IBX5981FE7FCD958 6 Tips Latihan Meningkatkan Skill Untuk Bassist Pemula

6 Tips Latihan Meningkatkan Skill Untuk Bassist Pemula

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Bass adalah instrumen musik yang menyenangkan. Dengan bass kita menentukan groove sebuah band, menjadi penghubung antara melodi dengan ritem serta menjaga sebuah lagu tetap solid. Namun sebelum kita bisa melakukan semua hal tersebut,  dibutuhkan latihan yang tekun, apalagi jika kita baru saja memulai bermain bass.


Salah satu cara untuk meningkatkan skill untuk pemain bass pemula adalah membiasakan diri dengan bass yang digunakan. Senar bass memiliki diamater yang lebih besar dibandingkan gitar, dan membutuhkan sedikit tenaga untuk menekan senar ke fretboard. Selain harus terbiasa dengan senar bass yang besar, dibawah ini ada beberapa tips untuk meningkatkan skill bagi pemain bass pemula.


1. Mempelajari Teori Dasar
TIdak ada gunanya jika kita mampu bermain cepat, menguasai berbagai teknik namun tidak mempelajari teori dasar. Teori dasar meliputi tangga nada mayor dan minor, pentatonik mayor dan minor, serta mengetahui interval. Tanpa teori dasar tersebut skill bermain bass kita akan stuck atau mandek ditempat. 

Manfaat kita mempelajari teori ini adalah dapat memainkan lagu di semua kunci, sehingga kita lebih luwes dan tidak kaku ketika ngejam atau mempelajari lagu baru.



2. Mempelajari  Letak Nada Di Fretboard
Tidak kalah pentingnya dengan teori dasar, mempelajari letak nada di fretboard bass sangat penting bagi kemajuan skill permainan bass. Seringkali kita mengulik hanya berdasarkan perasaan saja, dan tidak mengetahui dimana letak persisnya suatu nada. 

Memahami letak nada penting agar kita dapat memainkan nada di berbagai posisi fretboard.  Hal ini pengint bagi pemain bass pemula agar dapat memainkan banyak lagu.


3. Memainkan Berbagai Jenis Musik.
Musik sangat banyak macam dan jenisnya. Apalagi sekarang ini musik memiliki banyak sub genre sehingga semakin sulit untuk dikotak-kotakan menjadi genre tertentu. 

Kita mungkin memiliki beberapa genre musk favorit, namun ada baiknya kita juga dapat memainkan berbagai jenis musik. Sebagai pemain bass, kita harus fleksibel dan memahami berbagai jenis musik. Berbagai genre musik memiliki teknik dan kesulitannya sendiri, jika kita bisa memainkan banyak jenis musik maka akan sangat berguna bagi perkembangan skill bermain bass.


4. Mengulik Banyak Lagu
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, mengulik lagu akan menambah perbendaharaan teknik kita. Mengulik melatih beberapa hal penting dalam permainan bas kita, namun yang terutama adalah melatih kepekaan telinga kita dalam mencari dan menemukan nada.
Dengan mengulik kita hanya mengandalkan bass serta pendengaran kita, tanpa tablatur atau pun not balok, meskipun mempelajari dan menguasai not balok juga adalah skill yang sangat berguna hehehe, tapi kita akan bahas di lain kesempatan. 

Saat mengulik kadang kita menemukan sebuah lagu yang kita sukai namun kita belum terlalu mahir memainkannya karena skill kita masih terbatas. Saat itulah kita akan termotivasi dan ingin meningkatkan skill permainan bass kita. Mengulik lagu juga mempermudah kita untuk bermain bersama musisi lain, karena kita sudah menguasai banyak lagu. Karena itu mengulik banyak lagu sangat bagus bagi pemain bass pemula. 


5. Perbanyak Manggung
Manggung atau tampil live dan berlatih adalah dua hal yang sangat berbeda. Ketika manggung kita berhadapan orang, berdiri di panggung dan banyak hal lainnya. Kita bisa saja grogi dan demam panggung saat pertama kali tampil live tapi disitulah kesempatan kita untuk belajar.

Selain mengatasi gugup, manggun juga sangat berguna mengasah pengalaman, terutama mengatasi masalah-masalah yang dapat timbul diatas panggung. Kita jadi tahu apa saja yang harus disiapkan saat manggung dan juga belajar berkomunikasi dengan soundman.
Hal-hal diatas memang tidak berhubungan dengan skill permainan bass secara langsung, namun mampu tampil di panggung dengan baik dan percaya diri juga adalah skill yang tidak bisa diremehkan.


6. Mendengarkan Macam-Macam Jenis Musik
Masih ada hubungannya dengan poin 2 dan 3, tidak ada orang yang hanya menyukai satu jenis musik saja. Temukan dan cari musik apa saja yang kita sukai dan memberi inspirasi pada kita saat mendengarkannya. 

Dan cobalah untuk terbuka terhadap semua jenis musik, maksudnya bila kita menyukai suatu genre musik yang tidak populer di kalangan teman atau komunitas kita namun kita menyukainya, maka tidak ada alasan untuk menjauhi musik tersebut. Misalnya kita berada di komunitas metal namun juga menyukai musik pop dan dangdut, maka tidak ada salahnya. Hal tersebut aakan memberi ciri khas pada permainan bass kita, dan kita juga akan memiliki skill yang unik yang tidak dimiliki oleh orang yang hanya mendengarkan satu jenis musik saja.


Bermain bass memang sebuah seni tersendiri. Berbeda dengan anggapan banyak orang, setiap suara bass unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Ciri khas tersebut terbentuk bukan hanya dari banyak peralatan yang digunakan namun juga dari sang pemain bass itu sendiri. Jika seorang pemain bass sudah memiliki skill yang tinggi, maka peralatan apapun yang akan digunakan tidak akan mengubah kualitas permainannya...

Sampai disini dulu artikel 6 Tips Latihan Meningkatkan Skill Untuk Bassist Pemula kali ini, nantikan berbagai artikel musik menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.


0 comments: