IBX5981FE7FCD958 Jenis-Jenis Genre Musik dan Daftar Musisi Terkenalnya

Jenis-Jenis Genre Musik dan Daftar Musisi Terkenalnya

Leave a Comment

Guitarsquartz.net-Musik menjadi hal yang menarik untuk didengarkan maupun dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Hidup akan lebih berwarna dengan mendengarkan dan menikmati musik. Siapa saja pasti penasaran dengan jenis-jenis genre musik dan daftar musisi terkenalnya. 

Jenis-Jenis Genre Musik, Berikut Musisi Terkenalnya

Musik dapat melambangan suasana hati seseorang, entah sedang sedih maupun senang akan lebih terhibur dengan mendengarkan musik sesuai dengan isi hati. Musik menjadi salah satu bagian dari diri manusia yang sulit dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika bangun, bekerja, aktivitas di kamar mandi, nada dering ponsel, atau yang lainnya pasti tidak terlepas dari penggunaan musik. Nah, di dalam musik banyak jenis-jenis genre dan terdapat daftar musisi terkenalnya.

Musik Jazz

Jazz merupakan salah satu jenis-jenis genre musik kombinasi dari aliran blues, ragtime, dan musik eropa. Dalam genre musik jazz terdapat beberapa sub genre seperti cool jazz, swing, free jazz, smooth jazz, hard bop, dan bebop.

Sementara untuk musisi jazz ternama di Indonesia antara lain Barry Likumahuwa, Embong Rahardjo, dan Benny Likumahuwa. Genre musik ini biasanya menggunakan alat musik berupa terompet, trombon, piano, gitar, dan saksofon.

Musik Klasik

Musik klasik menjadi genre yang indah dan bisa dinikmati oleh seluruh kalangan di semua zaman. Pada mulanya musik klasik berasal dari Eropa dan biasanya terdapat pembagian musik klasik berdasarkan periode tertentu.

Pembagian tersebut dimulai dari Medieval dan Renaissance, Baroque, Klasik, dan Romantis, serta Modern dan Kontemporer. Kemudian untuk jenis-jenis genre musik seperti jazz ini terdapat daftar musisi terkenalnya, sebut saja Mozart, Johann Pachelbell, Chopin, dan Beethoven.

Musik Reggae

Salah satu aliran musik ini awal mulanya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an. Reggae menggunakan aksen sinkopasi atau off-beat untuk ciri khasnya, kemudian mengadopsi musik ritmis.

Umumnya jenis-jenis genre musik reggae memiliki tempo lambat dan musisi bergenre Reggae adalah Bob Marley, Jimmy Cliff, dan Mbah Surip. Sementara untuk band yang memakai genre ini yaitu Steven and Coconut Treez.

Musik Blues

Aliran musik blues berasal dari Amerika Serikat yang awalnya muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika yang ada di AS. Terbukti dengan pemakaian lirik lagu, penggunaan blue note, serta terdapat penerapan pola call and response. Musisi dan band ternama genre blues antara lain Slank, Gugun Blues Shelter, dan Titiek Puspa.

Musik Pop

Biasanya, jenis-jenis genre musik pop mempunyai nada dan lirik yang simple, bahkan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, banyak orang yang menyukainya karena mudah dicerna dan dinyanyikan.

Genre musik pop menjadi universal, pasalnya mampu diterima oleh khalyak secara baik. Beberapa daftar musisi yang masuk genre pop adalah Rizky Febian, Isyana Sarasvati, Afgan, Raisa, hingga Taylor Swift.


Musik Dangdut


Musik dangdut sangat familiar dan populer di Indonesia. Salah satu ciri khasnya menggunakan alat musik gendang atau tabla. Jenis musik yang satu ini berkaitan dengan musik Bollywood, pasalnya dangdut mendapat pengaruh musik India Klasik dan Bollywood.

Selain itu, dangdut juga merupakan kombinasi dari unsur Melayu, Hindustan, dan Arab. Artis Indonesia dengan julukan raja dangdut adalah Rhoma Irama. Sedangkan penyandang ratu dangdut adalah Elvy Sukaesih.

Jenis-jenis genre musik mempunyai corak dan ciri khas yang berbeda, bahkan diantaranya terdapat daftar musisi terkenalnya. Namun, pada dasarnya semua genre musik mempunyai kesamaan tujuan, yaitu sebagai media hiburan bagi para pendengarnya.







0 comments: