IBX5981FE7FCD958 Bosan Bermain Musik? Semua Orang Pernah Mengalaminya!

Bosan Bermain Musik? Semua Orang Pernah Mengalaminya!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Bermain musik, sama seperti kegiatan lainnya, pasti akan menemui satu titik jenuh. Sebenarnya hal ini wajar saja, malah bisa memperdalam pemahaman kita akan musik.
Musik memberikan kelegaan pada jiwa serta pelepasan dari penat yang kita alami sehari-hari. Tapi pernahkah Anda merasa bosan atau malas mendengarkan musik sama sekali?.

It's me on the left, with my band
Musik Sebagai Pekerjaan Atau Hobi
Untuk Anda yang menjadikan musik sebagai hobi, mungkin tidak terlalu sering mengalami kebosanan. Namun untuk mereka yang menjadikan musik sebagai profesi, bahkan mata pencaharian utama, maka musik bisa jadi cukup membosankan.

Tetapi tentu bobotnya berbeda, antara musik sebagai hobi serta musik sebagai pekerjaan atau penghidupan. Untuk yang bekerja sebagai musisi, bermain musik adalah keharusan, selain tentunya memang karena para musisi mencintai pekerjaan mereka. Ada tanggung jawab karena mereka dibayar untuk bermain musik.

Sebaliknya untuk para hobbyist, musik adalah kegiatan menyenangkan untuk sejenak melupakan penat mereka dari kesibukan atau rutinitas sehari-hari.


Saat Mulai Bosan
Kebosanan bisa terjadi pada musisi dunia yang sudah merasakan panggung arena hingga musisi pehobi atau mereka yang hanya bisa bermusik di akhir pekan, alias ‘weekend warrior’. Bila Anda seorang maestro yang sudah keliling dunia dengan bermusik, wajar bila merasa bosan bermain musik. Namun hal itu juga terjadi pada mereka yang tidak begitu intens bermain musik. 

Saat jenuh sudah semakin parah, biasanya yang terjadi kemudian adalah melego alat musik, kemudian berhenti bermusik sama sekali. Bosan juga bisa disebabkan karena trauma terhadap peristiwa tertentu yang melibatkan musik, ambil contoh misalnya bubarnya band atau masalah lainnya. 

Bisa juga karena mentok dalam perkembangan skill, merasa tidak ada kemajuan, buntu tidak tahu harus belajar apa lagi. Hal ini terutama pada musisi pemula atau yang baru belajar. 
Bisa juga karena merasa tidak mampu dan tidak berdaya, saat melihat postingan orang lain dengan alatnya yang mentereng di Instagram, mulai dari efek mahal hingga ampli dan gitar/bass berharga puluhan juta.
Bisa juga karena minder melihat anak berumur 12 tahun yang sanggup memainkan lagu Yngwie lebih baik daripada kita.

Kembali Bermusik?
Saya sudah beberapa kali menemui orang yang galau atau bimbang soal bermain musik. Apakah berhenti saja atau harus bagaimana...
Tapi satu hal yang saya yakini, musik bukanlah sekadar pengalaman atau atau kegiatan biasa saja, yang bisa kita lupakan dengan mudah. Tidak seperti lupa menaruh kunci atau mengingat nama seseorang. Seperti naik sepeda, meskipun jarang bersepeda tapi rasanya kita tidak mungkin lupa cara naik sepeda.
Jika Anda merasa bosan dan merasa bermusik hanya menghambat Anda untuk meraih tujuan lain dari hidup Anda, maka dengan senang hati silakan berhenti. Tidak ada yang melarang atau memaksa kita menjadi rockstar.


Bertahan Di Musik
Lantas apa rahasianya, terutama untuk musisi senior seperti Godbless atau ACDC yang masih sibuk touring dan rekaman disaat orang sebaya mereka pensiun dan menikmati hidup? Banyak yang bilang alasannya adalah kecintaan pada musik. 

Namun menurut saya, selain kecintaan pada musik, mereka tetap bertahan bermusik karena mereka merasakan KEPUASAN mendalam saat bermusik. Mereka mendapatkan ketentraman serta kebahagiaan tertentu saat bermain musik. Tidak hanya badan saja, rohani  mereka terpuaskan oleh harmoni dan ritme yang mengalir dalam setiap karya mereka. 

Mungkin kita bukanlah musisi yang menjual album platinum atau tour ke Australia atau SXSW. Mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini sedang memikirkan untuk menjual gitar dan bass kesayangan. Tapi disaat kita mulai bosan, cobalah bertanya pada diri sendiri dan jawab dengan jujur, apakah tujuan saya bermain musik? 

Jawabannya bisa bermacam-macam, tapi satu yang tidak boleh kita lupa, yaitu tadi apakah musik masih mendatangkan kebahagiaan untuk Anda? 

Selama musik masih membuat kita senang, membantu kita untuk sejenak melupakan masalah dunia sehari-hari, mendapat teman dan relasi baru, bepergian ke tempat baru, belajar untuk tidak menyerah dan mencari solusi, mendapatkan uang, efek, peralatan hingga jodoh......
 .....maka sebaiknya tetaplah bermain musik.  



0 komentar: