IBX5981FE7FCD958 Mengenal Wireless Digital Untuk Gitar

Mengenal Wireless Digital Untuk Gitar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Teknologi wireless transmitter untuk gitar semakin berkembang. Kini tidak perlu takut lagi tone menghilang atau tidak sama karena menggunakan wireless gitar. Mari kita belajar sejenak tentang wireless gitar.
Sekarang adalah saat yang tepat untuk mencoba wireless!

Wireless Gitar Pertama
Wireless gitar awalnya menggunakan teknologi analog, dengan memanfaatkan gelombang radio UHF. Namun sinyal gitar harus melewati proses yang disebut "companding" agar bisa disalurkan lewat gelombang radio.

Pada wireless biasa, proses "companding" yang kurang sempurna dapat membuat suara gitar berkurang kualitasnya. Sedangkan pada wireless yang lebih bagus, suara gitar bisa terdengar lebih alami.
Contoh wireless buatan Samson


Kekurangan wireless analog adalah interferensi atau gangguan yang bisa terjadi antara dua perangkat dengan frekuensi sama, serta berkurangnya kualitas suara gitar. Namun pada wireless analog dengan kualitas yang lebh bagus dua hal di atas dapat dikurangi.


Wireless Digital
Wireless digital mengubah sinyal analog gitar menjadi digital, kemudian dirubah kembali ke sinyal analog (A/D D/A) dalam suatu proses yang sangat cepat. Karena ada konversi dari analog-digital ke digital analog, maka ada latency (keterlambatan) sinyal beberapa milidetik. Namun wireless digital modern memiliki latency yang sangat kecil, jika adapun tidak dapat di rasakan telinga manusia.
Contoh wireless digital buatan Line 6

Wireless digital juga bekerja pada frekuensi WIFI, yaitu 2,4 GHz. Jauh di atas gelombang radio, televisi, dan peralatan elektronik lainnya. Lalu jika berada di gelombang WIFI, apakah dapat mengalami interferensi dari router atau perangkat wireless lainnya?

Jawabannya ya, namun dengan kecanggihan teknologi wireless digital, dapat berganti frekuensi secara otomatis bila mendeteksi adanya interferensi atau gangguan.


Beberapa Brand Wireless Digital
Perusahan mikrofon serta audio ternama saat ini sudah meluncurkan berbagai wireless digital, mengikuti tren saat ini. Perusahaan efek dan aksesoris gitar seperti Joyo, Nux, dan juga Boss pun membuat wireless digital sendiri. Ada banyak pilihan tergantung dari kebutuhan dan budget kita. Di bawah ini adalah beberapa perusahan ternama yang membuat wireless digital untuk gitar.

Wireless terbaru Joyo, menggunakan frekuensi 5,8 GHz!


Shure GLX D memiliki receiver berbentuk stompbox dan sudah dilengkapi tuner!





Shure (GLX-D)
Joyo (JW-02)
Nux (B-2)
Xvive (U2)
Boss (WL Series)
Line 6 (Relay)
Sennheiser (Evolution D1, Digital 6000, Digital 9000)
Audio Technica (System 10 Stopmbox)


Kekurangan Wireless Digital Untuk Gitar
Dari tadi kita membicarakan berbagai kelebihan wireless digital, maka tidak lupa kita membahas juga kekurangannya.

Wireless digital memiliki respons frekuensi yang flat (20-20kHz). Untuk kita yang terbiasa menggunakan kabel, maka bisa jadi suara dari wireless sedikit berbeda, sehingga mungkin perlu mengatur ulang EQ atau settingan efek. Karena itu Boss dan Line 6 menambahkan teknologi simulasi kabel gitar atau "cable tone" untuk respon suara gitar-amplifier yang lebih familiar.


Boss WL 20 dilengkapi simulasi sound kabel

Wireless digital dapat berpindah frekuensi dengan cepat secara otomatis bila ada gangguan, namun bila kita berada di wilayah yang memiliki banyak pemancar WIFI atau peralatan wireless lainnya yang beroperasi pada frekuensi WIFI (2,4GHz), maka gangguan bisa saja terjadi. Biasanya ini terjadi pada wireless digital entry level. Wireless digital yang kelasnya lebih tinggi tidak mengalami gangguan frekuensi.

Beberapa wireless digital memiliki baterai internal. Karena itu harus selalu dipastikan dalam keadaan terisi penuh. Tidak seperti wireless yang menggunakan baterai yang dapat diganti seketika habis. Tapi tidak perlu khawatir karena baterai internal wireless digital dapat bertahan selama beberapa jam.


Kesimpulan
Teknologi wireless gitar sudah berkembang pesat. Kini tidak perlu takut lagi jika kita ingin memiliki wireless transmitter untuk gitar, karena teknologi digital dapat membuat gitar kita bersuara sebagus menggunakan kabel. Memang tidak ada yang bisa menggantikan indahnya suara gitar menggunakan kabel. Tapi dengan semakin canggihnya teknologi, bukan tidak mungkin wireless akan menjadi kebutuhan bagi para musisi untuk tampil live, selain karena kepraktisannya juga karena kualitas suaranya.



0 comments: