IBX5981FE7FCD958 Viral, Video Ratusan Gitar Gibson Firebird X Dihancurkan !!

Viral, Video Ratusan Gitar Gibson Firebird X Dihancurkan !!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Sebuah video yang diupload tanggal 30 Juli 2019 kemarin memperlihatkan ratusan gitar Gibson Firebird X yang dihancurkan oleh sebuah traktor. Apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa gitar-gitar tersebut harus dihancurkan?

Video ratusan gitar Firebird X yang sedang dihancurkan 


Asal Usul Video?

Setelah melakukan riset singkat, ternyata video tersebut di share oleh mantan karyawan Gibson (sudah dikonfirmasi), BJ Wilkes, di channel Youtube miliknya.


Video tersebut merupakan bagian dari penghancuran fasilitas Gibson di Memphis, karena sudah tidak digunakan lagi. Gitar-gitar tersebut dianggap sudah tidak layak jual atau digunakan oleh Gibson lalu akhirnya dihancurkan bersama dengan pabrik tersebut.

Sejarah Singkat Gibson Firebird X

Gibson Firebird X ini memang model lama yang sempar dikeluarkan Gibson tahun 2011. Pada tahun itu, Firebird X sangat inovatif karena memiliki berbagai efek onboard digital canggih dan bisa terkoneksi dengan komputer.
Gibson Firebird X Limited Edition


Tapi sayangnya gitar ini sama sekali tidak disukai oleh gitaris dan penggemar Gibson, sehingga setelah diluncurkan, Firebird X tidak lama kemudian dihentikan produksinya. Sebagai catatan, Firebird X memang dijual sebagai gitar edisi terbatas.

Padahal menurut berbagai Youtubers yang mereview Firebird X, gitar ini masih enak dimainkan dan memiliki playability yang bagus. Firebird X masih dapat ditemukan di berbagai marketplace online sebagai collectible item.


Mengapa Dihancurkan??

Hal ini membuat geram komunitas gitar internasional. Tentu saja semua orang menyayangkan mengapa gitar-gitar tersebut harus dihancurkan, padahal beberapa parts masih bisa digunakan.

Brad- The Guitologist seorang konten kreator gitar yang cukup terkenal,  berhasil mewawancarai BJ Wilkes untuk lebih mengetahui apa latar belakang penghancuran ratusan Gibson Firebird X tersebut.


Dalam wawancara tersebut BJ Wilkes menerangkan bahwa gitar tersebut dihancurkan sebagai bagian dari penghancuran pabrik lama Gibson di Memphis. Menurutnya seluruh gitar tersebut tidak di 're-purpose' atau di daur ulang karena banyaknya komponen elektronik di dalamnya dan membuat bodi gitar memiliki banyak rongga.

Hal ini membuatnya tidak lolos dari QC ketat Gibson. Sedangkan untuk berbagai komponen elektronik dan efek digital di dalamnya, menurut Wilkes semua sudah ketinggalan jaman dan masih menggunakan teknologi tahun 2011. Karena berbagai alasan itulah gitar-gitar Firebird X tersebut dihancurkan..

Ratusan gitar itu tampaknya adalah Firebird X yang tidak terjual dan tersimpan di gudang pabrik Gibson tersebut.

Siapa BJ Wilkes?

Sudah dikonfirmasi, bahwa ia adalah mantan karyawan Gibson di Memphis. Ia bekerja sebagai karyawan di sana dan juga ikut membantu proses demolition (penghancuran bangunan). BJ juga sempat memposting beberapa video demolition pabrik Gibson di channel Youtubenya.



Apa Yang Terjadi Dengan Pabrik Gibson di Memphis?

Lahan kosong yang dulunya pabrik gitar tersebut akan di beli oleh perusahaan ekspedisi pengantar barang. Seperti yang diceritakan di video Youtube ini.


Penghancuran pabrik ini juga tampaknya merupakan buah kebijakan baru manajemen Gibson, yang kini sedang menyusun ulang kembali manajemen perusahaan untuk meningkatkan kualitas gitar yang dibuatnya.

Sampai saat ini Gibson belum membuat pernyataan tentang video tersebut, dan Gibson juga tampaknua belum meminta BJ Wilkes untuk 'takedown' atau menghapus video tersebut dari channel Youtube nya.

Bagaimana menurut pembaca Guitarsquartz sekalian? Apakah setuju dengan yang dilakukan Gibson? Yang jelas komunitas gitar sangat geram dan kesal dengan video tersebut, walaupun memang sudah dijelaskan sebab nya di atas...

Nantikan terus berbagai berita menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!


0 comments: