IBX5981FE7FCD958 Cara Mudah Mengatasi Fret Buzzing Atau Sember Pada Gitar dan Bass

Cara Mudah Mengatasi Fret Buzzing Atau Sember Pada Gitar dan Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Suara gitar yang terdengar nge-fret atau menggeprek saat dimainkan bukanlah hal baru bagi para gitaris, bahkan masalah ini menjadi yang paling sering terjadi di dunia pergitaran, bagi teman-teman para pecinta gitar pasti pernah mengalaminya, padahal teman-teman sudah sangat berhati hati dan merawat gitar sobat dengan baik, namun masalah ini kerap terjadi.

Service gitar

Cara mudah mengatasi fret buzzing atau sember pada gitar dan bass akan kamu ketahui dalam ulasan artikel ini.  Apabila Kamu hobi bermain gitar, Kamu pasti tak asing lagi dengan salah satu penyakit gitar ini. Tetapi mungkin masih ada juga yang belum mengenalnya, atau bahkan belum pernah mendengarnya sama sekali. Oleh sebab itu, mari kita kupas tuntas mengenai fret buzz.

Saat ini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai cara mengatasi fret buzzing yang perlu kamu ketahui. Fret buzz ini bisa terbilang penyakit gitar yang paling sering terjadi dan sangat menjengkelkan. Umumnya biasanya seperti ini. Suara salah satu atau beberapa senar gitar pada fret-fret tertentu ada yang bersuara fals. Suaranya terdengar ngeprek dan kurang enak didengar. Selain itu, ada juga yang mengeluh senar tidak bisa bergetar secara maksimal. Sebenarnya intinya semua sama, ya inilah yang dinamakan fret buzz.

Kasus fret buzz ini hampir mirip dengan neck bengkok, dan kedua penyakit gitar ini kebanyakan terjadi dalam satu paket. Keduanya disebabkan suara yang keluar dari senar tak terdengar maksimal, karena adanya benturan / gesekan dengan fret.

Fret buzzing

Jika terus dibiarkan, lama kelamaan minat Kamu dalam bermain gitar akan semakin berkurang, apabila suara gitar yang tak enak didengar. Yang lebih parah lagi, fret buzz ini terjadi tidak hanya di beberapa senar pada fret tertentu, namun hampir di semua senar di banyak fret mengalami gangguan tersebut.

Sekarang kita lihat penyebabnya. Biasanya, jika fret buzz terjadi pada fret-fret awal (1-3), hal ini disebabkan karena nut yang terlalu rendah. Hal ini terjadi karena posisi slotnya dan posisi fretnya yang kurang rendah. Intinya semua ini terjadi karena ketinggian fret tidak sama.

Apabila terjadi di fret-fret selanjutnya (sampai di nada tinggi), hal ini dikarenakan ketinggian fret yang tidak sama. Tinggi fret yang tidak sama ini juga diakibatkan beberapa hal, seperti: stelan bridge yang kurang pas (kurang tinggi / kurang rendah), pengerjaan fret yang tidak rapi atau tidak rata, fret yang telah terkikis karena usia. Nah, Itulah beberapa penyebanya.

Kemungkinan Fret Buzzing Berikut Cara Mengatasinya?

Melakukan kikir pada fret gitar
Kamu bisa mengikir bagian fret yang menyebabkan bunyi buzz ini. Patokannya seperti ini, cobalah Kamu tekan senar di fret manapun yang bunyinya buzz / ngeprek. Mari kita ambil contoh di fret 5. Jika fret buzz terjadi di fret 5 berarti fret depannya bisa harus Kamu kikir, alias di fret 6 (besi fret yang menempel tepat di sebelah kanan fret 6). Apabila sudah, jangan lupa Kamu amplas agar fret kembali halus.
kikir gitar

Merapatkan fret gitar 
Selain itu, Kamu juga bisa memukul / menggetok fret, bisa menggunakan palu kecil bila Kamu melihat pemasangan fret yang kurang rapat (fret terbuka / terangkat). Tapi pelan-pelan saja. Biasanya pemasangan fret yang kurang rapat dan tidak menancap pada fretboard menyebabkan senar sering tak sengaja tersangkut di fret, terutama di senar satu karena ukurannya yang lebih kecil.
Service gitar

Disetting ukuran tinggi rendah pada nut gitar atau bridge 
Jika bunyi buzzing atau geprek gitar akustik atau klasik, kemungkinan nut gitar kependekan atau terlalu ceper. Untuk mengatasi hal ini, ganti saja nut gitar nya dengan yang baru sesuai ukuran lubang nut gitarnya. Jika masih ketinggian bisa dilakukan amplas atau dikikir.

nut gitar


Jika bunyi buzzing atau geprek gitar elektrik maka kamu harus menyetting tinggi rendah nya Bridge nya pake kunci L atau obeng saja sudah cukup dan disetting senyamannya.

 Brigde gitar elektrik
Namun demikian jika tidak memahami dan kurang berpengalaman, ada baiknya Kamu bawa saja ke tukang servis gitar atau orang-orang yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Jangan ceroboh dan memberi kesimpulan sendiri. Apabila Kamu kurang berpengalaman akan riskan terjadi kesalahan, dan justru akan membuat kondisi gitar semakin parah. Sekian Semoga bermafaat.


0 comments: