IBX5981FE7FCD958 Penampilan Grammy 2018 Yang Berkesan

Penampilan Grammy 2018 Yang Berkesan

Leave a Comment
Guitarsquartz.net – Penghargaan musik Grammy sering juga disebut sebagai “music’s biggest night” berisi penampilan para musisi populer. Bukan ajang Grammy namanya jika tidak spektakuler dan megah. Beberapa musisi yang tampil di Grammy pun memberikan penampilan yang memukau.

Grammy 2018 adalah acara penghargaan musik Grammy yang ke 60. Acara yang diadakan tanggal 28 Januari kemarin telah ditonton kurang lebih 10 juta penonton dari seluruh dunia. 

Grammy dibuka dengan penampilan energik dan penuh power dari rapper Kendrick Lamar. Melalui lagunya DNA ia mengutarakan tentang identitasnya sebagai orang Afrika Amerika serta kondisi Amerika saat ini yang tengah menghadapi isu rasial dan keberagaman. Kejutan di tengah penampilannya, ditengah lagu muncul U2 ikut bergabung dalam penampilan semi teatrikal. 

Acara tahun ini juga diwarnai dengan beberapa penampilan  musisi yang menyuarakan protes terhadap keadaan industri hiburan saat ini. Gerakan MeToo dan Times Up mengkampanyekan kesetaraan gender serta isu pelecehan yang semakin mengemuka setelah kasus Harvey Weinstein.
Salah satu penampilan paling menyentuh serta powerful berasal dari Kesha dan sekumpulan penyanyi wanita seperti Cindy Lauper, Camilla Cabello, Julia Michaels dan beberapa penyanyi legendaris lainnya untuk menyanyikan lagu "Praying" yang diciptakan oleh Kesha sendiri. 

Lagu tersebut bercerita tentang pengalamannya sebagai penyintas kejahatan pelecahan. Ia bersama para penyanyi wanita lain menyanyikan lagu bernada optimisme tersebut dengan penuh emosi dan penghayatan. Kesha pun tak kuasa untuk menahan tangis. Penampilan ini juga mendapat aplaus meriah dari penonton.

Logic tampil dengan lagunya yang berjudul sama dengan nomor layanan konseling untuk mereka yang depresi. Rapper muda ini dalam lagu tersebut juga menyatakan dukungan untuk para penyintas kejahatan pelecehan serta diskriminasi rasial kaum Afrika Amerika. Penampilannya turut dibantu Alessia Cara dan Khalid. Lagu dengan judul “1-800-273-8255” tersebut juga mendapatkan sambutan hangat dari hadirin Grammy 2018. 

U2 tampil beberapa kali di malam Grammy. Tapi salah satu penampilan mereka yang cukup berkesan adalah saat mereka tampil di bawah patung Liberty. Mereka membawakan lagu “Get Out Of Your Own Way” yang menceritakan semangat imigran untuk meraih impian Amerika. Bono juga berkomentar cukup keras terhadap pernyataan presiden Trump tentang negara Haiti. Ada kata Bono yang disensor saat acara live tv Grammy tersebut. 

Grammy 2018 memang sarat muatan politis, namun kembali lagi hal tersebut adalah refleksi dari apa yang sedang terjadi di Amerika dan industri hiburan saat ini. Dan para musisi memperjuangkan hak serta kehidupan mereka dan orang lain dengan cara mereka sendiri, dengan keahlian mereka : berkarya.


0 comments: