konektor/jack, serta kabel khusus untuk solderless.

Walaupun tanpa solder, kabel-kabel ini rata-rata memiliki kualitas yang baik karena sudah dilengkapi dengan konektor yang bagus. Hampir semua pembuat kabel memiliki line produk kabel solderless.

Membuat Kabel Sendiri
Dengan sedikit skill solder, kita bisa membuat sendiri kabel untuk kebutuhan kita. Memang akan lebih murah membuat kabel sendiri dari bulk atau gulungan kabel. Untuk biaya awalnya memang cukup mahal untuk membeli bulk cable dan konektor dalam jumlah banyak, tapi cukup sepadan dengan hasil yang didapat. Dan siapa tahu juga bisa kita jual hehe.

Kesimpulan
Kabel yang bagus selain memiliki kapasitansi rendah juga memiliki konstruksi yang baik untuk penggunaan dalam waktu lama. Jika budget kita sekarang tidak dapat membeli kabel berkualitas, maka sebaiknya sediakan satu kabel saja untuk kebutuhan recording, karena saat itulah kabel yang bagus dan tidak baru ketahuan.

0 comments: