6 Tips Berlatih Gitar Untuk Yang Sibuk

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Menjadi seorang virtuoso identik dengan berlatih selama berjam-jam setiap hari. Kita mungkin pernah mendengar pribadi seperti Steve Vai, Joe Satriani, atau Yngwie.

Mereka bertiga sudah dikenal sebagai gitaris yang handal. Mereka juga pernah diceritakan menghabiskan waktu hingga berjam-jam setiap harinya pada masa-masa awal bermain gitar. Kisah tersebut yang terus terdengar di telinga orang hingga saat ini.

Namun di jaman sekarang, waktu latihan yang lama adalah sebuah kemewahan bagi kita yang sibuk. Entah itu pekerjaan, rumah tangga, atau kegiatan lainnya yang menyita waktu setiap harinya. Tapi sibuk bukan berarti kita tidak bisa latihan sama sekali.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa kita harus terus latihan? Jawabannya sederhana yaitu agar skill musik serta kemampuan terus berkembang.
Skill gitar harus selalu dikembangkan dan dilatih

Beberapa tips di bawah ini ditujukan untuk Anda yang sibuk atau bahkan super sibuk agar tetap bisa berlatih walaupun dengan waktu latihan yang terbatas.

1.Rutin
Latihan rutin, misalnya setiap hari selama 15 menit sekali akan lebih berguna dibanding latihan 4 jam seminggu sekali. Otot tangan serta jari kita harus dilatih terus menerus secara rutin agar selalu fleksibel dan lincah. Selain rutin berlatih kita juga harus mendengar berbagai macam jenis musik agar selalu terinspirasi.

2.Rencanakan Materi
Setelah kita menemukan jadwal untuk berlatih setiap hari, latihan sebaiknya direncanakan agar memiliki target yang jelas. Biasanya ada rentang waktu untuk mempelajari sebuah materi latihan.

Misalnya belajar alternate picking dalam waktu sebulan. Maka kita bisa membagi-bagi latihan setiap hari atau setiap minggunya. Jangan berpindah materi sebelum kita menguasainya.

3.Berlatih Di Mana Saja
Di kantor ataupun diperjalanan (asal kita bukan drivernya) kita dapat berlatih. Sudah banyak yang membuat gitar travel atau gitar headless berukuran kecil yang bisa dibawa-bawa. Contohnya seperti travel gitar buatan Stranough dan juga beberapa merk lainnya. Ada gitar travel elektrik maupun akustik yang cukup mudah ditenteng dan dibawa.
Gitar travel berukuran kecil mudah dibawa kemana-mana

Selain gitar travel ada juga headphone amp seperti Vox Amplug agar bisa berlatih senyap tanpa perlu mengganggu orang di sekitar kita. Carilah headphone amp yang dilengkapi aux input agar bisa ngulik dengan sumber suara handphone atau player digital.

4.Mencari Materi Latihan
Di era informasi sekarang ini tampaknya mencari materi musik tidak sesulit dulu. Namun sebaiknya agar tetap fokus jangan terlalu banyak materi latihan dari berbagai sumber yang berbeda. Misalnya kita mendapatkan materi latihan dari Youtube.

Sebaiknya materi tersebut berasal dari seorang Youtuber yang sudah terlatih dalam bidang musik dan memiliki informasi yang terpercaya, jangan hanya karena memiliki banyak subscriber saja. Cari juga yang memiliki wawasan luas tentang musik, tidak hanya soal teori atau teknik namun juga seputar alat musik, sejarah dan lainnya.

5.Target
Sebenarnya untuk target tergantung pada masing-masing orang. Ada yang bisa menguasai materi dengan cepat ada juga yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Jangan menentukan target berdasarkan kemampuan orang lain, buatlah target-target sederhana untuk setiap materi latihan. Target kita adalah menguasai materi tersebut, jadi waktunya bisa selama atau sesingkat yang kita inginkan.


6.Sedikit Sedikit Lama-Lama Menjadi Bukit
Pepatah yang tampaknya kuno ini masih relevan hingga sekarang, khususnya bagi kita yang baru mulai belajar atau yang baru mulai belajar (lagi). Rutinitas latihan memang bisa membosankan dan terlihat sekilas tidak berguna.

Namun selama kita tekun dan terus rajin bermain musik, lama-lama skill kita pasti akan bertambah. Kita pasti akan mengalami masa jenuh berlatih, tapi biasanya tidak lama kemudian kita ingin bermain gitar lagi. Agar tetap termotivasi, bayangkan diri sendiri yang sudah menguasai sebuah teknik yang sekarang kita belum bisa mainkan, karena tidak ada yang mustahil selama kita terus tekun dan berusaha.

Sampai di sini dulu artikel singkat kita, nantikan terus hanya di  Guitarsquartz untuk berbagai tips dan trik, news musik serta berbagai artikel menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 comments: