IBX5981FE7FCD958 Beberapa Film Dokumenter Musik Terbaik Yang Wajib Di Tonton

Beberapa Film Dokumenter Musik Terbaik Yang Wajib Di Tonton

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Musik tidak bisa lepas dari kehidupan sang  musisi. Sebagai seniman, musisi memiliki pola pikir serta serta kreativitas yang berbeda dari orang pada umumnya. Karena itu menarik untuk melihat latar belakang musisi serta kehidupan yang membuat mereka memilih jalan hidup sebagai musisi.


Melalui film dokumenter musik, kita dapat melihat perjalanan musisi dari awal kehidupan hingga menjadi sukses, serta berbagai permasalahan yang mereka hadapi, sebelum atau sesudah kesuksesan. Beberapa film dokumenter di bawah ini merupakan favorit saya, dan mohon maaf karena sebagian besar dari film dokumenter ini bergenre rock hehehe...

Oiya, satu lagi, penomoran pada subjudul bukan menunjukan urutan tertentu, karena jujur saya senang menonton semuanya.

1. It Might Get Loud (2008)
Apa jadinya jika Jack White, Jimmy Page, serta David Howell “The Edge” Evans duduk bersama dan ngobrol seputar gitar? Maka yang terjadi adalah sebuah film dokumenter yang luar biasa. Mulai dari Jack White yang sederhana dan DIY, Jimmy Page yang inovatif dan progresif, serta The Edge yang bereksplorasi dengan sound.  Selain membicarakan peralatan gitar, mereka juga saling sharing tentang pentingnya musik dalam kehidupan keseharian mereka. Film ini wajib nonton.

2. Foo Fighters : Back And Forth (2011)
Foo Fighters adalah kisah sukses tentang sekelompok pemuda yang senang memainkan musik. Ternyata kisah sedih serta memilukan sama banyaknya dengan kisah lucu serta inspiratif dari Dave Grohl dan kawan-kawan. Diawali dengan kematian Kurt Cobain, Nirvana bubar, dan Dave memutuskan untuk tetap bermusik. Selanjutnya adalah satu jam 40 menit cerita kehidupan masing-masing personel serta hal yang membuat mereka tetap bertahan dan terus berkarya. Foo Fighters telah berubah dari band remaja hingga menjadi satu keluarga musikal besar.

3. Sound City (2013)
Hanya sebuah studio rekaman. Begitu awalnya saya kira. Ternyata Sound City tidak hanya sebuah tempat rekaman, melainkan menjadi semacam ‘kampung halaman’ bagi para musisi yang tidak hanya merekam karyanya, namun  juga tumbuh dewasa di sana. Lagi-lagi ada mas Dave Grohl dan kawan-kawan musisinya memberikan penghormatan terakhir pada studio Sound City, dengan membuat sebuah album dengan judul yang sama. Film ini adalah bukti bahwa kecintaan terhadap musik akan selalu bertahan, walau harus berpindah tempat serta berubah bentuknya.



4. Classic Albums : Nirvana - Nevermind (2005)
  Nirvana. Band grunge yang muncul di saat yang tepat, dan berakhir di waktu yang salah. Menceritakan bagaimana Nevermind menjadi kekuatan perusak yang tidak terduga, ditengah masa-masa yang cukup suram bagi generasi muda Amerika, dan mungkin juga dunia. Tidak akan pernah ada cukup kata untuk menggambarkan pentingnya pengaruh Nirvana bagi generasi mendapatang.

5. Some Kind Of Monster (2004)
Tidak semua album adalah album terbaik. Kadang ada juga album yang dianggap ‘kurang oke’ atau biasa saja. Some Kind Of Monster sebagian besar menceritakan kesulitan para personil Metallica saat menggarap album St Anger. Tidak hanya kesulitan, namun gesekan pribadi para personell Metallica. Segala proses keativitas band ini diungkap tuntas dalam film  Some Kind Of Monster (2004).
Demikian dulu artikel tentang beberapa dokumenter musik terbaik. Nantikan terus berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.



0 komentar: