IBX5981FE7FCD958 Cara Menyetem Gitar Menjadi DADGAD Tuning

Cara Menyetem Gitar Menjadi DADGAD Tuning

Leave a Comment
Guitarsquartz- Salah satu cara untuk menambah tantangan dan kesulitan, yang akan berguna untuk perkembangan permainan gitar kita adalah dengan mencoba berbagai seteman berbeda untuk gitar. Seteman atau tuning ini sudah cukup banyak digunakan, mulai dari musisi rock hingga folk dan fingerstyle akustik.

Open Tuning atau Alternate Tuning adalah seteman gitar atau tuning yang menggunakan nada berbeda dari tuning standar yaitu EADGBE. Open atau Alternate tuning digunakan untuk memainkan kord yang sulit dimainkan seteman standar. Perubahan kord ini juga menghasilkan nuansa yang berbeda dibandingkan menggunakan tuning standar.  Memainkan open dan alternate tuning mendatangkan tantangan tersendiri untuk yang sudah terbiasa menggunakan tuning standar.
Guitarsquartz sudah memiliki beberapa artikel  tentang open tuning. Kali ini akan dijelaskan sebuah alternate tuning dengan nada ‘DADGAD’. 

Sejarah
Jenis tuning ini pertama kali dipopulerkan oleh Davey Graham, seorang gitaris fingerstyle dari Inggris, pada tahun 1960. Davy memiliki latar belakang musikal beragam, dan tuning ini, DADGAD, ia gunakan agar bisa memainkan musik yang dimainkan dengan oud. Davey juga terpengaruh oleh gaya bermusik dari Maroko. Ia juga menggunakan tuning ini untuk beberapa lagu folk, blues dan jazz karyanya sendiri. 

Pengaruh Davy terlihat pada musisi asal Inggris dan seluruh dunia. Tuning D A D G A D, digunakan mulai dari Jimmy Page hingga gitaris metal John Connoly dan Clint Lowery dari band Sevendust. Penggunaan DADGAD bisa dilihat di lagu Led Zeppelin ‘Kashmir’ dan ‘Black Mountain Side’.
Belakangan ini tuning DADGAD juga sering digunakan oleh musisi Celtic, karena banyak memakai  open string dengan nada yang sama. Gitaris Celtic akustik yang sering menggunakan tuning  DADGAD adalah Tony Mcmanus.


Cara Menyetem DADGAD
Berbeda dengan tuning open D (D A D F# A D), dan open G (D G D G B D ), DADGAD tidak memiliki nada 3rd yang berfungsi menentukan mayor dan minor. Sehingga dapat digunakan untuk lagu dengan kunci mayor atau minor. Cara untuk menyetemnya cukup mudah.
Ini adalah seteman standar :
E
Senar 6 (Paling rendah)
A
5
D
4
G
3
B
2
E
Senar 1 (Paling Tinggi )

Untuk menjadikannya seteman DADGAD, kita cukup menurunkan tiga senar saja :
D
Senar 6 (Paling rendah), diturunkan satu langkah ke ‘D’
A
5 Tidak berubah
D
4 Tidak berubah
G
3 Tidak berubah
A
Senar 2, diturunkan satu langkah ke ‘A’
D
Senar 1 (Paling Tinggi), diturunkan satu langkah ke ‘D’

Cukup mudah bukan? Jika kita sedang memakai tuning Open D, maka untuk membuatnya jadi DADGAD, kita tinggal menaikkkan senar 3 setengah langkah ke nada  ‘G’ .

Gitaris Yang Menggunakan DADGAD
Untuk yang sedang belajar akustik fingerstyle maka seharusnya tidak asing dengan tuning ini. Namun jika Anda baru mencobanya, maka bisa mencoba belajar dari permainan gitaris seperti Michael Hedges, Pierre Bensusan, Andy McKee, atau juga Sungha Jung. Tapi khusus untuk Pierre Bensusan, ia menggunakan tuning DADGAD pada seluruh karyanya. 

Andy McKee meraih popularitas di Youtube dengan menggunakan tuning ini pada lagunya yang berjudul ‘Drifting’. Video ini sudah mencapai hingga 56 juta kali penayangan. 

Baik sampai disini dulu artikel tentang Cara Menyetem Gitar Menjadi DADGAD Tuning. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainya hanya di Guitarsquartz. Oya untuk menutup artikel ini saya ada video (yang tidak ada hubunganya dengan artikel ini hehe) yang mungkin bisa memotivasi atau malah menurunkan ?? niat kita untuk belajar gitar hehehe. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 




0 komentar: