IBX5981FE7FCD958 Penyebab Noise Pada Gitar Dan Bass Elektrik

Penyebab Noise Pada Gitar Dan Bass Elektrik

Leave a Comment
Guitarsquartz.net -  Gitar dan bass elektrik yang kita punya mungkin saja sudah bagus. Sound bagus, enak dimainkan, dan lain-lain. Tapi jika rawan mengalami noise, maka bisa mengurangi nilai gitar tersebut dan mengganggu kenikmatan bermain gitar.

Mengenali Penyebab Noise

Noise adalah gangguan suara karena gelombang elektromagnet yang ditangkap oleh sirkuit elektronik gitar. Gelombang elektromagnet ini dihasilkan oleh perangkat elektronik.

Dan yang seperti kita tahu, peralatan elektronik telah menjadi bagian kehidupan modern. Jadi noise bakal muncul di mana saja ada peralatan elektronik di dekat gitar elektrik.

Memang ada beberapa sumber utama noise pada gitar dan bass elektrik :


  • Amplifier 


  • Noise dari peralatan elektronik


  • Efek gitar


  • Efek gain (overdrive, distorsi)


  • Ground ruangan 

Noise yang kecil sebenarnya tidak akan berpengaruh, karena saat semua personil band memainkan alat musiknya, noise tersebut akan kalah dengan banyak nya suara instrumen. 

Masalah timbul jika noise lebih keras atau mendominasi daripada sound asli gitar. Kita tidak bisa menghilangkan noise seluruhnya, tapi ada cara untuk membantu mengurangi dan 'melawan' noise pada gitar. 

Mengatasi Dan Mengurangi Noise

Noise memang tidak bisa hilang 100% , karena pickup gitar sendiri dapat menangkap noise dari luar. Tapi noise tersebut dapat dikurangi dengan berbagai cara. 

Untuk Amplifier, kita harus memastikan ampli gitar atau bass dalam keadaan yang sehat dan tidak mengalami gangguan apapun. Contohnya, tidak ada noise dalam keadaan volume 0, tidak dengung berlebihan, dll. Speaker serta kabel speaker amplifier juga perlu dicek. 

Untuk masalah ground ruangan dan efek gitar, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan noise gate. 

Contoh noise gate


Noise gate adalah alat yang berfungsi untuk memotong suara gitar saat sedang tidak dimainkan. Noise gate bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko musik dan marketplace online. 

Kita juga bisa menggunakan power conditioner untuk menyaring noise dari sumber listrik. Power conditioner ini memang berukuran cukup besar, namun akan menjadi alat yang sangat berguna untuk rekaman, karena menjamin seluruh peralatan kita bebas noise. 

Contoh power conditioner, Furman M8Lx
Efek gitar seperti distorsi dan overdrive high gain memang menghasilkan noise yang cukup banyak, sangat wajar untuk efek semacam ini. Bisa juga diatasi dengan noise gate. 

Lalu bagaimana untuk noise yang berasal dari gitar? Kita bisa mengatasinya dengan 'shielding'. 


Shielding Pada Gitar Elektrik Untuk Mengurangi Noise

Shielding adalah proses untuk menutupi atau melapisi rongga pada gitar dengan material konduktif, seperti copper tape atau aluminium foil, atau shielding paint. Kemudian dari shielding tadi dihubungkan ke ground.

Cara ini cukup efektif untuk mengurangi noise secara cukup signifikan. Terutama pada gitar dengan pickup single coil yang rawan noise. 


Menggunakan Power Supply Efek Berkualitas

Power supply yang baik dapat membantu mengurangi noise berlebihan. Banyak brand power supply yang bisa kita gunakan, dengan rentang harga dari yang cukup terjangkau hingga cukup mahal.
Tentunya kita dapat mencoba dulu power supply pada efek sebelum kita menggunakannya, tapi mungkin tidak semua toko musik mengijinkannya.. 

Voodoo Lab, Strymon, CIOKS, Pedaltrain, adalah beberapa beberapa brand yang memiliki reputasi sebagai power supply berkualitas.  



Cara Lain Untuk Mengurangi Noise Pada Gitar Elektrik : Pickup Noiseless

Kita harus cek juga kondisi wiring gitar. Kabel ground yang putus atau solder yang kurang sempurna juga bisa menyebabkan terjadinya noise. Jika tidak yakin, memang sebaiknya menyerahkan urusan per-wiring-an gitar pada ahlinya. 

Cara lain yang untuk mengurangi noise adalah menggunakan pickup jenis noiseless atau humbucker. 

pickup single coil noiseless dari Fishman



Joe Barden Strat


Jenis pickup ini dirancang untuk mengurangi sebagian besar noise, terutama yang sering ditemukan pada gitar dengan pickup single coil. Perlu diingat, pickup dengan label noiseless masih memiliki sedikit noise, tapi tidak sekeras pickup single coil biasa. 


Noise Tidak Bisa Hilang 100%

Memang noise pada gitar tidak akan bisa hilang seluruhnya, karena gelombang elektromagnet masih bisa masuk ke dalam gitar lewat berbagai alat elektronik. Tapi dengan menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, dapat membantu kita mengurangi noise hingga minimal. 


Ok, sampai disini dulu artikel singkat kita, sampai jumpa lagi di berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!


0 comments: