IBX5981FE7FCD958 Tidak Ada Suara Dari Gitar Atau Bass? Berikut Cara Memperbaikinya!

Tidak Ada Suara Dari Gitar Atau Bass? Berikut Cara Memperbaikinya!

Guitarsquartz.net- Gitar dan bass memiliki rangkaian elektronik sederhana, mulai dari pickup hingga ke output jack. Memang gitar dan bass yang memiliki sirkuit elektronik aktif akan lebih sulit diperbaiki, namun pada dasarnya rangkaiannya sama, baik untuk gitar/bass aktif maupun pasif.

Beberapa hal di bawah ini harus kita perhatikan untuk mencari tahu sumber penyebab gitar atau bass kita tidak keluar suaranya.
Gitar dan bass memiliki sirkuit elektronik, yang jelas tidak serumit gambar di atas...
Memahami Rangkaian Elektronik Gitar Dan Bass
Sebelum kita belajar tentang mengatasi hilangnya suara pada gitar dan bass, kita harus belajar sedikit dulu tentang elektronik gitar dan bass.

Rangkaian dasar elektronik gitar sangat sederhana, intinya adalah pickup, volume dan tone, lalu ke output jack. Selain itu ada juga ground dari bridge dan control cavity (ruang di dalam gitar tempat elektroniknya). Karena itu penyebab hilangnya suara gitar dapat ditelusuri dari rangkaian tadi.

Bad Soldering
Untuk yang sering mengutak-utik gitar mungkin pernah mengalami hal ini. Ketika mengganti pickup atau menambahkan sesuatu pada elektronik gitar dan bass, seringkali wiring atau kabel yang kita solder tersambung kurang sempurna. Sambungan solder yang buruk dapat mengurangi output atau malah memutuskan koneksi ke output jack.

Karena itu periksa setiap sambungan solder agar setiap sambungan kuat dan memiliki solder yang bagus dan mengkilat.

Kabel Jack Yang Putus
Sebelum memutuskan masalah berasal dari gitar, sebaiknya periksa dahulu kabel jack yang kita gunakan apakah menghantarkan arus atau tidak. Tidak hanya di satu sudut, tapi coba kita bengkokan jack, dan periksa apakah di sudut tertentu kabel tidak berfungsi. Saat ini sebaiknya kita gunakan kabel yang berfungsi sempurna.

Kabel Output Volume Yang Putus
 Bila gitar atau bass terjatuh, maka kabel penghubung dari potensio volume ke output jack dapat putus atau terlepas. Kabel putus dapat terlihat dengan mudah ketika membuka  control cavity. Segera kita sambung kembali dengan solder.

Potensio Yang Rusak
Jika tidak ada suara keluar dari gitar atau bass, dan semua kabel sudah kita cek masih terpasang dengan benar, maka kemungkinannya adalah potensiometer yang rusak (volume dan tone).
Bila potensiometer sudah sering digunakan, atau sudah dipakai cukup lama maka komponen didalamnya bisa rusak. Juga untuk potensio yang sering terkena panas solder akan cepat rusak. Potensiometer rusak tidak bisa dibetulkan dan harus segera diganti dengan yang baru.

Jack Output Yang Rusak
Jack output adalah bagian elektronik gitar yang paling sering mengalami kontak fisik. Karena itu jack output yang kurang bagus atau sudah berumur cepat rusak karena tidak dapat menjepit kabel jack dengan mantap. Bilah logam untuk menjepit kabel juga dapat patah atau bengkok. Disarankan untuk mengganti jack output yang ada di gitar dengan kualitas yang lebih bagus.

Switch Yang Rusak
Switch pickup juga rawan kerusakan, karena sering digunakan selama permainan. Baik itu  mini switch atau pickup switch, jika kita sering menggunakannya maka akan cepat rusak. Walaupun sebenarnya switch didesain untuk ribuan atau bahkan hingga ratusan ribu kali penggunaan.

Terutama untuk gitar yang memiliki 2 pickup dimana output dari pickup masuk dulu ke switch baru ke volume gitar. Ketika switch rusak, maka tidak ada sinyal dari dua pickup tersebut untuk diteruskan ke amplifier. Sayangnya bila switch rusak harus segera diganti,tidak dapat diperbaiki.