Review Gitar Martin LX1

Leave a Comment
Guitarsquartz.net – Gitar akustik adalah alat musik yang bisa dibawa-bawa kemana saja dan cocok untuk berbagai macam suasana. Mulai dari kemping, acara keluarga, sampai pacaran pun kadang ada yang suka bawa gitar hehehe.....

Namun kadang ukuran gitar akustik yang cukup besar membuat kita kesulitan membawanya. Untuk itu, beberapa perusahaan gitar membuat gitar traveler, yaitu gitar akustik dengan ukuran yang lebih kecil. Contohnya Yamaha, Taylor, Martin, Ibanez, dan lainnya. Kali ini kita akan mereview sebuah gitar akustik travel buatan Martin. Gitar-gitar buatan perusahaan tersebut sudah banyak digunakan musisi terkenal, mulai dari Ed Sheeran sampai Chris Cornell.

Gitar dengan nama LX1 ini adalah salah satu gitar travel buatan Martin. Selain LX1, ada juga berbagai gitar berukuran mini yang cukup kecil untuk dibawa kemana-mana, mulai dari seri Backpacker, Ed Sheeran Signature, Dr Jr, hingga seri LX. Kebetulan gitar yang akan kita review adalah seri LX1. Gitar Martin seri LX ini adalah salah satu entry level untuk gitar-gitar mini buatan Martin.

Mari kita lihat review selengkapnya. Cekidot...!!!

Spesifikasi
LX1 terbuat dari kayu spruce untuk bagian top nya, seperti layaknya gitar-gitar dengan kualitas yang cukup baik. Bagian sides serta back nya terbuat dari kayu mahoni laminated. Begitu juga dengan necknya, terbuat dari kayu birch laminate. Kayu laminated ini digunakan untuk menekan harga, juga karena beberapa jenis kayu dilarang untuk diekspor dari negara asalnya. Banyak juga bagian kayu gitar ini terbuat dari materi buatan yang mirip dengan kayu. 

Karena gitar travel, maka panjang skalanya juga lebih pendek. Gitar akustik biasanya memiliki panjang skala 25,5 inci, tapi LX1 memiliki panjang skala 23 inci. Sayangnya LX1 ini belum dipasang elektronik sama sekali. 

Playability
Karena gitar ini lebih pendek dari gitar akustik umumnya, tentu saja jadi lebih mudah dimainkan. Tension senar juga lebih sedikit, berarti teknik seperti bending cukup mudah dilakukan di Martin LX1. Tapi untuk yang punya tenaga lebih saat menggenjreng sepertinya harus sedikit mengurangi kekuatan petikan saat memainkan LX1, karena kita tidak butuh tenaga yang besar untuk membuat gitar ini bersuara lantang. 

Fretboardnya juga nyaman dan flat, seperti umumnya gitar akustik. Setiap sisinya juga halus, tidak ada fret yang menonjol keluar atau tajam. Settingan senarnya juga cukup rendah. Nut LX1 juga lebih kecil dibanding gitar akustik full size, sehingga jempol dan dan tangan kita bisa menggenggam neck gitar dengan nyaman. 

Sound
Untuk gitar berukuran kecil, LX1 bersuara cukup lantang dan keras. Tentu jangan bandingkan kekerasan suaranya dengan gitar akustik full size. Tapi gitar ini sudah cukup untuk bersantai dan bernyanyi bareng-bareng. Suara LX1 sendiri terdengar renyah dan jernih, berkat kualitas material serta teknik pembuatan berkualitas, seperti gitar Martin lainnya. Untuk keperluan panggung, Anda harus menggunakan mikrofon atau pun pickup eksternal, karena LX1 sayangnya belum dilengkapi elektronik atau pun pickup.

Kesimpulan 
Gitar Martin LX1 ini adalah sebuah gitar kecil yang menyenangkan. Harganya memang cukup mahal untuk ukuran sebuah gitar akustik, berkisar di angka 5 sampai 7 jutaan. Tapi dengan harga premium tersebut kita juga mendapatkan sebuah gitar berkualitas tinggi, menggunakan material pilihan dan dibuat dengan sangat baik. Sayang sekali LX1 belum dilengkapi dengan pickup atau elektronik. Anda harus membeli yang LX1E, dan tentu harus merogoh kantong lebih dalam.

Gitar ini bisa menjadi salah satu koleksi Anda, di samping gitar akustik berukuran normal yang sering digunakan manggung. Jika Anda membutuhkan gitar mini dengan kualitas premium, untuk keperluan songwriting ataupun hanya sekedar gitar untuk piknik, maka Martin LX1 adalah gitar untuk Anda.


0 comments: