IBX5981FE7FCD958 6 Audio Interface Terbaik Untuk Gitaris

6 Audio Interface Terbaik Untuk Gitaris

Guitarsquartz.net - Rasanya hampir semua gitaris saat ini memiliki audio interface atau kita kenal juga dengan sound card. Ada banyak sekali audio interface di pasaran saat ini. Tapi beberapa di antaranya memang didesain khusus untuk instrumen seperti gitar.


Mengapa harus menggunakan audio interface didesain khusus untuk gitar? Karena instrumen seperti gitar elektrik (pasif) memiliki output yang kecil.

Beberapa audio interface tidak memiliki input khusus instrumen dengan elektronik pasif sehingga dibutuhkan semacam preamp sebelum mencolok langsung ke interface-nya. Karena itu disarankan menggunakan audio interface dengan pilihan input Hi-Z (high impedance atau instrument input).

Interface dengan input Hi-Z bisa memaksimalkan suara natural gitar atau instrumen lainnya. Kita bisa mendapatkan suara clean dasar bagus untuk kemudian ditambahkan berbagai efek di proses rekaman selanjutnya.

Selain itu ada beberapa interface yang sudah dilengkapi preamp untuk semakin menambah karakter pada suara gitar. Tentu hal ini tidak wajib, tapi bisa membuat track gitar terasa lebih 'hidup' jika diperlukan.

Ok, kita langsung saja lihat beberapa Audio Interface terbaik untuk Anda pemain gitar...

Focusrite Scarlett 2i2


Focusrite adalah salah satu audio interface termurah di list ini. Tapi jangan meragukan kemampuannya. Dengan mic preamp serta input Hi-Z berkualitas, rekaman dengan Scarlett tidak kalah hasilnya dengan interface berharga lebih mahal.

Scarlett menjamin rekaman dengan latency sangat rendah, berkat kemampuan sampling rate sampai 192kHz/24bit. Juga sudah dilengkapi bundle software gratis yang sangat berguna.

Untuk harga yang terhitung murah, Scarlett memberikan performa dan fasilitas yang sangat berguna untuk para gitaris.


UAD Arrow


Audio interface yang termasuk dalam golongan premium ini cocok untuk gitaris yang mengejar kualitas maksimal.

Universal Audio adalah nama yang tidak perlu diragukan lagi di dunia rekaman digital dan hardware. Arrow adalah sebuah audio interface yang berukuran kecil dan lengkap dengan semua yang dibutuhkan gitaris.

Kelebihan UAD Arrow adalah ia memiliki processing-nya sendiri untuk input monitoring dan juga beberapa plugin pilihan. Jadi bisa mengurangi beban laptop atau komputer dan mengurangi latency.

Arrow juga bisa digunakan bersama DAW dan mengkombinasikan plugin dari DAW dan plugin dari Arrow.


XSonic XTONE


Audio interface ini dibuat untuk menjadikan laptop atau komputer Anda menjadi rig lengkap untuk tampil live!

XTONE adalah audio interface yang dilengkapi dengan switching lewat MIDI. Switching ini berguna untuk mengganti preset,on-off efek, serta mengatur parameter lain secara MIDI di footswitch serta expression pedal yang ada di XTONE.

Jadi kita bisa juga menggunakan iPhone dan software sepeti BIAS atau Amplitube, di tambah dengan XTONE kita sudah memiliki alat yang siap untuk manggung.



IK Multimedia Axe I/O


Audio interface terbaru dari IK Multimedia ini dikembangkan dengan fitur khusus gitaris, yaitu input Hi-Z variabel yang dapat di atur impedansi-nya. Selain itu juga bisa mengaktifkan sirkuit JFET jika dibutuhkan untuk saturasi halus ala sirkuit tabung.

Selain itu juga ada output Amp Out untuk keperluan reamping dengan stompbox atau amplifier. MIDI I/O, lengkap dengan colokan footswitch untuk mengganti preset.

Axe I/O juga sudah dilengkapi dengan bundle software Amplitube Deluxe.


Audient iD4


Audient iD4 adalah kuda hitam di antara audio interface. Berharga mirip-mirip dengan Scarlett, namun dengan fitur yang tak kalah lengkap.

Salah satu keunggulan iD4 adalah mic preamp yang dikenal jernih dan bersih, sehingga memudahkan proses rekaman untuk coloring atau editing lebih lanjut.

Fitur yang cukup unik lainnya adalah knob volume yang bisa difungsikan sebagai control surface untuk fader atau kendali parameter pada DAW atau plugin. Sangat praktis dan berguna.

Untuk yang memiliki budget terbatas namun ingin mencoba kualitas audio yang terbaik, maka Audient iD4 adalah pilihan-nya. Preamp mic dan line dengan kualitas tinggi serta berbagai fitur yang memudahkan proses rekaman.


Antelope Audio Zen Tour


Satu lagi audio interface dengan kelas premium. Antelope Audio adalah pembuat audio interface dan alat rekaman high end asal Bulgaria. Mereka membuat berbagai peralatan audio dan studio rekaman.

Salah satu inovasi mereka adalah teknologi FPGA yang mampu mengurangi latency hingga nyaris di bawah 1ms tanpa membebani CPU komputer! 

Audio Zen Tour adalah produk audio interface mereka. Keunikan audio interface ini adalah mampu melakukan semua processing di in-the-box, yang berarti memiliki otak komputer sendiri dan sama sekali tidak mengganggu laptop/komputer.

Dengan tambahan output ADAT, Zen Tour pun dapat menampung hingga belasan line in, dan masih mampu melakukan processing tanpa ngadat!

Memang berharga premium, tapi jika Anda adalah gitaris yang mengutamakan fitur dan processing power, Antelope Audio Zen Tour adalah pilihan yang tepat.


Ok, sampai disini dulu artikel singkat kita, nantikan terus berbagai artikel menarik kita hanya di Guitarsquartz.net !