IBX5981FE7FCD958 Fungsi Switch Pada Gitar Dan Bass Elektrik

Fungsi Switch Pada Gitar Dan Bass Elektrik

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Gitar dan bass kadang memiliki switch yang terpasang di elektroniknya. Kadang ada banyak switch yang terpasang pada gitar dapat membingungkan pengguna gitar pemula. Mari kita lihat berbagai jenis switch yang terpasang pada gitar dan bass serta fungsinya!
Image by Klaus P. Rausch from Pixabay

Switch!

Dalam pengertikan komponen elektronik, switch adalah alat untuk memutuskan atau menyambung sebuah jalur rangkaian listrik.

Dalam elektronik gitar, switch memiliki berbagai fungsi dan kegunaan. Ada yang untuk mengubah humbucker menjadi single coil, atau mengaktifkan sirkuit elektronik, bypass elektronik aktif dan lainnya.

Fungsi switch yang paling umum adalah untuk mengaktifkan berbagai posisi pickup pada gitar.
contoh switch pickup pada Fender Strat
Selain untuk switching pickup, switch juga bisa digunakan untuk berbagai fungsi lainnya seperti :

Coil Split/Parallel
Fungsi ini khusus digunakan untuk pickup humbucker yang memiliki 4 kabel. Dengan switch khusus, kita bisa mendapatkan 3 variasi suara, seri (suara standar humbucker), paralel, dan coil split (single coil).

Bypass Tone Control/Preamp
Kita juga bisa mem-bypass atau mengeluarkan sirkuit tone control/preamp dari gitar atau bass untuk karakter suara natural gitar (dari pickup langsung ke output jack).

Kill Switch
Kill switch berfungsi untuk mematikan output suara gitar atau bass elektrik. Bisa digunakan untuk tuning atau juga efek staccato dengan kill switch (Tom Morello from RATM).

Mengaktifkan Sirkuit Efek Atau Preamp
Jika tahu Matt Bellamy dari Muse maka pasti kenal dengan gitar Manson nya. Pada gitur tersebut terdapat banyak sirkuit efek dan elektronik aktif lainnya yang Matt aktifkan melalui berbagai tombol dan switch.

Bisa juga untuk mengaktifkan preamp booster atau sirkuit elektronik tambahan, seperti contoh nya sirkuit piezo pada gitar PRS P24.
PRS P24

Jenis Switch Yang Sering Digunakan Pada Gitar Elektrik

Dari seluruh jenis switch,ada beberapa jenis switch paling sering digunakan untuk gitar dan bass elektrik.

  • DPDT switch : switch ini biasanya digunakan untuk variasi wiring coil split atau paralel. Untuk bass biasanya untuk bypass preamp aktif. Sering ditemukan dalam bentuk mini toggle atau push pull potensio.
  • SPST switch : bisa digunakan untuk coil split atau kill switch. 
  • Momentary Switch: switch jenis ini biasa digunakan sebagai kill switch
  • Blade switch 3 way atau 5 way : Jenis switch ini digunakan sebagai pickup selector pada Fender Strat atau Tele. 
  • DIP switch : jarang digunakan pada gitar, biasa nya ditemukan pada bagian dalam elektronik gitar sebagai variasi wiring tambahan. 
  • Rotary switch : Switch putar ini memiliki 3-5 posisi. Biasanya digunakan untuk variasi tone control, contohnya pada gitar BB King Lucille atau Aria Pro II CB.


Kira kira apa saja ya fungsi switch pada gitar di atas???

Jenis Switch Apakah Yang Ada Di Gitar/Bass Anda?

Cara paling gampang ya dengan melihat buku manual nya atau spesifikasi dari website resmi. Dari situ kita akan tahu fungsi dan jenis switch yang digunakan.

Tapi tidak semua pabrikan gitar memberi tahu jenis switch nya, kebanyakan hanya fungsi dari switch tersebut. Jika memang penasaran dengan switch yang digunakan, maka kita harus melihat bagian dalam elektronik gitar kita.

Ok, sampai disini dulu artikel singkat kita, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca Guitarsquartz sekalian. Nantikan terus berbagai artikel menarik seputar news musik, tips dan trik serta tutorial gitar, berbagai chord lagu terbaru, berbagai jenis aksesoris gitar, info event, dan masih banyak lagi hanya di Guitarsquartz.net !!





0 comments: