IBX5981FE7FCD958 Teknik Profesional Bermain Gitar Bass yang Harus Dikuasai

Teknik Profesional Bermain Gitar Bass yang Harus Dikuasai

Leave a Comment
GuitarSquartz.net - Sama halnya dengan bermain gitar, bass juga memiliki teknik yang perlu di kuasai. Hanya saja teknik dalam bermain gitar bass ini lebih sedikit dibandingkan dengan teknik keseluruhan pada gitar. Beberapa teknik bermain gitar bass antara lain:

Teknik 1 – Alternate Picking
Para pemain bass banyak menggunakan teknik ini dalam permainannya karena merupakan teknik dasar dalam gitar bass yang hampir selalu ada dalam setiap permainan. Cara untuk melakukan Alternate Picking adalah dengan memetik bass dengan menggunakan dua jari yang umumnya menggunakan jari telunjuk dan jari tengah secara bergantian.

Teknik 2 – Up Down Thumb
Teknik Up Down Thumb ini harus digunakan sebagai pick. Seperti namanya, jika biasanya bermain bass menggunakan jari telunjuk dan jari tengah, pada teknik ini yang digunakan adalah ibu jari atau jempol. Sedangkan empat jari lainnya dipakai untuk memetik layaknya pada teknik gitar pada umumnya.

Teknik 3 – Slapping
Basis dari Red Hot Chilli Pappers, Flea, sering menggunakan teknik slapping dalam permainnya. Teknik ini dilakukan seperti menampar pada bass. Caranya adalah dengan memukul bass dengan jempol atau telapang tangan hingga menghasilkan bunyi yang menyerupai permainan perkusi.

Teknik 4 – Popping
Teknik yang selanjutnya adalah teknik Popping. Teknik ini dilakukan dengan cara menarik senar dengan jari kemudian dilepas hingga memunculkan suara nyaring yang berasal dari peraduan senar dengan fret. Biasanya pemain juga menggabungkan teknik popping dengan slapping agar menghasilkan suara yang unik atau melakukan popping dengan menarik dua senar sekaligus (double pluck).

Teknik 5 – Tapping
Selain digunakan pada teknik bermain gitar, teknik tapping juga digunakan pada bass. Caranya adalah dengan menekan senar dengan ujung jari ke fret bass kemudian geser sedikit posisi jari seperti sedang mencolek.

Teknik 6 – Neck Bending
Teknik Neck Bending ini jika digunakan akan menghasilkan nada bunyi mendengung. Cara melakukan teknik ini adalah saat ketika memetik, tekan senar yang ada pada headstock atau lebih tepatnya pada tempat yang biasa digunakan saat menyetem.

Bass memiliki posisi yang cukup vital dalam permainan musik. Bahkan pada lagu-lagu jazz, bass juga dianggap sebagai penggerak sekaligus penentu warna lagu yang ingin ditampilkan. Pada musik jazz, chord-chord yang digunakan juga tergolong rumit sehingga harus mengandalkan improvisasi perorangan yang juga handal.

Tips Bermain Gitar Bass yang Benar
1.     Pegang bass dengan posisi yang benar
Posisikan bass menggunakan selempang dengan ketinggian yang sama ketika anda berdiri ataupun duduk. Letakan gitar diatara pinggang dan tulang leher dengan kemiringan 30 derajat agar anda tidak perlu menekuk pergelangan tangan terlalu jauh.
2.     Atur nada
Atur nada standar pada bass dengan 4 senar yaitu E sebagai senar paling bawah kemudian A-D dan G sebagai senar paling atas. Atur nada dengan menggunakan nadanya atau mengunakan electric tuner.
3.     Berlatih memetik
Senar gitar hanya dapat dimainkan dengan memetik senar satu persatu. Usahakan kuku jari anda tetap pendek agar tidak mengganggu permainan anda. Petik menggunakan 2 jari agar lebih efisien. Bisa menggunaka jari tengah dan jari telunjuk atau jari lain asalkan kecepatan dan irama kedua jari sama.
4.     Matikan suara senar yang tidak dimainkan
Agar menghasilkan suara yang lebih jelas, matikan suara dari getaran senar dengan meletakan ibu jari disekitar senar yang sekiranya perlu untuk dimatikan. Jangan menekan senar ke bawah, cukup letakkan jari atau ibu jari pada senar agar getarannya tidak menimbulkan suara.

Selamat berlatih!


0 comments: