IBX5981FE7FCD958 Inilah Perbedaan Gitar Akustik dan Elektrik

Inilah Perbedaan Gitar Akustik dan Elektrik

Perbedaan Gitar Akustik dan Elektrik! Gitar merupakan salah satu instrument musik yang dapat dikatakan sebagai benda wajib ketika memainkan alat musik. Hampir semua orang sangat familiar dengan alat musik ini karena kebanyakan orang melantunkan sebuah sambil diiringi oleh petikan suara dari gitar. 


Untuk anda yang mengenal musik pasti mengetahui adanya gitar akustik dan gitar elektrik. Lantas, apa perbedaan gitar akustik dan elektrik tersebut ya? Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa kedua jenis gitar tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok. 

Berikut ini saya telah merangkum beberapa perbedaannya:

Genre
Perbedaan yang pertama pastinya pada genre atau aliran musik. Hal ini begitu jelas dari nama yang dimiliki oleh masing-masing. Gitar akustik hanya dipergunakan untuk anda yang bermain musik akustik yang mana suara petikan gitar akan menjadi lebih dominan dalam bermain musik. Nah, sebaliknya, gitar elektrik digunakan untuk bermain musik dengan genre metal, pop, blues, dan masih banyak lagi.

Ukuran
Perbedaan gitar akustik dan elektrik yang dapat diketahui yaitu soal ukuran. Pada umumnya, gitar akustik memiliki bodi yang lumayan lebih besar. Disisi lain, gitar elekrtik memiliki body lebih ramping. Ciri fisik dari gitar elektrik yaitu bagian kuncinya memang dibuat lebih panjang dibandingkan gitar elektrik.

Teknologi
Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok untuk masalah teknologi. Gitar elektrik sudah dilengkapi dengan fitur built-in female jack yang mana sudah menyediakan slot untuk microphone agar ketika dimainkan suaranya dapat membahana. Apabila anda menonton sebuah konser band, maka anda akan mendengar suara gitar tersebut. Sedangkan hal ini sangat berbeda dengan gitar akustik dimana anda ia masih memerlukan microphone ketika dimainkan.

Suara
Apabila dilihat dari suaranya, gitar elektrik akan cenderung memiliki suara yang lebih kasar. Hal ini berhubungan dengan beat yang digunakan pada gitar tersebut. Selain itu, suara pada gitar akustik memang terdengar lebih lembut. Coba anda lihat pada musik akustik yang mana petikan gitarnya akan terdengar sangat lembut.

Berat
Kedua gitar ini juga memiliki perbedaan yang mencolok dalam urusan bobotnya. Gitar elektrik memiliki berat yang lebih dibandingkan dengan gitar akustik. Hal ini dikarenakan gitar elektrik terbuat dari bahan mahoni dan kayu jati sehingga cukup berat. Sedangkan gitar akustik bisa dibuat dari kayu jenis apa saja.

Harga
Harga gitar elektrik cenderung lebih mahal dibanding gitar akustik. Gitar elektrik pada umumnya dijual dengan harga satu juta keatas. Sedangkan untuk gitar akustik dijual dibawah harga gitar elektrik.

Apa Perbedaan Gitar Akustik dan Elektrik?

Gitar Akustik
Gitar akustik adalah jenis gitar yang ketika dipetik akan menghasilkan suara yang berasal dari getaran senar itu sendiri, kemudian getaran akan disalurkan ke dalam ruang suara. Dering Suara yang berada di dalam ruang suara inilah yang nantinya akan beresonansi terhadap kayu pada badan gitar. Gitar akustik memang cenderung memiliki beberapa kemiripan dengan gitar klasik.

Gitar elektrik
Gitar elektrik adalah gitar yang cara penggunaannya lebih rumit dibandingkan dengan jenis gitar lainnya. Dalam penggunaannya, gitar ini harus dihubungkan melalui arus elektrik, sehingga suaranya baru akan keluar. Jika tidak dihubungkan dengan arus elektrik, maka ketika dimainkan gitar ini tidak akan mengeluarkan suara yang keras, bahkan tidak bisa bersuara sama sekali. Untuk membantu agar gitar bisa menghasilkan suara yang merdu dan keras yaitu dengan cara dibantu oleh sebuah alat yang biasa disebut dengan amplifier.

Baca juga: Perbedaan Gitar Akustik dan Klasik

Itulah beberapa perbedaan yang harus anda ketahui. Ya, memang perbedaannya cukup mencolok dari segi manapun sehingga anda tahu kegunaannya masing-masing. Jadi, untuk anda yang ingin membeli gitar anda tidak perlu bingung lagi. Semoga artikel tentang perbedaan gitar akustik dan elektrik ini dapat memberi manfaat bagi anda.