IBX5981FE7FCD958 7 Tips Membeli Gitar Second Yang Berkualitas

7 Tips Membeli Gitar Second Yang Berkualitas

Leave a Comment
Guitarsquartz.net – Ingin menambah gitar namun kadang harga gitar baru cukup mahal? Solusinya adalah membeli gitar second yang masih dalam keadaan yang oke. Gitar second yang masih oke adalah salah satu cara mendapatkan instrumen yang kita inginkan namun dengan harga yang masih terjangkau.  



Namun tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat membeli gitar second. Karena namanya saja gitar second, maka kondisinya pun bisa beragam dari mulai mint condition (jarang dipakai, seperti baru) hingga damage atau kerusakan di berbagai tempat. Dan ada beberapa tips yang harus kita perhatikan untuk mendapatkan gitar second yang berkualitas yaitu....

1. Perhatikan Spesifikasi
Kita harus mengenal betul spesifikasi gitar yang akan kita beli. Caranya bisa dengan browsing di website resmi gitar tersebut. Misalnya kita akan membeli sebuah gitar listrik Mexican Telecaster, maka kita setidaknya bisa browsing dan mendapatkan spesifikasi lengkapnya, kalau perlu Anda print untuk mengecek apakah gitar yang dijual masih dalam keadaan lengkap.
Selain itu mengetahui dengan pasti spesifikasi gitar juga akan mengurangi resiko Anda tertipu oleh penjual yang nakal.

2. Kondisi Neck Harus Sempurna
Neck gitar adalah bagian yang harus terasa ‘benar’ saat Anda memainkan gitar. Pastikan neck masih dalam keadaan lurus dan masih bisa diperbaiki jika sedikit bengkok. Jika necknya sudah dalam keadaan rusak dan tidak bisa diperbaiki maka sebaiknya urungkan niat untuk membeli gitar tersebut.

3. Elektronik
Periksa semua fungsi knob potensiometer, switch dan berbagai fitur lainnya. Beberapa gitar modern dilengkapi switch push-pull pada knobnya, pastikan switch tersebut masih berfungsi. Untuk gitar aktif yang menggunakan baterai, cobalah gitar dengan baterai yang masih baru. Perhatikan juga jack output apakah goyang atau mengeluarkan suara berisik. Jika gitar yang sedang kita periksa elektroniknya tidak begitu perfect, maka bisa Anda gunakan sebagai alat untuk menurunkan harga gitar tersebut. Perbaikan elektronik harusnya tidak terlalu mahal.

4. Perhatikan Track Record Seller
Hal ini memang tidak berhubungan dengan gitar, namun ada baiknya juga kita memperhatikan rekam jejak seller, berapa banyak transaksi yang sudah ia lakukan dan seterusnya. Intinya adalah berhati-hati. Utamakan COD atau bertemu di tempat yang ramai dan banyak orang.

5. Minta Seller Untuk Setting Gitarnya
Mintalah seller agar gitar yang kan dijual disetting oleh teknisi gitar. Hal ini akan berdampak pada kenaikan harga jual gitar, namun sepadan bila ternyata gitar tersebut berharga cukup murah. Gitar second yang sudah disetting dengan benar akan memudahkan kita menilainya di performa puncak gitar tersebut. Siapa tahu Anda mendapatkan deal yang bagus.

6. Perhatikan Lecet Atau Gores di Bodi Gitar
Tergantung selera Anda sebenarnya... Ada beberapa orang yang menyukai penampilan gitar yang ‘worn –in’ atau tampak memiliki beberapa ‘luka’ goresan, bekas jatuh, dan berbagai lecet lain karena pemakaian. Terkesan vintage dan keren memang. Namun bila Anda mengutamakan bodi yang bersih tanpa goresan sedikitpun maka sebaiknya hal tersebut juga dibicarakan pada seller gitar second tersebut. Siapa tahu bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan.

7. Dokumen Gitar Serta Kelengkapannya
Gitar second yang berharga cukup mahal dan memiliki kelas yang cukup tinggi biasanya dibekali dengan dokumen khusus yang menyatakan keaslian gitar tersebut. Tanyalah pemilik atau seller gitar second tersebut apakah dokumen yang tersedia lengkap. 

Selain itu untuk gitar dengan seri yang cukup tinggi biasanya dilengkapi dengan hardcase atau gigbag khusus. Pastikan gigbagnya juga tersedia dan masih dalam kondisi bagus.
Terutama untuk gitar signature series yang biasanya dilengkapi dengan dokumen seperti tanda tangan asli sang musisi, serta dokumen mengenai pembuatan gitar tersebut lengkap dengan lutiher yang bertanggung jawab membuat gitar signature tersebut.

Semoga informasi tadi dapat membantu Anda untuk berburu gitar second impian Anda. Sekian dulu artikel tentang  7 Tips Membeli Gitar Second Yang Berkualitas berguna untuk Anda, sampai jumpa di artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net .


0 comments: