IBX5981FE7FCD958 Hubungan Antara Kord dan Tangga Nada

Hubungan Antara Kord dan Tangga Nada

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Belajar teori musik memang menyenangkan, hehehe.... Tampaknya teori musik membosankan dan cukup menantang untuk dipelajari. Padahal sebenarnya sangat membantu dalam kemajuan permainan musik kita. 

Salah satu teori yang menarik untuk dipelajari adalah hubungan antar kord dan tangga nada. Teori ini akan sangat mempermudah kita dalam mencari kunci dalam sebuah lagu. Seperti yang kita tahu, kord berasal dari sebuah tangga nada. Dengan kita mengetahui tangga nada, maka kita bisa mengetahui nada-nada pembentuk kord.  Sebelum Anda membaca artikel ini, sebaiknya cek dulu artikel terdahulu tentang tangga nada.

Mengetahui Nada Pembentuk Kord Mayor
Contohnya seperti ini:
Kita ambil tangga nada C mayor, terdiri dari nada : C D E F G A B C’ D’ E’ F’ dan seterusnya. Tanda (‘) menunjukkan oktaf yang lebih tinggi.
 Kord dibentuk dari nada pertama, ketiga, dan kelima. Kita coba mencari nada pembentuk kord C mayor. Jadi kord C mayor terdiri dari C, E, dan G.

Mengetahui Nada Pembentuk Tangga Nada Minor
Kita coba dengan tangga nada A minor, yang berisi nada : A B C D E F G A’ B’ C’ D’..... dan seterusnya. Tanda (‘) menunjukkan oktaf yang lebih tinggi.
Sama seperti tadi, kita gunakan nada 1,3 dan 5 untuk membentuk kord A minor. Kord A minor terdiri dari nada A, C, dan E.

Tentunya didalam kunci C mayor kuncinya tidak hanya C mayor saja, ada D minor, E minor dan seterusnya. Begitu juga dengan A minor. Ada B dim, G mayor dan seterusnya. Lalu bagaimana cara membuat kord-kord lainnya ?

Tadi kita sudah membuat kord C mayor dan A minor. Masing-masing dari tangga nada C mayor : C D E F G A B C’ D’......  dan tangga nada A minor : AB C D E F G A’ B’....  Cara kita mengetahui nada pembentuk kord lainnya adalah seperti ini, saya mencoba menjelaskan sesederhana mungkin. 

Kord D minor terdiri dari nada D, F, dan A. Darimana nada tersebut datangnya? Nada tersebut didapat dari masih dari tangga nada C mayor, namun dimulai dari nada D; jadi D E F G A B C D’. Seperti kord C mayor dan A minor tadi, kita ambil nada pertama, ketiga dan kelima. Jadi kord D minor berisi nada D, F dan A. 

Biar tidak bingung, mari kita liat diagram di bawah ini hehe. Oya, tanda (‘) menunjukkan oktaf yang lebih tinggi, tanda tersebut bukan tanda #.




Semua kord di atas nadanya diambil dari tangga nada C mayor. Tidak percaya? Silakan lihat diagram di bawah ini.


Nada yang diberi tanda merah adalah nada pembentuk kord, yaitu nada ke 1, 3, dan 5.


Sekarang mari kita lihat kord-kord dari tangga nada A minor.



Jika kita perhatikan dengan seksama, maka kord serta tangga nada C mayor dan A minor memiliki nada yang SAMA PERSIS.



Hal yang sama juga bisa kita terapkan untuk tangga nada mayor dan minor lainnya. Seperti G mayor dan E minor, atau E mayor dan C# minor. Selamat mencoba dan selamat belajar. 

Cukup menarik bukan, atau malah pusing, hehehe. Jangan kuatir, beberapa artikel berikutnya akan membahas berbagai macam jenis kord dan tangga nada yang dijamin bakal lebih pusing dari artikel ini!! hehehehe just kidding...

Mungkin butuh lebih dari sekali baca untuk memahami hubungan antara kord dan tangga nada pada artikel ini, namun sangat bermanfaat bagi pemahaman ilmu musik kita. Dan juga tentunya banyak manfaatnya, seperti yang saya rasakan selama ini.

Sampai jumpa di artikel berikutnya , masih banyak artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.


0 komentar: