Beberapa Efek Gitar Yang Oke Dengan Harga Terjangkau

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Bulan baru, gaji baru, efek baru juga hehehe. Tapi seberapa sering kita melihat Instagram atau Youtube dan melihat rig para gitaris yang heboh dan super waw? Gear yang mereka pakai kadang ada yang custom dan serba mahal.


Tapi jangan kuatir, ingin sound yang garang tidak selalu berhubungan dengan harga mahal. Ada juga efek berharga murah yang soundnya cukup oke dan sesuai dengan budget kita. Setelah hunting efek diberbagai toko online, forum jual beli dan Facebook, maka saya mengumpulkan efek dari berbagai merek dan memiliki sound yang oke.

Dibawah ini adalah beberapa efek gitar dengan suara yang oke, namun dengan harga yang cukup bersahabat. Dan efek-efek dibawah ini juga bisa kita temukan dengan mudah di berbagai toko online yang ada di Indonesia. Mari kita lihat.

1. Mooer

 Mooer adalah pembuat efek, mulai dari digital hingga analog yang berasal dari China. Spesialisasi Mooer adalah membuat efek berukuran mini, yaitu sebesar kotak Hammond 1590a. Awalnya mereka dikenal dengan efek analognya, namun kini Mooer juga sudah mulai mencoba ranah efek digital.
Kelebihan Mooer adalah membuat desain yang up to date serta berhasil mengendorse beberapa musisi terkenal . 
Tapi tentu saja mereka juga memiliki berbagai produk yang menarik. Salah satunya adalah seri Micro Preamps, dimana kita bisa memilih berbagai karakter ampli gitar.
Mooer berharga cukup murah, mulai dari 600 ribuan hingga 2 juta Rupiah. Namun jika tekun mencari maka kita bisa menemukan yang bekas dari mulai harga 300 ribuan.

2. Joyo

Joyo dikenal sebagai kompetitor Mooer untuk urusan efek. Tapi selain efek, Joyo juga membuat berbagai macam aksesoris alat musik. Efek-efek yang mereka buat cukup oke, dan berada di rentang harga yang serupa dengan Mooer.

Mereka memiliki line up efek yang bernama Iron Man. Bentuk efek-efek Iron Man bahkan lebih kecil daripada Mooer dan memiliki kualitas suara yang sangat sebanding dengan harganya. Sama dengan Mooer, efek Joyo yang baru berkisar antara 500-1 juta Rupiah. Untuk yang bekas sekitar 300-600 ribuan.

3.Valeton

Valeton merupakan pemain yang masih baru di dunia perefekan, namun produk mereka cukup bagus. Valeton mirip dengan Joyo, dimana mereka juga membuat berbagai macam aksesoris musik yang menarik. Namun yang membuat mereka cukup terkenal adalah seri Dapper, yang desainnya sedikit mirip dengan Tech 21 Flyrig, tapi tentu dengan harga yang cukup terjangkau. Dapper merupakan efek dengan bentuk strip, berisi berbagai efek namun dalam casing yang cukup kecil. Ada untuk gitar, bass dan akustik. 

Dapper berharga sekitar 2,5 juta Rupiah, dan sejauh ini belum ada yang second-nya. Mahal? Coba bandingkan dengan Tech 21 Fly Rig yang berharga mulai 4 jutaan....

4.Hotone

Hotone juga tergolong masih baru, namun saat ini mereka lebih fokus pada efek dan simulasi amplifier digital. Hotone pertama kali dikenal lewat seri Skyline, dengan bentuk efek yang kurang lebih sama dengan Joyo Ironman. Efeknya bermacam-macam, dari mulai distorsi hingga looper dan tuner. 

Mereka memiliki produk andalan bernama XTOMP, dimana kita bisa menyimpan ratusan model amplifier dan efek dalam smartphone. Selain XTOMP, mereka juga memiliki rangkaian efek analog juga. Hotone cukup jarang ditemukan di Indonesia, tapi Hotone adalah efek dengan desain yang cukup menarik dan harga yang masih terjangkau. Harga Hotone berkisar antara 600 hingga 1 jutaan.


5. Kokko

Kokko mungkin adalah efek termurah dari semua efek yang ada disini. Dengan desain yang minimalis, namun banyak juga review yang mengatakan jika efek ini cukup bagus karena sudah bercasing logam dan suara yang tidak kalah dengan efek buatan Jepang. Di beberapa toko online kita bisa mendapatkan Kokko mulai dari 300 ribu Rupiah saja. Efeknya juga cukup lengkap mulai dari overdrive hingga delay dan looper. Untuk looper harganya memang agak mahal yaitu satu jutaan.

Demikian sharing kali ini seputar berbagai efek berharga murah, semoga dapat menambah ramai pedalboard kita hehehe. Jangan lupa simak berbagai artikel menarik lainnya tentang efek gitar, sampai jumpa di lain kesempatan. Ciao.



0 comments: