IBX5981FE7FCD958 Cara Menyetem Gitar Menjadi Drop Tuning Atau Low Tuning Serta Perbedaannya

Cara Menyetem Gitar Menjadi Drop Tuning Atau Low Tuning Serta Perbedaannya

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Drop Tuning atau Low Tuning adalah salah satu cara agar sound gitar terdengar lebih garang dan ‘berat’. Trik ini sering digunakan pada rock atau metal, tapi bisa kita coba juga di jenis musik lain. Tapi sebelum kita mulai menyetem gitar, sebaiknya kita kenali dulu perbedaan antara keduanya.

image by herryway, Pixabay

Arti Drop dan Low Tuning
Jika diterjemahkan, maka drop tuning atau low tuning dapat diartikan secara sederhana sebagai “tuning rendah” atau seteman rendah, karena disetem dibawah tuning atau seteman standar yaitu EADGBE. Tapi ada perbedaan antara drop dan low tuning.


Perbedaan Drop dan Low Tuning
Low tuning berarti menurunkan seluruh enam senar, misalnya dari tuning standar menjadi C F Bb Eb G C, atau turun dua langkah, disebut tuning ‘Low C’ atau cukup disebut tuning ‘C’ saja.
Sedangkan tuning drop atau drop tuning berhubungan dengan salah satu seteman paling dikenal pada rock atau metal yaitu drop D, berasal dari tuning standar tapi hanya senar E rendah saja yang diturunkan menjadi D, sehingga seteman gitar menjadi DADGBE.

 Selanjutnya kata ‘drop’ digunakan juga untuk tuning jenis ‘drop’ yang lebih rendah dari drop D, misalnya tuning ‘drop C’  berarti sebuah gitar memiliki seteman CGCFAD. Jadi semua senar  diturunkan dulu satu langkah menjadi DGCFAD, kemudian senar D rendah di ‘drop’ ke nada C.  Jadi secara singkat seteman atau tuning ‘drop’ hanya pada senar paling rendah saja, sedangkan 5 senar lainnya berjarak SATU langkah dari senar yang di ‘drop’ tadi. Semoga bisa dipahami hehehe...

But.... (Akan tetapi........)
Ada beberapa pengecualian hehehe. Drop tuning juga berarti hanya senar E rendah saja yang diturunkan, sedangkan ke lima senar lainnya berada di seteman STANDAR. Contohnya pada lagu Audioslave yang berjudul ‘Gasoline’ (Audioslave, 2002). Atau lagu Soundgarden yang berjudul ‘Rusty Cage’ (Badmotorfinger, 1991). 

Kedua lagu tersebut memiliki seteman ‘drop B’. Jadi seteman gitar kedua lagu tersebut adalah  B A D G B E, hanya senar E rendah saja yang diturunkan sampai nada B, sedangkan senar lain masih pada seteman standar.

Cara Menyetem Drop Tuning Dan Low Tuning
Untuk low tuning cukup mudah, kita tinggal menurunkan seluruh senar. Misalnya kita ingin seteman ‘low B’ kita tinggal menurunkan senar E sebanyak dua setengah langkah ke B, dan kelima senar lainnya ikut turun dua setengah langkah, menjadi B E A D F # B.

Untuk drop tuning (dengan pengecualian dua lagu tadi), misalnya ‘drop B’ ,kita tinggal menurunkan E ke C#, atau satu setengah langkah bersama dengan lima senar lain menjadi C# F# B E G# C#. Setelah itu baru senar 6 kita turunkan ke B, sehingga seteman gitar kita menjadi B F# B E G# C#, atau ‘drop B’. 



Tips Untuk Drop Tuning dan Low Tuning
Karena kita menggunakan seteman rendah, sudah pasti senar gitar kita harus diganti. Ada berbagai macam pilihan senar, tapi yang terbaik untuk seteman rendah adalah senar dengan ukuran diatas 10-46. Selain itu ada beberapa trik lagi yang harus kita lakukan pada gitar kita untuk membuatnya semakin oke dengan seteman rendah.

Oke, satu lagi, sebaiknya jangan terlalu sering berganti-ganti seteman di satu gitar, karena dikhawatirkan dapat merusak neck gitar. Usahakan agar setiap seteman memiliki gitar yang berbeda. 

Jika terpaksa menggunakan berbagai seteman pada satu gitar maka salah satu trik adalah 
menggunakan seteman yang paling rendah, dan gunakan capo jika harus berpindah ke seteman yang lebih tinggi. Sayangnya hal ini cukup sulit dilakukan pada gitar dengan bridge tremolo.
Ok, sekian tips dan trik kali ini, tunggu berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.



0 komentar: