Tips Menghafalkan Dan Mempelajari Fretboard Gitar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Menghafalkan fretboard gitar tampaknya merupakan hal yang cukup sulit. Lihat saja gambar di bawah ini, ada begitu banyak not yang harus kita hafal dalam satu fretboard. Lalu bagaimana caranya pada master gitar mampu memainkan not yang banyak tersebut?


Menghafalkan fretboard satu-persatu merupakan hal yang tidak praktis serta kurang efisien. Bermain gitar mengajarkan kita untuk berpikir secara sistematis untuk memecahkan masalah.

Anggap sebuah fretboard adalah puzzle yang bisa kita pecah menjadi beberapa bagian. Bila kita sudah menguasa bagian-bagian tersebut, maka kita bisa mempelajari dan menghafal fretboard gitar. Mengapa harus hafal? Karena bila kita menguasai fretboard, maka akan semakin mudah mempelajari teori musik serta mengulik lagu.

Tips-tips berikut ini akan memudahkan kita dalam mempelajari dan menghafalkan fretboard gitar.

1. Cukup Sampai Fret 12 Saja
Sama dengan tips untuk menghafalkan fretboard untuk bass, kita hanya perlu menghafalkan not sampai fret 12 saja, karena mulai fret 13 sampai 24 not nya sama dengan not dari fret 1 sampai 12. Tapi bukan berarti tidak mempelajari sampai fret terakhir, seluruh bagian fretboard harus kita hafalkan di luar kepala.




2.Menghafalkan Not Natural
Not natural artinya not tanpa tanda kres atau mol, atau tangga nada mayor, C D E F G A B C'. Seperti yang ada di gambar di bawah ini.

 Setelah kita menghilangkan seluruh tanda kres, fretboard jadi lebih mudah untuk dibaca. Cara termudah untuk menghafalkan seluruh not natural ini, adalah dengan membaginya menjadi beberapa bagian, misalnya minggu pertama kita menghafal not natural yang ada di fret 1 sampai 3, kemudian minggu berikutnya kita menghafalkan bagian fret yang lainnya. Contohnya bisa dilihat di gambar berikut. 

Not natural pada fret 1-3


 
Not natural pada fret 3-5


3. Pelajari Not Natural Pada Satu Senar
 Selain menghafalkan not secara bagian per bagian, kita juga bisa menghafalkan not natural pada satu senar. Metode ini untuk beberapa orang jauh lebih cepat dan efektif daripada metode di poin 2. Contohnya seperti ini. 

 Seluruh not natural kita abaikan dulu, kecuali yang ada di senar 6. Hafalkan posisi fret dengan not natural tersebut, F pada fret 1, G pada fret 3, dan seterusnya. Hafalkan sampai kita bisa mengingatnya diluar kepala. Jangan berpindah senar dulu sebelum kita hafal not natural yang ada di senar 6. 

Setelah kita hafal not natural di senar 6, kita bisa berpindah ke senar berikutnya. 
 Sama seperti senar 6, di senar 5 ini kita cukup menghafal not B, C, D, E, F, G, dan A saja. Tidak terlalu sulit bukan? Latihan ini kita lanjutkan di senar lainnya hingga senar 1 atau senar 'E' tinggi.


Mungkin Anda bertanya, mengapa hanya menghafal not natural saja? Karena not kres /mol dapat kita temukan dengan mudah bila sudah hafal not naturalnya.  

4. Gunakan Fret Marker
Fret marker atau penanda fret digunakan sebagai tanda agar mudah mencari fret. Namun selain sebagai penanda fret, bisa kita gunakan juga sebagai alat untuk menghafal not pada fretboard gitar. Perhatikan gambar di bawah ini. 
 Fret marker biasanya ada di fret 1, 3, 5,7, 9, 12 (juga fret 15, 17, 19, 21 dan 24). Hafalkanlah not-not apa saja yang berada di fret marker tersebut. Sama seperti poin no 3, sebaiknya kita menghafalkannya satu senar dulu sebelum lanjut ke senar berikutnya.

Cara ini mungkin tidak se-sistematis dua cara sebelumnya, tapi tetap layak dicoba sebagai tambahan untuk membantu kita menghafalkan seluruh fretboard gitar.  


Semoga tips-tips praktis in i dapat membantu kita dalam menguasai fretboard gitar. Segitu dulu artikel kali ini, nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.

0 comments: