IBX5981FE7FCD958 Jenis-Jenis Direct Box Dan Kenapa Kita Harus Menggunakannya

Jenis-Jenis Direct Box Dan Kenapa Kita Harus Menggunakannya

Leave a Comment
Guitarsquartz.net – Satu lagi alat penting yang berguna untuk untuk keperluan live atau manggung. Alat ini sering ditemukan pada peralatan sound system PA. Sebenarnya apa fungsi direct box dan apa kelebihan menggunakan direct box?

Pengertian Direct Box
Direct box digunakan untuk mengubah sinyal instrumen biasa menjadi mic level. Tujuannya agar bisa langsung ke mixer sound. Karena jika mencolokkan instrumen pasif seperti gitar atau bass langsung ke mixer maka suaranya bisa dipastikan akan lemah dan tidak memiliki level (kekerasan) yang cukup. Dengan menggunakan direct box maka instrumen pasif kita jadi memiliki level yang cukup sehingga bisa mengeluarkan suara yang cukup kencang ke sound system.

Perbedaan dengan Cabinet Simulator? Kan sama sama masuk mixer...
Jika kita melihat artikel sebelumnya tentang  Cabinet Simulator Dan Fungsinya Untuk Live Serta Recording, maka ada kesamaan dengan direct box dimana instrumen kita jadi bisa dicolok langsung ke mixer. Namun ada perbedaan besar antara direct box dan cabinet simulator. Yaitu, direct box TIDAK memiliki simulasi speaker didalamnya.

Memang ada direct box yang sudah dilengkapi dengan speaker simulator, namun TIDAK semua direct box memilikinya. Selain itu direct box biasanya hanya memiliki satu jenis output yaitu XLR out untuk ke mixer.


Bagaimana Suara Instrumen Musik Menggunakan Direct Box?
Karena tidak memiliki simulasi suara speaker, maka suara gitar langsung ke direct box lalu mixer terdengar ‘hambar’ dan ‘garing’. Karena itu penggunaan direct box lebih umum untuk gitar akustik dan bass, karena suara direct bass dan gitar akustik masih terdengar bagus. Gitar pada umumnya masih membutuhkan cabinet simulator atau amp simulator agar mendapatkan ‘tone’ atau warna suara musikal yang bagus.

Mengapa Harus Menggunakan Direct Box
Direct box digunakan untuk menangkap suara natural suatu instrumen tanpa pewarnaan atau ‘coloration’terhadap karakter asli suara instrumen. Contohnya gitar akustik atau biola akan bersuara lebih bagus jika menggunakan direct box.

Selain itu direct box juga diperlukan untuk men-drive atau mendorong sinyal instrumen agar tidak berkurang kualitasnya hingga ke mixer. Kita tahu bahwa kabel snake dari panggung ke mixer bisa sampai puluhan meter panjangnya, karena itu direct box dibutuhkan untuk memperkuat sinyal instrumen agar tidak berkurang atau berubah karakternya walau melewati kabel panjang.

Beberapa Jenis Direct Box
Jenis direct box sebenarnya hanya ada dua, yaitu aktif dan pasif. Direct box aktif digunakan untuk instrumen pasif atau yang tidak memiliki elektronik bertenaga baterai atau AC, misalnya gitar elektrik atau bass pasif, atau gitar dan instrumen akustik lainnya yang menggunakan pickup piezo. Direct box pasif digunakan untuk instrumen musik aktif, seperti bass aktif dengan EQ, gitar dengan pickup aktif, atau gitar akustik yang memiliki preamp.
Lalu bagaimana jika digunakan sebaliknya, gitar pasif dengan Direct Box aktif dan gitar aktif dengan direct box aktif? Untuk gitar pasif sebaiknya menggunakan direct box aktif untuk memperkuat sinyal, sedangkan gitar aktif tidak masalah menggunakan direct box aktif, meskipun disarankan menggunakan direct box pasif untuk suara yang lebih aman.

Dan Jenis-Jenis Direct Box Lainnya....
Amplifier bass pada umumnya sudah memiliki built in direct box atau lebih tepat disebut direct output untuk ke mixer. Sedangkan amplifier gitar jarang dilengkapi dengan direct output. Untuk amplifier gitar yang memiliki direct output biasanya sudah memiliki cabinet simulator didalamnya. See the difference now....??
Selain itu juga ada direct box yang disambungkan antara head amplifier dengan speaker cabinet. Tujuannya agar dapat menangkap suara cabinet gitar agar suaranya senatural mungkin. Cara ini adalah alternatif dari miking gitar yang cukup menyita waktu dan kepraktisan.

Merk Direct Box Terbaik Yang Bisa Anda Beli
Bila Anda mengutamakan kualitas suara serta ketahanan maka direct box terbaik adalah buatan Radial Engineering. Perusahaan asal Kanada ini juga membuat berbagai peralatan audio. Untuk direct box terjangkau yang masih memiliki kualitas yang bagus, berbagai direct box buatan Behringer bisa menjadi pilihan Anda.

Demikan artikel tentang jenis direct box, semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang fungsi dan manfaat direct box untuk sound live maupun recording. Bacalah berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz. Nantikan berbagai artikel menarik lainnya, see you later...


0 komentar: