IBX5981FE7FCD958 Menggabungkan Multiefek Bass Dengan Stompbox

Menggabungkan Multiefek Bass Dengan Stompbox

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Pemain bass memang dikenal lebih sederhana dan simpel untuk urusan efek dan aksesorisnya. Cukup pakai EQ atau direct box, kita sudah bisa tampil dengan lancar. Tapi kadang bassist perlu juga menambahkan satu atau dua efek sebagai 'bumbu' dalam permainan bass..

Tapi tidak semua pemain bass mau membawa pedalboard besar dengan banyak efek. Selain ribet dan juga cukup berat, juga beresiko saat terjadi masalah.

Multiefek bisa membantu mengurangi jumlah efek di pedalboard. Jadi tidak perlu membawa banyak efek, cukup hanya satu multiefek saja untuk beberapa efek.

Cukup Pakai Multiefek Saja?

Manggung dengan hanya membawa multiefek bass saja memang praktis. Tidak perlu memikirkan jika ada kabel jumper lepas atau efek yang mati, karena semua sudah ada di dalam unit multiefek yang ringkas.

Masalahnya, tidak semua multiefek punya sound yang bagus. Misalnya di dalam multiefek tersebut ada sound drive dan amp yang bagus, tapi modulasinya kurang...  Memang setiap tahun kualitas suara multiefek semakin bagus, tapi jarang multiefek yang memiliki suara efek yang bagus untuk setiap jenis efeknya.

Multiefek sejenis Headrush Gigboard kualitas suara efek diatas rata-rata. 

Pengecualian untuk multiefek dengan performa tinggi seperti Axe FX, Headrush atau Line 6 Helix. Semua multiefek tadi bisa saja menjadi satu-satunya alat yang kita bawa saat manggung, karena fasilitas dan fiturnya sudah lengkap..


Multiefek + Stompbox

Kita bisa juga menggabungkan multiefek bass dengan stompbox. Menggabungkan multiefek dan stompbox sering digunakan gitaris dan bassist untuk mendapat variasi sound yang kaya.

Dalam setup multiefek dan analog, umumnya sound seperti preamp, EQ dan overdrive/distorsi masih mengandalkan stompbox analog. Untuk efek tambahan seperti chorus, reverb, dan delay nya menggunakan multiefek.

Misalnya kita lihat setup pedalboard berikut ini :


B3K >> Bass Big Muff  >> Sansamp Bass Driver >> GT1B

Pada pedalboard di atas, untuk kebutuhan preamp dan EQ dipenuhi oleh Tech 21 VT Bass. Ada 2 sound drive, yaitu EHX Bass Big Muff dan Darkglass B3K. Ketiga efek analog tersebut bertindak sebagai sound utama bass.

Kemudian untuk modulasi, chorus, reverb, shimmer, delay dan efek-efek khusus lainnya menggunakan multiefek Boss GT1B. Hanya perlu satu unit efek saja. Bayangkan jika menggunakan stompbox, berapa banyak tempat yang dibutuhkan untuk menampung semuanya.

Tentu kita juga bisa menggunakan multiefek apapun, tidak harus yang mahal. Seperti yang ada di bawah ini.. :


Diawal ada bass overdrive dan fuzz. Lalu B1Xon nya bisa kita setting untuk berbagai efek tambahannya.


Perhatikan Level Atau Volume 

Jika menggabungkan multiefek digital dengan stompbox, maka kita harus benar-benar memperhatikan volume.  Multiefek digital bisa jadi memiliki output yang tinggi .

Jika tidak berhati-hati,saat menyalakan multiefek dengan stompbox bisa menimbulkan noise atau lonjakan volume yang terlalu besar. Kita bisa mengecek level dengan mengaktifkan beberapa kombinasi efek yang sering kita gunakan.

Ok, sampai disini dulu artikel singkat kita, sampai berjumpa lagi di Guitarsquarts.net !!!!


0 comments: