IBX5981FE7FCD958 Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Gitar Atau Bass Custom

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Gitar Atau Bass Custom

Guitarsquartz.net- Gitar atau bass custom menjadi pilihan ketika gitar atau bass standar buatan pabrik dirasa tidak mampu lagi diupgrade. Saat ini juga sudah cukup banyak pengrajin gitar dan bass custom yang siap membuat gitar dan bass sesuai dengan kebutuhan kita.


Gitar dan bass custom berarti memiliki instrumen yang sesuai dengan keinginan kita. Namun ada begitu banyak spesifikasi serta detail yang harus kita perhatikan. Walaupun nanti luthier atau pengrajin gitar dapat membantu  menentukan fitur apa saja yang sesuai untuk gitar dan bass custom kita, ada baiknya kita memperhatikan hal-hal berikut ini, agar gitar dan bass custom kita semakin perfect.

Spesifikasi Sedetail Mungkin
Ketika berencana memesan atau membuat gitar dan bass custom maka kita harus menyiapkan detail instrumen yang kita inginkan. Mulai dari kayu, hardware, elektronik ukuran fret dan masih banyak detail lain yang mungkin terlalu panjang di bahas di sini.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui spesifikasi apa saja yang kita inginkan, adalah dengan mencoba sebanyak mungkin gitar/bass. Bisa dengan mencoba di toko musik, ataupun mencoba instrumen teman dan musisi lain. Perhatikanlah beberapa perbedaan dari gitar-gitar yang kita coba, dan catatlah beberapa detail yang kita sukai dari gitar-gitar yang sudah kita coba mainkan.
Misalnya, neck yang tebal atau tipis, lebar atau kecil, fret jumbo atau medium dan sebagainya. Lalu kita bisa membawa catatan kita pada luthier atau pengrajin gitar untuk didiskusikan bersama.


Budget
Budget menentukan hardware serta elektronik apakah yang akan kita gunakan pada gitar atau bass custom kita. Elektronik aktif yang membutuhkan baterai akan lebih mahal daripada elektronik pasif. Begitu juga dengan hardware. Tidak dapat dipungkiri jika harga tidak berbohong. Hardware serta bahan yang berkualitas akan menjamin keawetan serta performa bass atau gitar custom kita.
Trik untuk mencari hardware yang berkualitas namun masih cukup terjangkau adalah dengan membeli sendiri parts untuk gitar dan bass custom. Parts copotan dari gitar dan bass bekas biasanya berharga cukup murah dan masih cukup layak untuk digunakan. 

Sebaliknya, jika budget Anda besar atau tidak terbatas, maka kita bebas menggunakan parts apapun yang kita mau.

Neck
Dari semua spesifikasi, neck harus mendapat perhatian lebih. Mengapa? Karena bagian inilah yang paling sering kontak dengan tangan kita. Neck setiap gitar atau bass tidak sama, ada yang memiliki bentuk penampang D, C atau juga oval dan assymetric. Begitu juga ukuran nut, ada yang lebar maupun kecil. 

Bentuk dan ukuran neck berbeda-beda karena menyesuaikan dengan ukuran tangan gitaris atau bassist. Sebagai contoh, pemain bass yang memiliki tangan kecil dan jari yang pendek mungkin akan lebih nyaman memainkan Fender Jazz Bass. Sedangkan yang berjari tangan panjang bisa jadi lebih nyaman memainkan Fender Precision. 

Jika memungkinkan maka kita bisa meminta bentuk neck custom yang sesuai dengan tangan dan jari-jari kita, tapi proses ini membutuhkan cukup banyak waktu dan tenaga.
Masih sama dengan point pertama, kita harus memastikan dulu bentuk serta ukuran neck yang cocok dengan tangan kita.

Pastikan Semua Detail
Jika sudah yakin dengan seluruh detail, kita harus memastikan dan yakin tidak akan mengubah spesifikasi di tengah-tengah pembuatan gitar, karena hal tersebut sangat mengganggu pengrajin gitar . Karena itu sebelum kita memberi lampu hijau pada pengrajin gitar atau luthier untuk mulai membangun gitar dan bass custom impian kita, pastikan semua spesifikasi  sudah benar-benar sesuai dengankeinginan kita.


Custom Lagi?
Jarang sekali gitar atau bass custom pertama kita sudah memenuhi ekspektasi. Apalagi jika skill permainan gitar terus berkembang atau kita mengupdate teknologi yang ada pada instrumen kita. Perhatikan saja, contohnya gitar signature Steve Vai. Hampir setiap tahun Ibanez mengeluarkan gitar signature Steve Vai yang berbeda-beda, walaupun hanya berbeda catnya saja misalnya. 

Jika gitar atau bass custom yang kita miliki sekarang 'menghalangi' skill serta permainan kita, maka sudah saat nya kita membuat gitar custom baru.

Demikian tips tentang membuat gitar atau bass custom. Semoga berguna untuk Anda. Sekadar tambahan sedikit saja, jika kita belum pernah membuat atau memesan gitar custom, maka sebaiknya kita cari saja gitar pabrikan yang spesifikasinya mendekati keinginan kita. Biasanya kita hanya perlu memodifikasi sedikit agar gitar atau bass kita menjadi lebih nyaman dimainkan.
Nantikan berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.