IBX5981FE7FCD958 6 Bassist Dengan Cara Bermain Terunik

6 Bassist Dengan Cara Bermain Terunik

Leave a Comment
Guitarsquartz.net – Pemain bass sering dianggap kurang tampil karena mungkin karismanya ‘terkalahkan’ oleh pemain lainnya, meskipun sebenarnya konsep ini keliru hehe. Pemain bass memang harus menjaga fondasi musik, sehingga kelihatannya tidak seteknikal atau skillful seperti anggota band lainnya.



Namun tanpa bass, bisa dipastikan sebuah band akan kehilangan ‘groove’ atau dentuman yang menyatukan semua instrumen. Nah beberapa bassist di bawah ini memiliki cara yang unik dalam melakukan tugas mereka sebagai penjaga ritem dan melodi dalam sebuah band. Singkatnya, mereka semua mempunyai cara bermain yang unik. 

Walaupun bernomor, bukan berarti urutan siapa yang terunik. Para pemain bass ini masing-masing memiliki cara bermain uniknya dan berbeda karakternya satu sama lain, tidak bisa dibandingkan siapa yang lebih jago atau yang ‘tidak’ jago, karena mereka semua membuat band tempat mereka bermain menjadi lebih baik.


1. Billy Sheehan
Billy Sheehan (Milan, 2005)2.jpg
By Vento di Grecale - originally posted to Flickr as [1], CC BY-SA 2.0, Link

Bassist Mr Big dan Talas ini adalah salah satu pemain bass dengan skill solo yang memukau. Selain permainannya yang identik dengan bass line yang melodis serta dimainkan dengan kecepatan tinggi (kadang Paul Gilbert juga kalah cepat hehe), membuat permainan Billy yang atraktif menjadi tontonan segar buat era 80-90an.

Salah satu teknik unik yang dipakai adalah fingerpicking dengan tiga jari yang memungkinkan Billy memainkan bass run yang supercepat dan super teknikal. Teknik ini juga dipakai oleh beberapa pemain bass lainnya seperti contohnya John Myung dari Dream Theater, namun Billy adalah salah satu pemain bass rock yang pertama menggunakan teknik ini.

Selain dengan Mr Big, Billy juga memiliki beberapa album solo yang cukup menarik untuk disimak karena ia berkreasi dengan berbagai jenis musik.

2. Juan Alderete

Bassist ini terkenal dengan eksplorasinya pada sound bass. Dengan menggunakan pedal efek, Juan mampu meniru suara synth atau DJ dan juga suara-suara aneh dan unik yang menjadi ciri khas permainannya. Juan menjadikan efek sebagai bagian penting dari permainannya, tidak hanya sekadar nuansa saja.
Juan dikenal lewat permainan bassnya bersama The Mars Volta. Namun ia juga bermain di beberapa proyek musik dan memiliki kanal Youtube sendiri yang membahas kreatifitas penggunaan efek.Sekarang ia masih sibuk turing sebagai bassist nya Marylin Manson.

3. Dug Pinnick
Doug Pinnick 2009-2.jpg

Doug adalah vokalis dan pemain bass dari band rock progresif  yang terkenal di era 90, yaitu King’s X. Band ini terkenal dengan musikalitas yang tinggi serta aransemen yang rumit. Selain itu sound bass Doug atau akrab dipanggil ‘Dug’ ini memadukan ampli bass dan ampli gitar untuk mendapatkan frekuensi low yang clean dan frekuensi  high yang cenderung terdistorsi.

Cara ini sering dipakai pemain bass lainnya, namun Dug memiliki keunikan dalam soundnya, sehingga mudah mengenali permainan bass Dug Pinnick di King’s X atau diband manapun dia bermain.Selain King’s X, Dug memiliki banyak sekali proyek band, mulai dari KXM, PGP, dan juga memiliki album solo.

4. John Entwistle
John Entwistle-1.jpg
Pemain bass dari band legendaris The Who ini adalah idola para pemain bass era modern lainnya. John yang sering disebut ‘The Ox’ ini memiliki permainan bass yang mirip dengan lead gitar. John kadang ‘memukul’ senar ke kawat fret untuk menciptakan suara metalik yang agresif. Bersama The Who, John menyumbang permainan bass nya yang unik ke dalam format progresif rock.

Selain mahir menggunakan fingerpicking, John juga menggunakan plectrum, harmonik dan berbagai teknik untuk menghasilkan permainan bass unik yang hanya bisa dimainkan oleh John saja.

5. Lemmy Kilmister
Lemmy-02.jpg
Siapa tidak kenal sosok yang satu ini... Lemmy merupakan bassist, frontman, dan vokalis dari Motorhead. Lemmy sering menggenjreng atau strum pada permainan bassnya, seolah membuat bassnya menjadi gitar ritem kedua. Namun permainan bassnya sangat match dengan style bermusik Motorhead yang berada dipersimpangan rock n roll, metal dan punk tersebut. 

Lemmy juga menggunakan sebuah ampli khusus yang dibuat oleh Marshall. Ampli bass tersebut lebih menonjolkan crunch dan distorsi yang cukup agresif, sesuai dengan keinginan Lemmy untuk mendukung karakter permainan bassnya yang unik.

6. Les Claypool
Claypool to wiki.jpg
By Male-zet - Own work, CC BY 3.0, Link
Les bersama dengan band Primus sempat tenar di awal 90-an dengan gaya progresifya yang nyeleneh dan menggabungkan berbagai jenis musik. Namun salah satu nyawa Primus adalah bassist luar biasa bernama Les Claypool. 

Les menggunakan slapping, tapping, genjreng, dan semua teknik itu dilakukannya dengan sangat presisi dan penuh skill. Permainan bass Les juga menginspirasi pemain bass modern lainnya terutama dalam teknik tapping dan slapping. Digabungkan dengan attitude yang humoris dan eksentrik diatas panggung, Les adalah salah satu pemain bass modern yang inovatif dengan gaya bermain yang unik. 

Demikianlah 6 list bassist dengan gaya bermain terunik yang bisa kami bagikan. List ini hanya 
sebagai menambah informasi serta pengetahuan saja, jadi jangan khawatir jika nama bassist favorit  Anda tidak muncul hehee. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net.


0 komentar: