IBX5981FE7FCD958 Perbedaan Gitar Akustik dan Ukulele

Perbedaan Gitar Akustik dan Ukulele

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Gitar Akustik atau Gitar Ukulele adalah type gitar di mana nada yang dihasilkan datang dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel serta jembatan tempat pengikat senar ke ruangan nada. Nada didalam ruangan nada tersebut bakal beresonansi pada kayu tubuh gitar. 
Type serta kualitas kayu dan type senar yang dipakai bakal merubah nada yang akan dihasilkan oleh gitar akustik. Dalam artikel ini anda akan menemukan perbedaan gitar akustik dan gitar ukulele. Bacalah sampai tuntas.

Karateristik Gitar Akustik
Gitar akustik memiliki enam senar. Namun sebagian gitar mempunyai tujuh senar atau lebih. Sebagian gitar memakai senar yang terbuat dari nilon serta lainnya terbuat dari baja. Gitar yang memakai senar dari nilon kerap juga di sebut juga sebagai gitar klasik. Sedangkan semua sisi gitar terbuat dari kayu. Hal semacam ini pastinya bikin nada gitar jadi lebih kuat serta tambah baik.

Kontruksi Gitar Akustik
Badan gitar terbagi menjadi tiga sisi paling utama yakni kepala, leher serta tubuh. Untuk bagian kepala ada mesin penala dawai. Dawai gitar yang berjumlah enam utas semasing diikatkan pada enam buah pasak yang disebut sisi dari mesin penala.


Sisi leher ada diantara kepala serta tubuh. Sisi muka leher yang masuk sampai kurang lebih seperempat papan muka dari tubuh gitar, yaitu papan jari yang mempunyai 19 pembatas dari logam yang di kenal dengan sebutan fret. Fungsinya adalah menghasilkan tingkat ketinggian suara yang tidak sama dengan jalan meletakkan jari-jari pada ruang-ruang diantara logam-logam fret. 

Sisi tubuh gitar memiliki peran juga sebagai tabung resonator untuk jadi besar bunyi yang dihasilkan oleh getaran dawai. Papan muka di tubuh gitar yang bahan kayunya lebih tidak tebal di banding papan belakang serta samping, dimaksud sebagai papan nada. Pada papan nada ada lobang nada untuk mengeluarkan hasil produksi bunyi.

Baca Juga: Perbedaan Gitar Akustik dan Klasik

Pada intinya bunyi gitar dihasilkan melalui getaran dawai-dawai yang terentang diantara batang penyanggah dawai yang disebut pembatas pada kepala serta leher (dimaksud nut) dengan gading pembatas (dimaksud bridge) pada pangkal pengikat dawai diatas papan nada (dimaksud base).

Apakah Perbedaan Gitar Akustik dan Ukulele?

Pengertian Gitar Ukulele
Ukulele adalah salah satu keluarga string instrument yang umumnya memiliki 4 senar. Apabila dilihat dari bentuknya, maka dapat dikatakan ukulele ini merupakan gitar kecil. Berbeda dari gitar, ukulele yang memiliki tuning sendiri. 

Ukurannya yang kecil dan mudah dibawa-bawa adalah salah satu keunggulan ukulele dibandingkan alat musik lainnya seperti piano dan gitar. Tapi ternyata ukulele memiliki beberapa jenis dan harga yang berbeda sehingga membuat pemula sulit untuk memilih.

Ukulele merupakan alat musik asli Hawai ditemukan sekitar tahun 1879. Ukulele adalah alat musik yang berbentuk layaknya gitar, bedanya alat musik ini sangat kecil dan ringan. Ukurannya 3 kali lebih kecil dibanding gitar biasa. Ukulele memang sebuah alat musik yang sangat unik, bentuknya yang kecil dan senarnya yang hanya 3/4 membuatnya aneh saat dimainkan.

Sama seperti gitar, untuk bermain ukulele anda juga harus menggunakan chord/kunci. Kunci ukulele sangat sederhana, dan lebih mudah dipelajari dibanding kunci gitar biasa / electric. Ukulele ini sangat mudah untuk dimainkan, bahkan oleh seorang pemula (newbie). Kemudahan itu sendiri dikarenakan senar dari ukulele sendiri yang hanya 3 atau 4.

Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini masih sama dengan gitar, namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Ukulele ini merupakan alat musik asli Hawai yang di perkenalkan pada tahun 1879. Dalam bahasa Hawai ukulele berarti kutu loncat meskipun namanya lucu tapi alat musik ini sering dipakai dalam musik terutama keroncong.

Ukulele dalam keroncong biasanya di sebut dengan cuk lele. Meskipun alat musik ini kecil tapi alat musik ini sangat cocok untuk dimainkan apalagi untuk lagu lagu santai atau lagu keroncong.



0 comments: