IBX5981FE7FCD958 Profil Gitaris Eric Clapton

Profil Gitaris Eric Clapton

Leave a Comment
Para pencinta musik terutama alat musik gitar pasti tidak asing dengan gitaris Eric Clapton. Namanya yang sudah tersohor di penjuru dunia karena kemampuan bermain gitarnya yang mumpuni menjadi inspirasi banyak gitaris. Dengan kemampuan bermain gitarnya, banyak yang mengidolakan dan mencari tahu profil gitaris Eric Clapton. Berikut profil gitaris legendaris ini

Latar Belakang
Eric Clapton merupakan seorang musisi yang berasal dari Inggris. Lahir pada 30 Maret 1945, Eric Clapton berasal dari keluarga tentara yang tidak banyak berinteraksi dengan kedua orang tuanya. Semasa kecilnya, Clapton dibesarkan oleh kakek dan neneknya.


Kegemarannya bermain gitar bermula saat kakek neneknya memberikan gitar akustik pada ulang tahunnya yang ke-13. Awal mulanya Clapton merasa bermain gitar sulit dan sempat meninggalkan minat bermain gitar. Namun karena tertarik dengan blues, perlahan Clapton kembali mempelajari gitar dengan tekun.

Karir Eric Clapton
Karir Eric Clapton bermula pada Oktober 1963 ketika ia bergabung dengan sebuah band beraliran blues dan rock and roll yang bernama Yardbirds. Disinilah Clapton mulai meniti karir sebagai gitaris dan penulis lagu. Ia mulai dikenal dengan julukan 'slowhand' berkat kebiasaannya langsung mengganti senar yang putus di atas panggung. Ketika Clapton mengganti senar, penonton akan bertepuk tangan pelan hingga Clapton selesai mengganti senar.

Clapton dsn Yardbirds mulai bermain di Royal Albert Hall pada tahun 1964. Sejak tahun itu Clapton dan bandnya telah bermain lebih dari 200 kali di hall tersebut. Karirnya berlanjut ketika pada tahun 1965, band Yardbirds menjadi populer dengan hit singlenya For Your Love. Namun peningkatan karir band justru menjadi titik balik bagi Clapton karena musik band mulai bergeser ke pop mainstream sehingga profil gitaris Eric Clapton yang merupakan seorang penggemar blues memutuskan untuk hengkang dari Yarbirds pada hari dimana For Your Love menjadi populer.

Pada April 1965, Clapton bergabung dengan John Mayall dan Bluesbreakers namun keluar tidak lama setelah bergabung. Melihat hal ini Clapton tetap tampil dengan beberapa eks member grupnya dan meraoh reputasi sebagai salah satu pemain gitar terbaik di dunia.
Karir di Amerika

Dikenal di Inggris, Clapton hijrah ke Amerika dengan band bentukannya yang bernama Cream. Meskipun ternama di Inggris, profil gitaris Eric Clapton belum begitu dikenal di Amerika. Ia juga menghadapi saingan yang berat yaitu Jimi Hendrix yang populer dengan permainannya yang eksperimental. Hal tersebut tak menghambat bakat Clapton yang memang sudah berkembang di Inggris. Dalam waktu 28 bulan, Cream meraih kesuksesan di Amerika. Disini Clapton juga mulai merambah dunia tarik suara dan juga menulis lagunya sendiri. 

Beberapa single hits Cream di Amerika seperti Sunshine of Your Love, Whiteroom dan Crossroad digemari oleh banyak penggemar jazz blues di Amerika. Clapton sempat diisukan menggantikan George Harrison di The Beatles saat Harrison sempat tak akur dengan personil lainnya. Dengan permainan gitar Eric Clapton yang mumpuni sempat menarik perhatian sang vokalis, John Lennon. Akan tetapi Clapton tidak merasa posisi itu cocok dan Harrison kembali menjadi member.

Penghargaan Musik Eric Clapton
Eric Clapton menerima sejumlah penghargaan sepanjang karirnya sebagai seorang gitaris. Salah satu penghargaan yang populer adalah Grammy Awards dimana Clapton mendapatkan 3 Grammy sekaligus untuk kategori Song Of The Year, Male Vocal Performance dan Album of The Year pada tahun 1993.

Tak hanya itu, gitaris Eric Clapton semakin dikenal dengan memenangkan banyak penghargaan baik dari Inggris maupun Amerika. Dengan prestasi yang gemilang yang didapat dari bakatnya dalam bermain gitar, bernyanyi dan menciptakan lagu menjadikan Eric Clapton salah satu legenda gitaris ternama di dunia yang diidolakan oleh banyak pemain gitar di dunia.



0 comments: