IBX5981FE7FCD958 Cara Memainkan Slash Chord Serta Fungsinya

Cara Memainkan Slash Chord Serta Fungsinya

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Slash chord adalah bentuk kord yang mungkin sering kita temukan di buku atau majalah lagu populer. Apa fungsi slash chord dalam sebuah lagu serta cara memainkannya?



Slash chord adalah bentuk kord yang mungkin sering kita temukan di buku atau majalah lagu populer. Apa fungsi slash chord dalam sebuah lagu serta cara memainkannya?

Gambar diatas adalah salah satu bentuk kord yang membuat pusing gitaris pemula. Kelihatannya bentuk kord tersebut adalah bentuk kord yang sangat sulit dimainkan. Bisa ya dan tidak, mari kita lihat lebih lanjut apa yang dimaksud slash kord tersebut.

Pengertian Slash Chord
Adalah sebuah kord yang nada bassnya adalah  nada selain nada dasar penyusun kord tersebut. Bingung? Sama dong, hehehe..... Gini penjelasannya....

Kita ambil contoh kord G/B  seperti gambar diatas. Kord ini dibaca ,”G on B.” Artinya sebuah kord G mayor  dengan nada bass atau nada paling rendah B. Agar lebih paham kita harus membedah kord G dulu.

Chord G terdiri dari nada G(nada dasar), B(3rd) dan D(5th).
G B D

Chord G biasanya berbentuk seperti ini :

 Pada chord G tersebut nada paling rendah adalah G di senar 6. Namun bila sebuah kord menyebutkan ‘G on B’ atau ‘G/B’, maka nada terendah di kord G tersebut adalah B. Bentuk kordnya akan menjadi seperti ini.


Kita tinggal menghilangkan nada G di senar 6 (tanda x di senar 6), dengan demikian nada terendah kord tersebut adalah B yang ada di senar 5.  


Bentuk Slash Chord Lainnya
Slash chord memiliki berbagai macam bentuk, selain memindahkan nada bass ada juga slash chord yang menambah nada bass baru ke bentuk chord tersebut. Misalnya pada chord F/G atau dibaca F on G. Sebelum melihat bentuk chord F/G kita lihat dulu nada penyusun chord F.

Chord F : F (nada dasar), A(3rd),  C(5th). 



Kita lihat pada nada penyusun chord F tidak ada nada G. Karena itu bentuk chordnya akan berbeda dari chord G/B. F/G berarti chord F dengan nada terendahnya atau nada bassnya G. 


Kita bisa menambahkan nada apa saja pada sebuah kord, tapi kemudian bentuk kord tersebut akan berubah seperti yang ditunjukkan kord G/B dan F/G.  

Selain dua bentuk kord diatas, ada satu lagi bentuk slash chord yang paling sederhana, yaitu hanya dengan menggunakan dua nada saja. Contohnya seperti ini :
Kord F on G
 


Fungsi Slash Chord Pada Sebuah Lagu
Fungsi Slash chord yang utama adalah sebagai “passing chord” atau chord transisi antara 2 nada/chord atau juga memberi aksen pada sebuah chord. Kita mungkin serang mendengar chord yang dimainkan di bagian lagu tertentu yang memiliki nuansa yang berbeda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengubah nada bass pada sebuah kord. 

Masih ada beberapa bentuk slash chord lainnya yang cukup sering digunakan. Beberapa bentuk slash chord membutuhkan penjarian yang berbeda dari kord biasanya namun akan kita bahas di lain kesempatan.
Nantikan berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz. See you next week!!



0 comments: