IBX5981FE7FCD958 Memasang Kill Switch Pada Gitar!

Memasang Kill Switch Pada Gitar!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Kill switch adalah sebuah switch yang akan memotong jalur sinyal ketika ditekan. Kill switch adalah senjata rahasia para pemain gitar dan bass untuk mendapatkan efek suara yang khas.


Salah satu pengguna kill switch yang paling terkenal adalah Tom Morello. Hanya dengan berbekal beberapa efek sederhana serta kill switch, Tom membuat sebuah part intro menjadi sesuatu yang istimewa, seperti pada intro lagu RATM, "Know Your Enemy."
Pengguna kill switch lainnya adalah shredder misterius, Buckethead. Selain permainan gitarnya yang seperti orang gila, Buckethead juga sering menggunakan kill switch sebagai bagian dari permainanya. Ada banyak lagu lagu Buckethead yang menggunakan kill switch, saya tidak bisa menyebutkannya satu-persatu. Van Halen juga pernah terlihat memiliki sebuah gitar Wolfgang EVH yand dipasang kill switch.

Jadi sebenarnya apakah yang dimaksud kill switch tersebut?

Momentary Switch
adalah istilah elektronika untuk switch yang harus ditekan untuk menutup atau memotong sebuah rangkaian kelistrikan atau dalam hal ini jalur arus gitar. Berbeda dengan switch 'push-push locking', switch tidak otomatis diam pada posisi menyala atau mati. Switch perlu ditekan agar berfungsi. Karena memotong jalur sinyal gitar, maka di dunia pergitaran momentary switch lebih dikenal dengan sebutan 'kill switch'.

Pada gitar, ketika switch ini ditekan maka akan memotong jalur sinyal. Dimainkan dengan beberapa efek akan menghasilkan suara yang menarik.

Jenis Momentary Switch
Pada umunya hanya ada dua jenis momentary switch, yaitu NO (normally open) dan NC (normally closed). Yang bisa digunakan untuk kill switch guitar biasanya yang NC, walaupun switch momentary ini cukup jarang ditemukan. Tapi switch NO juga bisa digunakan sebagai kill switch.
contoh momentary switch


Toggle Switch
Selain momentary switch, kita juga bisa menggunakan toggle switch, seperti yang digunakan oleh  Tom Morello. Beberapa orang kurang suka dengan toggle karena tidak serapi momentary switch. Sebaiknya menggunakan toggle switch berjenis SPDT On-On.
contoh switch toggle SPDT on-on


Memasang Kill Switch
Sebenarnya sangat sederhana, kill switch diletakkan antara kabel master volume dan jack output. Atau bila gitar menggunakan dua volume, maka diletakkan diantara kabel output switch pickup dan jack output. Jadi diantara kedua kabel tersebut dipotong dan kita solder ke kontak kill switchnya.

Jangan sampai salah memasang kabel wiringnya. Khususnya  untuk momentary switch NC dan NO, bila dipasang terbalik maka akan berfungsi kebalikannya, yaitu justru ada suaranya ketika di tekan. Switch NC sebaiknya di pasang seri diantara kabel, sedangkan switch NO sebaiknya di pasang secara parallel dengan salah satu ujungnya dihubungkan ke ground. Sedangkan toggle switch juga berbeda wiringnya. Untuk lebih jelasnya kita lihat contohnya di bawah ini.


wiring kill switch NC

wiring kill switch NO

wiring kill switch toggle

Sedangkan untuk penempatan kill switch disesuaikan dengan kebutuhan kita. Untuk gitar dengan pickguard,  kita harus membuat lubang baru untuk dudukan kill switch, seperti pada contoh gitar "Soul Power" milik Tom Morello diatas.

Sedangkan untuk gitar tanpa pickguard, kita harus mengebor lubang pada bodi gitar. Namun jika tidak ingin membuat lubang baru di bodi gitar, kita bisa menggunakan salah satu lubang volume atau tone sebagai tempat kill switch. Semoga dengan penjelasan di atas kita dapat memasang sendiri kill switch dengan benar.
Memang dibutuhkan sedikit keahlian solder tapi dengan sedikit latihan kita pasti bisa memasangnya. Selamat mencoba dan bereksperimen, dan nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.

0 comments: