Manfaat Dan Tips 'Ngulik Lagu Tanpa Aplikasi Atau Software!!!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- 'Ngulik' bisa diartikan sebagai proses mempelajari sebuah part bass, gitar, atau instrumen musik lainnya dalam sebuah lagu. Ngulik banyak lagu adalah salah satu cara untuk belajar alat musik yang efektif.

Saat ini ada sangat banyak aplikasi dan software yang memudahkan kita untuk mengulik lagu. Aplikasi atau software tersebut bisa memperlambat lagu, mengubah nada dasar atau menunjukan posisi fret atau juga menambah efek.

Namun dengan segala kemudahan yang ditawarkan teknologi saat ini, banyak manfaat yang didapat dari ngulik lagu secara tradisional, tanpa menggunakan aplikasi atau software apapun. Hanya bass atau gitar, dengan amplifier dan lagu yang dimainkan lewat speaker. Manfaat ngulik lagu tanpa software atau aplikasi adalah......

1. Melatih Pendengaran
Mengulik lagu mengharuskan kita mencari serta menemukan not, kord dengan tepat. Bila kita belum mendapatkan not atau kord yang tepat tersebut, maka kita harus mengulangi lagu. Cara ini akan sangat bermanfaat untuk melatih pendengaran kita dan terbiasa untuk mendengar nada yang tepat.

2. Melatih Penguasaan Fingerboard
Dengan ngulik maka kita harus hafal nada yang ada pada satu area fretboard, terutama pada lagu yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Kita akan sedikit 'dipaksa' untuk mengetahui not apa saja pada fretboard pada lagu yang sedang berusaha kita ulik.

3. Memperbanyak Repertoire
Repertoire atau koleksi lagu-lagu yang dikuasai harus kita miliki sebanyak mungkin. Semakin banyak ngulik lagu maka akan semakin banyak juga lagu yang kita ketahui, dan akan sangat membantu berkomunikasi dengan teman-teman musisi serta memperluas perbendaharaan teknik.


Ngulik lagu tanpa bantuan software atau aplikasi apapun memang cukup menantang, terutama untuk kita yang terbiasa mengulik lagu dengan software seperti Guitar Pro atau software lain yang memperlihatkan nada di freboard. Namun seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak juga manfaat yang kita dapat dari ngulik gitar atau bass secara 'tradisonal'.

Bila kita ingin menambah sedikit tantangan pada latihan kita, maka kita bisa mencoba mengulik lagu dengan hanya mengandalkan pendengaran serta pemahaman fretboard kita. Berikut tips-tips singkat ngulik lagu untuk Anda yang baru mulai belajar ngulik lagu.

1. Sediakan Tuner
Pastikan gitar atau bass kita sudah setem, dengan menggunakan tuner. Ada sangat banyak jenis tuner di luar sana, namun saya merekomendasikan tuner buatan Korg atau Planet Waves.

2, Pisahkan Lagu Menjadi Beberapa Bagian
Sebuah lagu terdiri dari beberapa bagian, misalnya bait, reff, coda dll.  Pemisahan ini berguna untuk mencari bila ada part tertentu yang membutuhkan latihan ekstra, alias part yang sulit. Dan bisa juga dibagi menurut tingkat kesulitannya.

3. Mulai Dari Part Yang Mudah Dulu
Carilah part bass atau gitar yang mudah dulu agar tidak cepat bosan. Kemudian setelah semua part daam lagu kita kuasai, maka kita bisa beralih untuk mempelajari part yang lebih sulit.

4. Tambah Referensi Lagu Secara Berkala
Tentunya jika sudah beres mengulik sebuah lagu, maka kita juga harus mencari lagu lain yang belum pernah diulik sebelumnya agar semakin banyak repertoire yang kita miliki. Dan juga bisa dari genre apa saja, asal kita suka.

Demikianlah artikel tentang tips dan manfaat mengulik lagu tanpa software dan aplikasi. Nantikan juga berbagai atikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.




0 comments: