IBX5981FE7FCD958 Jenis Teknik Vokal dalam Bernyanyi, beserta Materi dan Contohnya

Jenis Teknik Vokal dalam Bernyanyi, beserta Materi dan Contohnya

Leave a Comment


Guitarsquartz.net-Teknik vokal dalam bernyanyi dapat diartikan sebagai serangkaian cara yang digunakan seseorang agar suara yang dihasilkan indah dan baik. Ketika orang sudah mampu memproduksi suara dengan baik dan efisien, otomatis merasakan bahwa penguasaan teknik vokal memiliki banyak manfaat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengolahan teknik vokal yang benar mampu menghasilkan suara yang berkualitas dan membantu menjaga anatomi tubuh seseorang menjadi lebih prima dan stabil. 

5 Teknik Vokal dalam Bernyanyi yang Baik untuk Penyanyi Pemula 

Organ tubuh yang berkaitan langsung dengan pembentukan suara memang memerlukan latihan khusus agar dapat bernyanyi sebaik mungkin. Dalam dunia musik, latihan teknik vokal tersebut meliputi: 

Artikulasi (Ketepatan Pengejaan) 

Teknik artikulasi dasar berarti latihan ketepatan pengucapan bunyi yang meliputi cara melafalkan huruf-huruf vokal dan konsonan lebih gamblang, di mana saat melakukannya terdapat perubahan saluran di rongga udara. Latihan artikulasi dasar bertujuan agar amanat dalam suatu lagu dapat dipahami audience.

Teknik Intonasi

Pada dasarnya, latihan intonasi dasar merupakan kemampuan seorang penyanyi dalam menentukan ketepatan tinggi rendah suatu bunyi pada setiap nada. Hal ini berarti dalam setiap suku kata pada lirik sebuah lagu yang sedang dinyanyikan, seorang penyanyi harus mampu menghadirkan penekanan yang berbeda-beda. 

Resonansi

Kemampuan melatih fungsi rongga-rongga udara yang ikut bergetar di area sekitar mulut dan tenggorokan merupakan bagian dari teknik dasar resonansi. Hal ini bertujuan untuk memperindah suara dan membuat pita suara menjadi lebih indah dan nyaring. 

Teknik vokal dalam bernyanyi pada latihan dasar ini penting dilakukan mengingat pita suara hanya mampu menghasilkan suara berukuran 1,5 hingga 2 cm. Manusia memiliki 4 rongga resonansi, yakni:
  • Resonan atas (nasal cavities/ langit langit-keras) yakni seluruh rongga di atas mulut dan tenggorokan pada kepala manusia. 
  • Resonan tengah terdapat pada mulut dan bagian belakang mulut (faring).
    Dada pada resonan bawah. 
  • Terakhir adalah resonan yang bentuknya tidak bisa diubah alias permanen dimana resonan tersebut terbentuk di rongga dahi, 
  • rongga tulang baji, rongga tulang saringan, dan rongga rahang.
    Teknik Pernapasan 

Teknik vokal dalam bernyanyi selanjutnya adalah latihan dasar teknik pernapasan yang merupakan indikator penting serta memerlukan latihan secara rutin dan konsisten. Paru-paru memerlukan lebih banyak udara yang keluar masuk saat menyanyi.

Hal ini untuk menghindari nafas tersengal-sengal, membawakan sebuah lagu terputus-putus, atau terjeda. Dalam dunia musik, kita mengenal ada 3 jenis teknik pernapasan yang harus dikuasai dalam bernyanyi, yakni:

Pernapasan diafragma. Saat melakukan teknik ini, penyanyi akan mendapat supply udara lebih banyak sehingga membuat nafas lebih panjang dan kontol udara terasa semakin mudah. Teknik pernafasan diafragma paling sering dilakukan oleh penyanyi.

Pernapasan dada. Menyanyikan lagu-lagu bernada rendah tepat menggunakan teknik pernapasan dada karena napas yang diproduksi merupakan napas pendek. Teknik pernapasan ini adalah menghirup udara dan menempatkannya pada bagian atas paru-paru.

Pernapasan perut. Meskipun suara yang dihasilkan melalui pernapasan perut lebih keras, namun teknik pernapasan perut dirasa kurang tepat apabila dipakai saat menyanyi. Paru-paru dipaksa bekerja lebih ekstra karena udara yang dihirup dimasukkan dan ditahan dalam rongga perut hingga mengembang lebih besar sehingga terjadi pemborosan udara. Hal ini menyebabkan penyanyi mudah kehabisan napas. 

Teknik Pembawaan

Penyanyi mumpuni adalah orang yang memiliki teknik vokal dan mampu menghantarkan sebuah lagu dengan baik. Jadi, dengan sikap pembawaan yang baik diharapkan dapat mengundang respon dari para audiencenya.

Apa yang hendak disampaikan dalam lirik sebuah lagu benar-benar dapat mempengaruhi penonton. Beberapa faktor yang mempengaruhi pembawaan lagu adalah tema, tempo, gaya menyanyi, amanat, irama, dinamik, dan ekspresi. Jika semua faktor tersebut dapat dikuasai seorang penyanyi otomatis akan tercipta bonding yang kuat dengan penikmatnya.

Mempelajari teknik vokal dalam bernyanyi sebaiknya dilakukan secara rutin dan konsisten agar benar-benar mampu membawakan sebuah lagu dengan baik. Ada baiknya menggunakan jasa ahli musik guna melatih skill vokal Anda.




0 comments: