IBX5981FE7FCD958 Tips Upgrade Komponen Gitar Elektrik

Tips Upgrade Komponen Gitar Elektrik

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Upgrade komponen gitar adalah cara termudah untuk meningkatkan performa gitar elektrik kesayangan Anda. Berbagai komponen dan parts gitar aftermarket bisa cukup drastis memperbaiki suara, playability, dan tampilan gitar.
Image by Thomas B. from Pixabay

Upgrade Komponen?

Tapi jika komponen gitar yang sudah ada masih berfungsi, mengapa harus diganti? Tentu jawaban nya bermacam-macam, tapi yang paling sering menjadi jawabannya adalah untuk menghindari kebosanan dan membawa sesuatu yang fresh dalam permainan gitar kita.

Pickup adalah salah satu komponen yang paling sering diganti. Kini tidak sulit lagi mencari berbagai pickup, baik dari yang paling murah hingga yang impor. Mencoba berbagai karakter pickup juga adalah disenangi gitaris untuk menentukan pickup gitar mana yang terbaik untuk gitar mereka.

Jika pembaca merasa bosan berlatih atau bermain gitar, mungkin bisa mencoba mengganti pickup untuk mendapatkan sound yang baru dan fresh, pastinya akan membawa inspirasi dalam permainan gitar kita.

Tips Mengganti Dan Upgrade Komponen Gitar

Jika ingin upgrade sebaiknya tidak perlu sampai memodifikasi besar-besaran. Misalnya seperti menambahkan Floyd Rose atau tremolo, yang akan melubangin bodi gitar.

Jika dilakukan oleh luthier atau pengrajin gitar berpengalaman maka hasilnya pasti bagus, tapi tidak disarankan karena bisa mengubah nilai jual gitar dan tidak bisa dikembalikan ke kondisi semula.

Upgrade parts, komponen, dan aksesoris gitar cukup yang retrofit (sesuai dengan dudukan atau lubang sekrup) saja. Karena itu perhatikan jenis dan tipe komponen yang digunakan dari buku manual gitar Anda atau lihat spesifikasi lengkap dari website resmi pabrikan gitar tersebut.


Beberapa Komponen/Parts Gitar Yang Bisa Di Upgrade

Berikut ini adalah list dari beberapa komponen gitar yang bisa kita upgrade :

  • Bridge : Bridge bawaan gitar tidak selalu terbuat dari material berkualitas seperti stainless steel. Mengganti bridge gitar dengan material dan kualitas yang lebih bagus bisa meningkatkan tone gitar serta menjaga keawetan hardware. 
  • Tuner/tuning machine : Tuner atau tuning machine bawaan gitar seringkali bukan part yang berkualitas, AKA mudah berkarat, rusak, sulit diputar, dan masalah lainnya. Gantilah tuning machine standar dengan yang terbuat dari material ringan agar tidak memberatkan headstock. 
          Jika diperlukan bisa mengganti dengan yang tipe locking, khususnya untuk gitar dengan                      tremolo seperti Stratocaster. Locking tuner akan meningkatkan kestabilan tuning secara drastis.
  • Nut : Bagian yang sering terlupakan ini cukup penting karena merupakan tempat senar bertumpu selain saddle pada bridge gitar. Ada berbagai macam material nut yang bagus mulai dari tulang, graphite, hingga dari bahan fret gitar. 
          Untuk gitar yang menggunakan tremolo disarankan untuk menggunakan nut graphite karena                mengurangi gesekan senar yang bisa menyebabkan senar putus atau tuning fals. 

  • Pickup : Pickup tentunya menjadi parts atau komponen yang paling mudah untuk diganti. Ada sangat banyak pilihan pickup mulai dari aktif hingga pasif, yang berkarakter vintage hingga modern. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan kita, dan yang paling penting pickup tersebut sesuai dengan dudukan pickup pada gitar. 
  • Elektronik : Mengganti potensio dan perkabelan di dalam gitar bisa membawa dampak positif buat suara gitar. Jarang gitar pabrikan menggunakan berbagai komponen elektronik berkualitas kecuali untuk seri yang cukup tinggi. 
          Mengganti kabel, potensio, switch, dan berbagai komponen internal elektronik gitar                              memastikan elektronik gitar selalu berfungsi baik dalam jangka waktu lama. 

  • Fret : Fret sebenarnya memang harus rutin diratakan dan diganti bila sudah habis... kecuali kita menggunakan fret stainless steel. Fret stainless steel lebih tahan lama di bandingkan fret berbahan nickel silver karena lebih keras dan kuat. Memang biaya pemasangan fret stainless steel memang lebih mahal, tapi setara dengan hasilnya...
  • Output jack : Nah bagian ini juga sering luput dari perhatian, tapi pasti harus diganti dan diperbaiki, minimal di cek setiap 6 bulan sekali. Output jack terdiri dari beberapa bilah logam sebagai kontaknya, dan kadang bisa longgar. 
        Jika sudah lebih dari setahun maka sebaiknya diganti saja dengan yang baru, sekalian untuk                menghindari rusak di tengah manggung atau saat kritis lainnya. 




Ok sekian dulu tips untuk mengupgrade komponen yang pada gitar untuk meningkatkan performa dan kenyamanan bermain gitar elektrik. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!!




0 comments: