IBX5981FE7FCD958 Memainkan Dan Memahami Chord Diminished Pada Gitar

Memainkan Dan Memahami Chord Diminished Pada Gitar

Guitarsquartz.net - Chord ini termasuk chord yang jarang digunakan pada musik pop, tapi jazz dan blues bisa sering memanfaatkan chord diminished.


Ada dua macam chord diminished, yaitu yang pertama disebut  half diminished (m7b5) dan juga yang disebut dengan 'diminished' saja (dim, °, dim7). Kedua chord ini memiliki komposisi nada yang berbeda serta digunakan pada situasi yang berbeda juga.

Kita mulai dari chord half diminished dulu...

Half Diminished 

Chord merupakan harmoni dari sebuah tangga nada mayor. Misalnya kita ambil tangga nada C, maka harmoni chordnya akan menjadi seperti ini... :

CMaj7     Dm7     Em7      FMaj7      G7     Am7      Bm7b5
   I            IIm        IIIm         IV           V       VIm       VIIdim


Bila kita lihat maka chord Bm7b5 adalah chord half diminished. Hal ini terlihat dari nada penyusun chordnya, yaitu B  D  F  A. Chord half diminished disebut juga dengan chord minor 7th flat 5th.


Kapan menggunakan chord half diminished? Chord sering digunakan pada progresi tangga nada minor.

Misalnya pada progresi chord  

Bm7(b5)      E7     Am7

dimana Bm7(b5) adalah chord kedua dari tangga nada A minor. Chord ini juga ketika dibutuhkan untuk memainkan chord ke tujuh pada tangga nada mayor.

Contoh chord half dim atau min 7th min 5


Diminished

Chord ini tidak termasuk ke dalam bagian harmoni tangga nada mayor atau minor. Pada dasarnya chord diminished ini adalah dua interval minor yang berdekatan. Contoh chord diminished pada kunci B adalah B dim atau B dim7, dengan nada penyusun : B  D  F  G#

Chord ini sering digunakan sebagai transisi atau jembatan diantara chord mayor dan minor. Misalnya progresi chord ini....


Cmaj7       C#dim7     Dm7   G7


seperti yang bisa kita lihat, C#dim7 berperan sebagai jembatan antara Cmaj7 dengan Dmin7.  

Contoh chord diminished 7
Ya, sekian dulu artikel singkat ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sampai bertemu lagi di berbagai artikel menarik lainnya hanya di GS.