IBX5981FE7FCD958 Penyebab nada gitar fals atau cempreng dan cara mengatasinya

Penyebab nada gitar fals atau cempreng dan cara mengatasinya

Apa yang Anda lakukan disaat sedang asyik memainkan gitar tiba-tiba gitarnya tersebut terjadi nada fals atau  cempreng? padahal Anda baru saja mentuning / stem dengan benar mengunakan alat bantu seperti tuner atau software aplikasi yang di smartphone, namun tetap aja masih fals dan cempreng.

Dalam artikel ini saya akan membahas secara detail tentang cara mengatasi nada senar gitar yang fals dan cempreng. Biasanya apabila gitar yang sering dimainkan terus menerus sehari-hari dalam hal ini gitar tersebut akan mengalami perubahan suaranya, ini terjadi karena adanya gesekan antara dari fret dan senar, gesekan itu sendiri sering mengakibatkan fret-fret terkikis habis.


Nah,ini terjadi yang sering menggunkan teknik bending yang dilakukan dengan cara mengangkat senar ke atas/bawah pada satu fret sehingga akan menghasilkan nada yang lebih tinggi, itu terjadi karena adanya suatu gesekan fret dan senar itulah yang menyebabkan gitar lama-lama akan beruba menjadi sedikit fals.

Tapi Sebenarnya wajar saja apabila Anda memainkan gitar terus masih dalam tahap pembelajaran untuk menambah skill makin jago, anda sering ada kendala gitar fals dan cempreng. Maka dari itu berikut inilah solusinya untuk Anda yang mengalami masalah penyebab gitar fals dan cempreng.

Cek Kualitas Senarnya
Hal yang sangat penting pertama Anda Perhatikan dulu kondisi senar gitar Anda apakah masih bagus atau sudah berkarat? Jika sudah karatan! Segera lakukan pergantian senar yang sudah berkarat ataupun senar yang sudah mati, kalau lebih bagusnya ganti semuanya 1 set. Pilih kualitas Senar yang bagus namun tidak harus mahal juga, yang terpenting cocok buak gitar Anda. Beberapa merk senar yang dijadikan rekomendasi diantara D'darrio, Darco, Yamaha, Fender, Roto Sound, Gali String, Erniball, dan Elixir.

Periksa Tabung atau Body
Coba diperiksalah pada bagian sekeliling semua sisi body gitar Anda apakah ada yang pecah atau retak? Jika pada bagian body, lihatlah dengan menggunakan senter biar memudahkan penglihatan pada lubang tabung gitar. Apabila saat melihat tabung gitar ditemukan ada kebocoran pecah atau retak langsung perbaikilah kembali tabung tersebut dengan menggunakan lem kayu untuk merekatkannya.

Dan apabila suaranya masih cempreng juga bisa tambahkan beberapa kapas di dalam tabung gitar, caranya dengan menempelkan beberapa kapas terus lakukan pengeleman atau  jika sudah tambahkan minyak kayu putih di semua kapas yang ada didalam tabung.

Stang atau neck bengkok
Stang atau Neck gitar yang bengkok ini sering sekali terjadi pada gitar akustik ataupun elektrik salah satu di sebabkan oleh beberapa faktor seperti misalnya kita sering lalai menaruh gitar di tempat sebarangan, ataupun mungkin tunning / steman gitar terlalu kencang pada senar gitar dan ukuran senar kebesaran sehingga stang atau neck jadi bengkok. Untuk mengatasi stang gitar atau neck bengkok cara gampangnya ganti senar dengan ukuran yang lebih rendah misalnya ukuran senar 010 dan 011 untuk gitar akustik dan ukuran gitar elektrik 08,09, dan 010. Dengan menggunakan ukuran ini jika dimainkan dijari tidak terlalu sakit dan nyaman ditekan. 

Perhatikan Nut Saddle Apakah Rendah Atau Tinggi?
Nut Saddle merupakan komponen pada gitar yang berfungsi sebagai penganjal senar yang mengatur penempatan senar dari senar satu sampai dengan senar 6. Perhatikan nut saddle nya senarnya apabila terlalu tinggi? Jika terlalu tinggi, kalian bisa mengamplasnya supaya lebih rendah. Hati hati juga apabila nut saddle nya terlalu rendah, maka akan mengakibatkan senar bertabrakan dengan fret dan menyebabkan bunyi geprek dan tidak harmonis. Kalau terlalu rendah nut saddle nya akan tidak bisa digunakan lagi. Nutt saddle jika sudah dipakai terlalu lama, biasanya akan menyebabkan bunyi nada senar jadi cempreng dan kurang harmonis. Jika Demikian, Segera lakukan penggantian Nutt Saddle nya.

Perhatikan Fret Gitarnya
Seperti yang saya jelaskan diatas fret yang sudah terkikis habis akan menyebabkan suara gitar yang dihasilkan menjadi tidak bersih, geprek dan hancur. Untuk solusinya Anda harus mengganti fret tersebut dengan baru. Apabila ingin lebih baiknya lagi bisa ganti semua fret yang sudah terkikis.

Lakukan Penggantian Senar
Apabila semua point pengecekan sudah dilakukan dengan baik, namun masih saja suara fals dan cempreng, segera lakukan pergantian senar dengan senar dengan yang baru dan berkualitas. Setelah semua senar terpasang, lakukan stem ulang dengan baik dan benar menggunakan tuner dan aplikasi smartphone tuner gitar. 

Itulah beberapa penyebab berikut cara mengatasi nada senar gitar yang fals, cempreng dan suka berubah tone / nada. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel yang kami ulas kali ini. Semoga bermanfaat!